Pantai Mesra, Pantai Cantik dengan Panorama yang Memukau di Gunung Kidul

Pantai Mesra Gunung Kidul

Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Kukup, Ngepung, Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Dari sekian banyak tujuan atau destinasi wisata, pantai masih mejadi salah satu yang paling favorit. Hal ini terbukti dari banyaknya lokasi pantai yang selalu ramai dikunjungi ketika liburan tiba. Salah satunya adalah Pantai Mesra di Gunung Kidul yang tergolong masih baru, namun tidak pernah sepi pengunjung. Kawasan wisata ini masuk dalam wilayah Jawa Tengah, tepatnya di Yogyakarta. Meskipun masih baru, objek wisata ini dikelola dengan baik secara profesional.

Seketika masuk ke lokasi pantai, hamparan rumput hijau yang indah seolah menyambut kedatangan anda. Cukup unik bukan? Tidak banyak lokasi pantai dengan rumput menghiasi daerah sekitarnya. Titik ini juga disebut sebagai taman oleh wisatawan, lokasinya persis di sebelah pantai atau sebelum anda memasuki pantai. Selain itu, ada juga pohon palem yang juga turut menghiasi keindahan pantai Mesra ini.

Sedikit informasi, kawasan pantai yang menawarkan keindahan alam khas ini bukan dikelola oleh pihak pemerintah, melainkan pihak swasta. Meski demikian, mereka sangat profesional dengan menggunakan konsep minimalist modern. Di taman yang disebutkan tadi, anda bisa melihat deretan penjual makanan khas Jawa Tengah yang menyatu dalam satu ruangan yang disebut dengan Joglo. Dibalik bangunan Joglo tersebut, ada sebuah tebing tinggi yang juga menyita perhatian.

Daya Tarik Pantai Mesra Gunung Kidul

Daya Tarik Pantai Mesra Gunung Kidul
Image Credit: Google Maps Ipong Kezia

Tidak dapat di pungkiri, setiap lokasi wisata pasti mempunyai daya tarik tersendiri. Apakah itu dari objek wisata pegunungan, bukit, air terjun, dan juga pantai. Dalam hal pantai misalnya, khususnya Pantai Mesra, daya tarinya cukup banyak. Sebagian besar tidak jauh berbeda dengan spot pantai pada umumnya. Supaya lebih jelas dan tidak membuat anda penasaran, berikut daya tarik yang dimaksud!

1. Pemandangan Khas Pantai nan Cantik

Setiap pantai pastinya mempunyai pemandangan khas dari lautan dan juga pantai itu sendiri. Hal tersebut juga ada dipantai yang juga dikenal dengan nama Pantai Ngrawe ini. Batuan karang besar yang ada di tepi pantai menjadi daya tarik tersendiri. Ketika ombak besar datang, suara benturan cukup keras terdengar yang juga turut meramaikan suasana.

Menariknya, diatas batuan tersebut tumbuh rumput dengan warna hijau segar. Memang tidak dapat dinaiki atau didekati, namun anda bisa menggunakannya sebagai latar belakang foto yang cantik. Pasir putih lembut juga turut membuat suasana ceria, terutama bagi anak-anak. Mereka bisa bermain sepuasnya dan membuat bangunan untuk mengasah kreativitas nya.

2. Taman Hijau Indah

Daya tarik Pantai Mesra berikutnya telah dibahas sedikit pada pembukaan diatas. Menarik sekali jika ada pantai yang mengusung konsep taman, dimana sangat jarang ditemukan. Kemampuan pihak pengelola dalam memadukan konsep alam dan buatan terebut ternyata disambut baik oleh wisatawan.

Adanya bangku putih di beberapa titik bisa dijadikan tempat istirahat ketika lelah bermain di sekitar pantai. Bangku tersebut juga cocok dijadikan tempat singgah sebentar sebelum memasuki lokasi pantai. Ada jalan setapak yang digunakan untuk menuju lokasi pantai. Taman tersebut juga tidak ada pembatas dengan pantai yang langsung bertemu dengan pasir putih.

3. Kebersihan Terjaga

Pantai identik dengan tempat wisata tanpa pengawasan, terutama dalam hal kebersihan. Menariknya, pantai yang ada di Jogja ini selalu bersih dan terjaga. Hal ini tentu menjadi daya tarik lain, dimana kecantikannya tidak ternodai dengan sampah yang berserakan. Meskipun bebas membawa makanan, namun di beberapa titik diberikan tempat sampah agar memudahkan pengunjung untuk membuang sampah pada tempatnya.

