Pantai Gesing, Pantai Cantik yang Diapit Dua Tebing Eksotis di Gunung Kidul

Pantai Gesing Gunung Kidul

Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Bolang, Girikarto, Kec. Panggang, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Yogyakarta, atau yang juga dikenal dengan Jogja bukan hanya sebagai kota sejuta kampus. Juga bukan hanya sebagai kota Gudeg dalam hal wisata kuliner nya. Daerah istimewa ini juga dikenal akan wisata alam berupa pantai yang menawarkan pemandangan alam mempesona, salah satunya adalah Pantai Gesing di Gunung Kidul. Lokasinya berada di Desa Girikarto, yang juga tidak jauh dari objek wisata lain berupa pantai.

Pantai cantik ini masih sepi pengunjung dan sangat tepat dijadikan ajang relaksasi. Sepinya pengunjung bukan karena kurangnya daya tarik, namun tempatnya yang jauh dari pusat kota Jogja. Dalam hal daya tarik, justru pantai ini memberikan beberapa hal yang tidak dipunyai wisata pantai lainnya. Tentu hal yang dimaksud adalah dari eksotisme yang menawan.

Masih berada di wilayah pesisir yang juga dijadikan tempat berlabuh nelayan, luas Pantai Gesing tergolong kecil. Bahkan jauh lebih kecil dibandingkan dengan lokasi wisata yang ada di sebelahnya. Akan tetapi panorama alam yang disajikan benar-benar menakjubkan dengan diapit dua tebing karan di sisi barat dan timurnya. Jika anda berdiri di tengah bibir pantai, pemandangan indah layaknya kepala gurita memikat hati siapa saja yang berkunjung.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Gesing

Daya Tarik Pantai Gesing
Image Credit: Google Maps iwan j prasetyo

Ada faktor lain tentunya kenapa objek wisata ini masih sepi pengunjung. Selain dari jaraknya yang cukup jauh, memang tempat ini masih minim promosi. Hanya mengandalkan promosi dari mulut ke mulut sehingga dipastikan cukup lama untuk menjangkau wisatawan yang ada di luar daerah. Namun dengan pembahasan daya tarik berikut, semoga secara tidak langsung mempromosikan Pantai Gesing sehingga banyak yang berkunjung di kemudian hari!

1. Eksotisme Pantai Mengagumkan

Setiap wisatawan yang berkunjung pastinya pernah mendengar atau melihat bagaimana keindahan secara keseluruhan dari Pantai Gesing. Dikatakan tadi bahwa lokasinya diapit oleh dua tebing karang berukuran raksasa. Diatas tebing tersebut tumbuh subur semak yang tampak dari kejauhan seperti lumut hijau.

Di salah satu tebing, ada sebuah rongga kecil di bawahnya dengan hiasan batuan kecil. Pengunjung bisa mengeksplorasi tempat tersebut jika ingin sesuatu hal yang menantang. Namun diharapkan lalu berhati-hai karena batuan yang lama terendam air laut tersebut pastinya licin. Belum lagi tajamnya batu karang yang siap membuat kaki terluka, paling tidak kulitnya mengelupas.

Bukan hanya itu keindahan yang didapatkan wisatawan, jernihnya air laut juga turut menjadi daya tarik tersendiri. Tampak jelas bahwa air yang berada ditepi pantai cantik di Gunung Kidul berwarna hijau tosca, sedangkan sedikit menjorok ke arah laut berubah menjadi warna biru. Gradasi warna ini bukan hanya terlihat eksotis, namun juga sebagai penanda perbedaan kedalaman air laut.

2. Keunikan Dua Tebing yang Mengapit

Ciri khas dari Pantai Gesing yakni adanya dua tebing yang mengapit, seperti yang dikatakan sebelumnya. Tebing tersebut seolah menjadi penjaga pantai yang selalu siap melaksanakan tugasnya. Dari atas tebing, anda bisa menyaksikan berbagai pemandangan indah, seperti laut lepas dan pemandangan pantai dari atas ketinggian.

Lebih menarik lagi karena pihak pengelola membangun fasilitas untuk menunjang kebutuhan pengunjung dalam hal fotografi. Terdapat beberapa spot foto dengan latar belakang pesona pantai. Anda bisa menggunakan fasilitas gratis tersebut untuk selfie atau mengabadikan momen liburan. Sementara itu, ada sebuah titik di tebing tersebut yang juga menyajikan panorama tebing di sebelahnya.

