Kunci Jawaban Lks Star Tema 7 Kelas 5 Hal 2 Dan 3

Bacalah teks berikut!

Rempah-Rempah, Pemicu Bangsa Barat Datang ke Indonesia

Indonesia ialah negara yang kaya hasil bumi. Salah satu hasil bumi yang paling disenangi yaitu rempah-rempah. Hal tersebut ialah salah satu argumentasi bangsa barat datang ke Indonesia. 
Pada zaman dahulu sekitar tahun 500 Masehi, bangsa Eropa telah menikmati dan mengkonsumsi rempah-rempah yang berasal dari Timur, terutama dari nusantara. 
Sebenarnya negeri kita pada zaman dahulu ialah salah satu negara dengan penghasil rempah terbesar di dunia, utamanya di Maluku. Hasil bumi dari nusantara didistribusikan dari pulau ke pulau, dari negara ke negara dengan mediator jual beli.
Lalu Mengapa bangsa Eropa sangat menginginkan rempah dari negara kita? Apakah di Eropa tidak ada rempah-rempah? Mengapa Indonesia menjadi salah satu tujuan mereka? 
Indonesia sudah usang diketahui selaku daerah penghasil rempah-rempah mirip vanili, lada, dan cengkeh. Rempah-rempah ini digunakan untuk mengawetkan kuliner, bumbu masakan, bahkan obat.
Karena kegunaannya, rempah-rempah ini sungguh laku di pasaran dan harganya pun mahal. Hal ini mendorong para penjualBarat tiba dan memonopoli Perdagangan rempah-rempah. Mereka membeli bahan-bahan ini dari para petani di Indonesia dan menjualnya terhadap para pedagang Eropa.
Jatuhnya Konstantinopel pada tahun 1453 ke Turki Usmani mengakibatkan pasokan rempah-rempah ke wilayah Eropa terputus. Situasi Hal ini dikarenakan boikot yang dikerjakan oleh Turki Usmani terhadap bangsa Eropa. Situasi ini mendorong orang-orang Eropa menjelajahi jalur pelayaran ke wilayah yang banyak mempunyai materi rempah-rempah termasuk Kepulauan Nusantara Indonesia. 
Dalam perkembangannya, mereka tidak hanya berjualan, namun juga menguasai sumber rempah-rempah di negara penghasil. Sejak ketika itu dimulailah Era kolonialisasi Barat di Asia.
Pada sebuah bacaan terdapat info yang mampu kita ambil untuk menambah wawasan kita.
Informasi dalam bacaan bersifat tersurat dan tersirat. Informasi tersurat ialah gosip yang tertulis secara terang di dalam bacaan. Informasi tersirat adalah berita yang tidak tertulis secara jelas. 
Guna mengetahui isu dalam bacaan,  Kemudian mencatat informasi informasi penting dengan kalimatmu sendiri.
Pokok-pokok informasi dalam bacaan terangkum dalam aspek
  •  Apa
  •  di mana
  •  Kapan
  •  siapa
  •  Mengapa
  •  Bagaimana
Baca Juga  DAFTAR GAJI POKOK PNS ASN TAHUN 2022 PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
Kita mampu mengetahui berita dalam bacaan dengan cara membuat pertanyaan dengan kata tanya tersebut, lalu menjawabnya dengan balasan singkat.
 Pemicu Bangsa Barat Datang Ke Indonesia  Kunci Jawaban Lks Star Tema 7 Kelas 5 Hal 2 Dan 3Siapa yang dimaksud bangsa barat? (kelas 5)
Mengapa bangsa Eropa berhasrat memonopoli jual beli rempah-rempah?
Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Hal 2 6 8 9
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Sekolah Dasar Hal 23 26 27 28