News  

Kisah Kuburan Upin Ipin Banyak Kejanggalan, Pihak Rumah Produksi Beberkan Fakta Sebenarnya

Kisah Kuburan Upin Ipin Banyak Kejanggalan, Pihak Rumah Produksi Beberkan Fakta Sebenarnya

Kisah Kuburan Upin Ipin Banyak Kejanggalan Pihak Rumah Produksi Beberkan

Belakangan ini media sosial diramaikan oleh kabar viral mengenai karakter kartun ikonik Upin dan Ipin yang telah meninggal dunia.

Sebuah video yang memperlihatkan dua kuburan dengan nisan yang masing-masing bertulisan nama Upin dan Ipin pun tersebar di media sosial TikTok.

Terlihat juga pada masing-masing nisan tersebut bahwa Upin meninggal pada 6 Agustus 1995 sementara saudara kembarnya Ipin meninggal pada 2 April 1996.

Pada video yang diunggah oleh akun @miciners itu dijelaskan bahwa Upin dan Ipin meninggal akibat mengalami kecelakaan ketika hendak berlibur bersama keluarganya.

Dijelaskan juga bahwa serial animasi Upin Ipin yang selama ini populer di Indonesia merupakan khayalan dari Opah pada 10 tahun lalu.

Banyak netizen yang terkejut hingga turut merasa sedih setelah melihat video kuburan Upin dan Ipin itu.

“Di balik kartun yang selalu buat kita tertawa ada kesedihan mendalam yang dipendam Opah,” kata salah satu netizen.

“Ayah, ibu, Ros, Upin, Ipin sudah meninggal, tersisa opah sendiri, gak kebayang gimana sedihnya,” kata netizen lainnya.

Namun, salah satu akun TikTok @putrahits03 tiba-tiba muncul dan mengunggah video kuburan Upin dan Ipin yang viral.

Pada video tersebut akun @putrahits03 mengatakan bahwa kuburan Upin dan Ipin bukanlah di Malaysia melainkan ada di Indonesia tepatnya di Palu, Sulawesi Tengah.

“Katanya viral ada yang bilang di Malaysia, ini tuh ada di Palu guys bukan di Malaysia,” katanya.

Pernyataan @putrahits03 itu pun kembali membuat netizen heboh. Banyak netizen yang merasa janggal dengan kebenaran cerita pada video kuburan Upin dan Ipin tersebut.

Apalagi animasi Upin Ipin yang merupakan produksi Malaysia, namun kuburannya berada di Indonesia. Apalagi ada hal yang tak lazim terkait tulisan pada batu nisannya.

Baca Juga  Hasil Endorse Rayyanza Bocor, Fakta Mencengangkan Jadi Bukti Anak Raffi Ahmad Sultan Sejak Dini

“Yang bikin gua bingung kenapa tidak ada nama bapaknya ya (di nisan),” kata salah satu netizen mengomentari.

“Benar, ini di Palu, letak kuburannya di kelurahan Talise, Palu, Sulawesi Tengah, tanah kelahiranku,” komentar salah satu netizen.

“Pantes aja ngayal sampai pulu-pulu ternyata dari Palu,” kata yang lainnya.

Pihak Les’ Copaque selaku rumah produksi serial animasi Upin Ipin pun telah memberikan klarifikasi tertulis melalui akun media sosial resminya @upinipinofficial.

“Cerita Upin & Ipin adalah rekaan semata-mata dan ditulis sepenuhnya oleh Les’ Copaque Production,” tulis akun tersebut.

Pihak rumah produksi juga menjelaskan alasan Upin Ipin diceritakan sebagai anak yatim piatu.

“Kenapa Upin dan Ipin tiada ibu dan ayah? Ketika Upin & Ipin musim 1 disiarkan di TV9, hanya merupakan projek sampingan saja. Oleh karena kesuntukan masa dan kekurangan tenaga kerja, tiada watak baru dihasilkan dan LCP memilih untuk menjadikan Upin dan Ipin anak yatim piatu,” jelas pihak Les’ Copaque Production melalui Twitter resminya, Rabu, 19 Januari 2022.**