3. Dekat dengan Lokasi Wisata Pantai Lain

Tidak dapat di pungkiri bahwa day tarik lain dari Pantai Gesing yakni karena lokasinya yang dekat dengan wisata pantai lainnya. Di sepanjang jalan ketika anda menuju ke lokasi, banyak juga pantai lain dengan kebagusan alam masing-masing. Wisatawan yang merasa puas berkunjung ke pantai satu, bisa berpindah ke pantai yang menjadi bahasan utama kita kali ini.

Sebaliknya, ada juga mereka yang memang berniat mengunjungi pantai ini, kemudian melanjutkan aktivitas liburan ke pantai lain yang ada di sebelahnya. Diantara pantai yang dimaksud adalah Pantai Ngluen dan Pantai Butuh. Silahkan anda berkunjung ke lokasi jika memang belum pernah mengunjunginya sama sekali.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Gesing Gunung Kidul
Image Credit: Instagram rental drone magelang

Seperti yang dikatakan sebelumnya, lokasi Pantai Gesing cukup jauh jika diambil dari titik pusat kota Jogja. Jarak yang harus anda tempuh sekitar 45 kilometer dengan waktu tempuh 1 jam hingga 1.5 jam. Sebagai panduan awal, silahkan arahkan kendaraan menuju ke Girikarto, Bolang, Panggang, Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

Sedikit informasi tambahan, disarankan menggunakan kendaraan pribadi untuk menuju ke lokasi. Hal ini dikarenakan tidak adanya akses transportasi umum yang langsung menuju ke lokasi wisata. Jika tidak memungkinkan membawa kendaraan pribadi, silahkan sewa jasa travel yang banyak ditemui di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute yang paling cepat adalah degan melalui Jalan Imogiri setelah anda berada di pusat kota Jogja. Arahkan kendaraan menuju ke kawasan Selopamioro hingga sampai di SDN Sawah Warak. Lanjutkan perjalanan hingga menuju ke daerah Bolang, kemudian ikuti papan petunjuk yang mengarahkan anda menuju ke Pantai Gesing.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Pantai Gesing
Image Credit: Google Maps Saefullah _14

Walaupun masih sepi, namun lokasi wisata ini sudah dikelola dengan baik oleh pihak pemerintah dibantu warga setempat. Jadi jangan heran jika anda dibebankan biaya tiket masuk yang digunakan untuk pengembangan lokasi wisata. Harganya tergolong cukup murah untuk sensasi pengalaman indah yang tidak terlupakan, hanya 5.000 rupiah untuk satu pengunjung.

Apabila membawa kendaraan pribadi, ada biaya lain yang harus dikeluarkan untuk parkir atau tepat penitipan kendaraan. Sepeda motor atau roda dua dikenakan tarif 2.000 rupiah, sedangkan mobil hanya 5.000 rupiah. Beberapa spot foto juga di banderol dengan tarif tertentu, namun rata-rata masih di kisaran 5.000 rupiah.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Gesing

Aktivitas Di Pantai Gesing
Image Credit: Google Maps Yulia Angelina

Apakah anda sudah mempunyai pandangan mengenai apa saja yang harus dilakukan ketika tiba di pantai eksotis di Gunung Kidul? Jangan hanya terpana dengan pesona alamnya, banyak sekali aktivitas seru yang bisa anda lakukan. Berikut beberapa diantaranya!

1. Bermain Pasir Pantai Gesing

Bermain termasuk salah satu aktivitas wajib ketika anda mengunjungi objek wisata berupa pantai. Aktivitas ini tentunya tidak hanya untuk anak-anak, namun juga dewasa. Permainan sederhana namun seru adalah membuat bangunan. Tentunya lokasinya tidak boleh terlalu dekat dengan bibir pantai karena bisa jadi bangunan tersebut hancur terkena ombak.

2. Serunya Berenang dan Bermain Air

Dikarenakan b wisata kali ini berupa perairan, tepatnya air laut, maka aktivitas yang menarik tentunya berenang. Kegiatan tersebut cukup aman dilakukan karena ombak di Pantai Gesing tidaklah terlalu tinggi. Hal ini dikarenakan ada dua tebing yang mengimpitnya sehingga ombak tidak bisa sampai ke lokasi pantai.

Selain berenang, sekadar berbasah-bahasan atau bermain air juga menarik dilakukan. Sambil bercanda bersama keluarga dan anak-anak, anda bisa puas bermain air yang jernih dan indah tersebut. Meski demikian, diharapkan tetap berhati-hati ketika melakukan aktivitas ini. Anda bisa melihat kedalaman air dari gradasi warna yang jelas terlihat di sekitar bibir pantai.