Alamat dan Rute Lokasi

Alamat Pantai Mesra Gunung Kidul
Image Credit: Google Maps Ipong Kezia

Gunung Kidul termasuk kabupaten di Yogyakarta yang memberikan banyak lokasi wisata berupa pantai. Hampir semua lokasinya strategis sehingga tidak sulit menemukannya, termasuk Pantai Mesra. Pastikan anda mendapat alamat lengkapnya di Ngepung, Kemadang, Tanjungsari, Gunung Kidul, DI Yogyakarta sebelum menuju lokasi.

Bagi anda yang menggunakan kendaraan pribadi silahkan mengambi rute yang mengarah ke jalan Imogiri . Lanjutan perjalanan hingga ke kawasan Wonosari, kemudian ambil arah ke daerah Panggang. Dari sini, anda tinggal lurus saja hingga menemukan Jalan Pantai Selatan dan sampai di wilayah Ngepung. Dikarenakan lokasinya masih berdekatan dengan Pantai Baron, maka anda harus membayar retribusi yang juga sekaligus menjadi tiket masuk ke Pantai Ngrawe ini.

Harga Tiket Masuk

Tiket Pantai Mesra Gunung Kidul
Image Credit: Google Maps Septi-ny Zilan

Membahas mengenai harga tiket masuk, hampir dipastikan lokasi wisata berupa pantai tergolong murah. Untuk kali ini bahkan dikatakan sangat murah karena anda bisa menikmati dua keindahan pantai sekaligus dalam satu kali pembayaran tiket masuk. Kedua pantai yang dimaksud adalah Pantai Baron dan Pantai Mesra.

Adapun harga yang harus dibayar adalah 10.000 rupiah agar anda bisa masuk ke lokasi wisata. Ada pula biaya lain yang harus dibayarkan jika anda membawa kendaraan pribadi untuk motor dikenakan biaya sebesar 3.000, sedangkan mobil 5.000 rupiah. Selain itu anda tidak perlu mengeluarkan biaya wajib lainnya, kecuali untuk menikmati kuliner yang ada di lokasi.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Pantai Mesra Gunung Kidul
Image Credit: Google Maps Nurhana Tri Utami

Pantai menjadi tempat wisata menarik yang banyak dikunjungi karena banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan. Hal tersebut juga berlaku bagi Pantai Mesra, dimana terdapat berbagai kegiatan menarik. Sebagai salah satu objek wisata baru, apa saja aktivitas yang cocok dilakukan di pantai cantik ini?

1. Bermain Pasir

Mungkin tidak terlalu istimewa bagi usia dewasa, namun anak-anak dipastikan suka bermain pasir. Apalagi jika rumah tinggal mereka berada di daerah perkotaan, dimana jarang sekali ditemukan pasir atau tanah. Menariknya, bentangan pasir yang ada kali ini cukup luas. Bahkan jaraknya jauh dari bibir pantai, dimana tempat air laut dan pasir bertemu pertama kali.

Dengan demikian, anak-anak bisa bermain tanpa takut gangguan ombak yang sewaktu-waktu akan datang. Membuat terowongan, membangun objek, berendam diri dengan pasir, adalah beberapa aktivitas menarik untuk anak-anak ketika berada di pantai. Bagi orang tua atau dewasa juga bisa, tidak ada aturan atau batasan usia dalam kegiatan seru tersebut.

2. Bermain Air

Aktivitas lain yang bisa dilakukan adalah bermain air, tentu anda juga membayangkan akan hal ini ketika berkunjung ke pantai. Sangat disayangkan jika anda dadak disarankan untuk berenang, seperti halnya pantai ditempat lain. Kontur batu karang yang mendominasi pantai tersebut tidak memungkinkan untuk dijadikan aktivitas berenang.

Adapun dasar berupa pasir atau tanah liat lokasinya sedikit ke tengah. Hal itu juga tidak disarankan karena terlalu berbahaya. Ombak tinggi yang datang sewaktu-waktu bisa jadi mengancam jiwa. Seperti yang diketahui, pantai yang ada di laut selatan dikenal akan ombaknya yang besar dan ganas.

Dikarenakan alasan tersebut, ada baiknya jika hanya bermain air di tepian pantai sambil menikmati hembusan angin. Apabila air sedang surut, anda bisa sedikit ke tengah, itu juga kalau angin tidak kencang dan ombaknya tenang. Jika sedang pasang, sebaiknya anda tidak melakukannya karena tidak tau dimana daerah air yang dangkal dan dalam.

