Pantai Parai Tenggiri, Pantai Cantik dengan Batuan Granit Eksotis di Bangka

Pantai Parai Tenggiri Bangka

Harga Tiket: Rp 25.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Sinar Baru, Kec. Sungai Liat, Kab. Bangka, Kepulauan Bangka Belitung; Map: Cek Lokasi

Kepulauan Bangka Belitung terkenal akan sektor pariwisata dengan keindahan mengagumkan. Terbukti dari adanya Pantai Parai Tenggiri yang setiap hari selalu ramai wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Eksotisme pantai ini memang tidak bisa diragukan, kombinasi pasir putih, batuan alam, dan air dengan warna biru kehijauan mejadi pemandangan indah yang disuguhkan.

Pemandangan lain juga didapatkan dari pantai yang letaknya tersembunyi ini, yakni pohon kelapa yang tumbuh di sepanjang bibir pantai. Dengan pesona alam yang ditawarkan, maka tidak heran jika warga pantai cantik ini menjadi kebanggaan bagi warga setempat. Wisatawan yang datang berkunjung juga sepatutnya bangga dengan apa kekayaan alam nusantara ini. Apalagi jika banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan selama di lokasi.

Sebelum dikenal dengan nama Pantai Parai Tenggiri, objek wisata indah ini dikenal dengan Pantai Hakok. Pergantian nama tersebut dilakukan oleh Presiden Soekarno selama masa pengasingan. Beliau bersama kerabat dan sahabatnya sering menikmati olahan ikan tenggiri di pantai tersebut. Tujuan utama dari pergantian nama juga tidak lepas supaya lebih berbau nusantara, karena Hakok sendiri pastinya asing di telinga rakyat Indonesia.

Selain alasan tersebut, ada juga alasan ain kenapa nama tersebut yang digunakan. Kata ‘Parai’ sendiri menurut warga lokal berarti ‘Surga’. Sedangkan kata ‘Tenggiri’ diambil karena dulunya pantai tersebut dijadikan tempat berlabuh nelayan yang membawa pulang tangkapan ikan dari jenis tenggiri. Sayangnya saat ini tidak dapat ditemui lagi nelayan yang membawah pulang ikan karena hanya difokuskan pada objek wisata alam.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Parai Tenggiri

Daya Tarik Pantai Parai Tenggiri
Image Credit: Google Maps Toto Hugo

Dipastikan bahwa setiap objek wisata mempunyai daya tarik tersendiri. Hal tersebut yang juga menjadikan alasan kenapa banyak wisatawan yang datang dari jauh rela untuk berkunjung. Dalam hal ini, daya tarik Pantai Parai Tenggiri cukup banyak untuk dijadikan alasan kuat mengunjunginya.

1. Panorama Alam Pantai Parai Tenggiri

Apa yang anda nikmati ketika berkunjung ke lokasi pantai cantik ini mungkin tidak bisa didapatkan di lokasi wisata lain. Indahnya air laut jernih dengan warna biru kehijauan langsung membuat mata tertuju padanya. Batuan besar dan kecil menghiasi setiap bibir pantai dengan tataletak alami. Uniknya, batuan tersebut merupakan jenis batu granit yang jarang ditemui di sekitar pantai.

Pemandangan alam semakin lengkap dengan adanya Rock Island yang terhubung dengan jembatan unik sepanjang 200 meter. Di sisi kanan dan kiri jembatan tersebut dilengkapi dengan lampu taman sehingga tampak lebih cantik. Untuk menikmati panorama alam buatan ini, ada baiknya jika anda datang pada petang hari.

2. Susunan Batu Granit yang Menawan

Selai panorama alam yang indah, daya tarik lain dari Pantai Parai Tenggiri yakni dari adanya batuan granit yang tersebar di sepanjang bibir pantai. Beberapa batu dengan ukuran besar bahkan menjorok ke arah laut, namun tidak semuanya terendam. Di batuan tersebut, banyak sekali wisatawan yang berburu spot foto untuk mengabadikan momen liburan.