3. Memancing di Spot Favorit Nelayan

Pantai Gesing kabarnya pernah dijadikan salah satu lokasi shooting salah satu program televisi dari kategori olahraga memancing. Bisa dikatakan wajar karena memang banyak sekali spot seru untuk memancing. Ditemani kapten perahu yang juga merupakan warga lokal dan pemilik perahu, anda akan diantarkan ke spot yang banyak terdapat ikan besar dari berbagai jenis.

Pada umumnya, ikan tangkapan dari hasil memancing adalah ikan kakap putih dan kerapu. Untuk menangkap kedua jenis ikan tersebut, disarankan membawa umpan udang hidup yang bisa di beli di beberapa tempat tidak jauh dari lokasi wisata. Sayangnya, tidak ada tempat penyewaan peralatan pancing di pantai menawan ini, jadi anda bisa membawa sendiri dari rumah. Warga setempat hanya menyediakan perahu tumpangan yang bisa disewa dengan harga yang telah disepakati.

Aktivitas Menarik Di Pantai Gesing
Image Credit: Google Maps Achmad Soleh Amirudin

4. Berburu Kuliner Sea Food

Nelayan yang pergi melaut dan membawa ikan tangkapan akan dijual kepada pihak tengkulak atau warung di sekitar Pantai Gesing. Dengan demikian, anda bisa berwisata kuliner nikmat dari jenis sea food. Mulai dari udang, kepiting, ikan keting, kakap putih, dan bahkan kerapu dengan kelezatan maksimal bisa anda nikmati di pantai penuh pesona ini.

Harga yang di banderol masih tergolong murah, tidak lebih dari 50.000 untuk satu porsi ikan dengan ukuran lumayan besar. Apalagi jika anda bisa memilih olahan makanan yang disediakan, diantaranya adalah ikan bakar, ikan goreng sambal, atau jenis masakan berkuah khas Jogja. Selain bisa dinikmati langsung, anda juga bisa membawa pulang ikan segar di tempat pelelangan yang tidak jauh dari pantai.

5. Berfoto dengan Panorama Menakjubkan

Setiap wisatawan yang datang ke Pantai Gesing pasti tidak lepas dari aktivitas fotografi. Apalagi jika tersedia spot antik yang mendukung untuk hasil foto lebih sempurna. Diantara banyak spot yang disediakan, jembatan cinta merupakan yang paling favorit. Jembatan yang dibangun diatas batuan tebing karang tersebut cukup panjang dengan dua panorama sekaligus.

Pertama tentunya keindahan pantai yang menakjubkan, selanjutnya adalah tebing menjulang tinggi dengan gagahnya. Semua konstruksi jembatan terbuat dari kayu dengan warna merah pada pagarnya. Untuk spot foto kali ini, pengunjung tidak dibebankan biaya tambahan karena bebas digunakan secara gratis.

Tentunya spot cantik yang tidak boleh dilupakan adalah ketika berada di bibir pantai. Pemandangan tebing tinggi dari bawah sangat terlihat cantik dan terkesan lebih gagah. Apalagi ketika warna air yang jernih juga turut menghiasi latar belakang foto anda.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Pantai Gesing
Image Credit: Instagram Zana’s Archive

Pantai Gesing menyediakan berbagai fasilitas pendukung demi kenyamanan pengunjung. Fasilitas penting yang bisa anda gunakan adalah toilet, kamar ganti, dan mushola. Bagi yang membawa kendaraan pribadi juga bisa menikmati fasilitas lahan parkir dengan tarif yang disesuaikan. Selain itu, ada juga warung makan yang turut melengkapi fasilitas yang ada. Untuk transportasi laut, tersedia perahu nelayan yang bisa disewa, baik ketika memancing atau sekadar mengelilingi wilayah laut.

Setelah anda mengetahui berbagai daya tarik dan aktivitas seru yang bisa dilakukan, mungkin jarak yang jauh tersebut bukan lagi menjadi alasan. Indahnya Pantai Gesing di Gunung Kidul memang patut dimasukkan ke dalam daftar kunjungan destinasi wisata alam. Apalagi jika harga tiket masuk cukup terjangkau, bahkan dibawah harga standar objek wisata.

Baca Juga  Lowongan Kerja Pekanbaru, 'Kepala Gudang' Di PT DECOMART MITRA JAYA Terbaru 2022