3. Bersantai di Taman

Jika anda sudah puas bermain di pantai, atau sebelum mengunjungi Pantai Mesra, silahkan bersantai di taman yang sudah dijelaskan tadi. Bangku yang disediakan di lokasi taman memang dikhususkan bagi pengunjung yang ingin menikmati sasana pantai. Semilir angin pantai dipastikan membuat ketegangan yang anda rasakan selama ini menjadi lebih rileks.

Selain tempat duduk, ada juga gazebo yang dibangun dengan konsep khas untuk bersantai. Gazebo tersebut dibangun mengelilingi taman sehingga tampak jelas keindahannya. Pengunjung yang melakukan aktivitas ini kebanyakan dari mereka yang membawa anggota keluarga, seperti istri dan anak.

Aktivitas Seru Pantai Mesra Gunung Kidul
Image Credit: Google Maps Muhammad Raziqin

4. Berburu Spot Foto

Hampir setiap spot di Pantai Mesra bisa dijadikan latar belakang foto menarik. Contohnya di pantai, anda bisa menggunakan batu karang besar yang ada di tepi pantai. Selain itu, laut lepas yang disajikan juga cocok untuk dijadikan background dengan tema alam yang indah. Bagi pegiat media sosial, aktivitas seperti ini wajib dilakukan.

Ada sebuah spot yang boleh dikatakan unik, yaitu papan nama dari lokasi pantai cantik ini. Setiap lokasi wisata pasti mempunyai keterangan nama dari setiap lokasinya. Namun kali ini boleh dikatakan unik karena disertai keterangan unik. Keterangan tersebut ‘Tak Rawat Lautku Koyo Ngrawat Bojoku’. Artinya, ‘saya rawat laut saya seperti merawat istri saya’, begitulah kurang lebihnya.

5. Berburu Kuliner

Aktivitas lain yang pastinya tidak boleh ketinggalan adalah wisata kuliner, dimana dan bisa menemukan banyak sekali masakan nikmat dari berbagai bahan dasar. Yogyakarta termasuk kawasan di Jawa Tengah, artinya makanan khasnya juga tidak jauh dari provinsi tersebut. Sebagai contoh adalah nasi gudeg, pasti anda mengenal jenis olahan makanan dari sayur nangka muda ini.

Selain itu, masih banyak lagi makanan yang ditemui, baik dari makanan ringan maupun berat. Untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh juga ada. Beberapa diantaranya adalah Bakpia, Cokelat Monggo, Mamahke Jogja, dan masih banyak lagi. Jika anda sudah menikmati makanan khas di suatu daerah yang menjadi tujuan utama wisata, maka boleh dikatakan liburan anda sudah lengkap.

6. Menikmati Matahari Terbenam

Tidak semua pantai dapat dijadikan sebagai momen untuk menikmati matahari terbenam. Hal ini tergantung dari bentangan lokasinya. Pantai Mesra ternyata tidak hanya cocok dijadikan tempat untuk melihat panorama alam tersebut, namun juga ketika matahari terbit. Apalagi jika pantai cantik ini dibuka selama 24 jam penuh, artinya anda bisa datang pagi hari sebelum matahari menampakkan wujudnya.

Fasilitas yang Tersedia

Fasilitas Pantai Mesra Gunung Kidul
Image Credit: Google Maps yusfrie virgianto

Seperti yang dikatakan tadi, Pantai Mesra yang berlokasi di Tanjungsari, Gunungkidul ini dikelola dengan baik. Dengan demikian, fasilitas yang disediakan juga cukup lengkap. Sebagian sudah disebutkan tadi, yaitu tempat makan, tempat duduk santai di taman, dan gazebo. Fasilitas lain yang bisa dinikmati yakni adanya mushola, toilet, dan juga tempat parkir.

Bagi anda yang berencana menginap, ada juga tempat penginapan yang tersedia dengan harga terjangkau. Meskipun murah, namun tempat tersebut cukup nyaman dinikmati sambil menikmati suasana malam khas pantai. Apalagi ada fasilitas kolam renang dan restoran yang siap memenuhi kebutuhan anda.

Sebagai tempat wisata dengan pesona alam menakjubkan, Pantai Mesra di Gunung Kidul wajib menjadi daftar utama yang wajib anda kunjungi. Tidak dapat di pungkiri bahwa keindahan alamnya sangat memukau dengan daya tarik tersendiri. Fasilitas yang disebutkan tadi juga dirasa cukup lengkap, bahkan bisa dikatakan sempurna.

Baca Juga  50 Kata Kata Motivasi Sukses, Kerja, Cinta, Lucu Mutiara Bijak Singkat Penuh Makna