Bahkan ada tumpukan batu yang cukup tinggi sehingga dibutuhkan usaha lebih untuk memanjatnya. Meski demikian, wisatawan tidak pernah mengurungkan niatnya untuk sekadar selfie di puncak batu tersebut. Ada juga batu kecil yang secara terpisah menghiasi tepi pantai. Permukaannya yang halus seringkali dimanfaatkan sebagai pijakan bagi yang ingin berfoto santai.

3. Tersedia Berbagai Wahana Air Menarik

Untuk memikat wisatawan, pengelola Pantai Parai Tenggiri dari pihak swasta menyediakan berbagai wahana permainan air yang pastinya disukai. Sebut saja Jetski dan banana boat yang menambah daya tarik tersendiri. Selain itu, ada juga Parasailing yang sangat seru, baik secara berkelompok maupun pribadi. Meski demikian, wahana tersebut hanya bisa dinikmati ketika cuaca mendukung.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Parai
Image Credit: Facebook Elis ‘Lsc

Pantai menawan ini masih berada di kecamatan Sungailiat, tepatnya di Desa Sinar Baru, Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung. Akses menuju lokasi memang tidak terlalu sulit, namun masih minim transportasi umum. Oleh sebab itu, sebaiknya gunakan jasa travel yang banyak di temui di sekitar lokasi.

Khusus bagi anda yang datang dari luar Kepulauan Bangka Belitung, baik yang menggunakan kendaraan pribadi maupun umum, arahkan tujuan anda ke Bandar Udara Depati Amir Bangka. Dari lokasi tersebut, anda bisa menyewa kendaraan lengkap degan sopirnya. Namun jika anda menggunakan kendaraan pribadi, silahkan langsung menuju ke kawasan Sungaliat dan berakhir di Pantai Parai Tenggiri. Jika tidak yakin, silahkan gunakan Google Map yang pastinya ada di setiap perangkat ponsel pintar.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Pantai Parai
Image Credit: Facebook Gustalitha Armaningrum

Boleh dikatakan bahwa harga tiket masuk ke lokasi pantai indah ini cukup mahal, yakni sebesar 25.000 rupiah per orang. Hanya saja dengan harga tersebut, pengalaman seru yang didapat dipastikan lebih mahal. Jadi bisa diartikan tidaklah begitu masalah dengan berapun tarif yang dibebankan, asalkan pengalaman yang didapat juga setimpal.

Untuk retribusi parkir juga dibebankan bagi pengunjung, dengan biaya tiket Rp 5.000 bagi yang membawa kendaraan roda dua, dan Rp 10.000 untuk mobil.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Parai Tenggiri

Aktivitas Di Pantai Parai Tenggiri
Image Credit: Google Maps Mourme Taruna Halim

Tidak masalah jika harga yang dibebankan diatas tergolong lumayan mahal, asalkan anda bebas melakukan aktivitas seru ketika di lokasi Pantai Parai Tenggiri. Banyak sekali aktivitas yang bisa anda lakukan, baik yang santai maupun menantang. Berikut adalah beberapa aktivitas paling menarik yang dimaksud!

1. Bermain Air dan Berenang

Dikarenakan objek wisata kali ini berupa pantai, yang mana tidak bisa lepas dari air, maka anda bisa bermain air ketika berada di lokasi. Cukup menarik jika anda bermain air ditepi pantai, apalagi jika datang bersama keluarga. Batuan kecil dengan permukaan halus bisa dijadikan pijakan, sementara tangan mengambil air untuk disiramkan ke arah anak-anak.

Apabila anda merasa mempunyai skill berenang cukup baik, silahkan melakukan aktivitas tersebut. Ombak yang datang tergolong tidak begitu besar karena Pantai Parai Tenggiri tertutup oleh beberapa pulau lain di sekitarnya. Airnya bersih dan jernih, jadi sangat terasa menyegarkan seketika anda baru pertama kali menginjakkan kaki.

2. Wahana Jetski yang Menantang

Bagi sebagian wisatawan, wahana air yang ada di laut tentunya berbeda dengan yang ada di kolam renang. Diperlukan tekad bulat dan keberanian cukup untuk melakukan olahraga air seperti Jetski. Meskipun hampir tidak memerlukan skill sama sekali, namun tetap saja anda harus lihai dalam mengendarai perahu motor cepat tersebut.

Seperti yang telah dibahas pada daya tarik diatas, ada juga wahana menantang lain yang bisa anda nikmati. Banana boat dan Parasailing adalah beberapa diantaranya yang juga membutuhkan keberanian. Untuk banana boat sendiri termasuk salah satu permainan berkelompok, dimana sangat membutuhkan keseimbangan agar tidak terjatuh. Sedangkan untuk Parasailing pastinya sangat pantas untuk menguji seberapa besar keberanian anda menggunakan parasut yang ditarik perahu motor cepat.

Aktivitas Dilakukan Pantai Parai Tenggiri
Image Credit: Google Maps AP Rachiem

3. Berburu Spot Foto Cantik

Aktivitas fotografi menjadi yang paling utama dan bahkan wajib dilakukan untuk melengkapi momen liburan. Tentunya anda tidak ingin pulang tanpa mengabadikan momen memukau ketika berada di Pantai Parai Tenggiri bukan? Apalagi banyak spot foto atau video cantik yang bisa anda gunakan sebagai latar belakang. Sebut saja batuan granit besar menjulang tinggi, anda bisa berada di spot tersebut sambil membelakangi arah pantai sehingga semakin terkesan eksotis.

Bukan hanya itu tentunya, masih banyak spot lain yang wajib anda coba. Memang semuanya termasuk spot liar karena pihak pengelola tidak membangun spot khusus untuk aktivitas ini, namun karena keindahan pantai yang begitu mempesona, hampir setiap titik sangat bagus dijadikan background foto.

4. Menyaksikan Matahari Terbit dan Tenggelam

Tidak semua pantai bisa dijadikan tempat untuk menyaksikan keindahan matahari terbit dan tenggelam. Untungnya, panorama alam indah tersebut bisa anda saksikan ketika berada di Pantai Parai Tenggiri. Pancaran sinar matahari yang muncul secara perlahan dapat dilihat dengan jelas, meskipun kadang tertutup awan tebal.

Sementara ketika menjelang petang, cahaya khas orange menghiasi warna biru langit sehingga menghasilkan gradasi warna yang menakjubkan. Supaya keindahan tersebut semakin sempurna, usahakan anda melihatnya pada titik yang tepat. Hal ini dikarenakan lokasi pantai yang kadang terhalang oleh rindangnya pohon dan juga pulau lain yang ada di sebelahnya.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Pantai Parai Tenggiri
Image Credit: Google Maps Daniel Haposan Marbun

Pihak pengelola wisata Pantai Parai Tenggiri memberikan fasilitas penunjang demi kenyamanan wisatawan. Hal ini terbukti dari adanya mushola, toilet yang bersih dan nyaman, serta tempat parkir dengan biaya yang telah disebutkan diatas. Tersedia juga warung bagi pengunjung yang ingin menikmati sensasi makanan ditepi pantai.

Ada beberapa gazebo yang bisa anda gunakan untuk tempat istirahat melepas penat setelah beraktivitas. Pengunjung yang tidak ingin segera meninggalkan lokasi juga tersedia tempat penginapan dengan fasilitas lengkap dan nyaman. Untuk tarifnya mungkin tergolong menengah dan masih standar harga objek wisata.

Bagaimana, apakah anda tertarik mengunjungi destinasi wisata andalan warga Kepulauan Bangka Belitung ini? Supaya lebih seru, pastikan anda membuat planning dan melakukan persiapan matang. Semoga informasi menarik mengenai Pantai Parai Tenggiri ini menjadikan anda semakin yakin untuk segera berkunjung ke lokasi.

Baca Juga  Istana Gebang, Mengenal Rumah Kediaman Presiden Soekarno di Kota Blitar