Pantai Rambak, Pantai Indah dengan Suguhan Sunset yang Memukau di Bangka

Pantai Rambak Bangka

Harga Tiket: Rp 3.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Desa Parit Padang, Kec. Sungai Liat, Kab. Bangka, Kepulauan Bangka Belitung; Map: Cek Lokasi

Setiap destinasi wisata berupa pantai selalu menawarkan keindahan alam khas lautan, begitu juga dengan Pantai Rambak. Lokasinya yang jauh dari perkotaan membuatnya masih alami dengan panorama alam mengagumkan. Pantai ini menjadi salah satu tujuan utama bagi wisatawan ketika liburan, khususnya bagi mereka yang dekat dengan Kepulauan Bangka Belitung.

Sebenarnya bukan hanya pantai cantik ini saja yang merupakan objek wisata di Pulau Bangka. Akan tetapi karena keindahan yang diberikan, sebagian besar pengunjung memilihnya untuk dijadikan tempat santai menghabiskan waktu liburan. Pemandangan alam dari pepohonan di sisi pantai, batuan, pasir, dan birunya air laut seolah menyatu dan sengaja memberikan view yang indah. Apalagi jika pasir yang ada di lokasi ini jarang ditemui di pantai lain, teksturnya lembut seperti tepung dengan warna kecokelatan.

Lebih menarik lagi jika posisi Pantai Rambak ini berhadapan langsung dengan Laut China Selatan. Jadi anda bisa menikmati panorama laut lepas yang terputus dengan garis fatamorgana. Pemandangan seperti ini tidak bisa didapat di tempat lain meskipun sama-sama berupa pantai. Ditepi pantai, terdapat banyak batuan berbagai ukuran yang turut memberikan keindahan. Uniknya, bukan batuan karang seperti halnya pantai, namun berupa batu granit yang tertata rapi.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Rambak

Daya Tarik Pantai Rambak
Image Credit: Google Maps Onedes Sipahutar

Setiap pengunjung yang datang ke lokasi wisata berupa pantai indah ini pasti terpesona dengan daya tariknya. Bukan hanya satu atau dua saja, namun ada beberapa yang harus anda ketahui. Bagi anda yang ingin berkunjung namun masih kurang yakin, beberapa daya tarik Pantai Rambak berikut mungkin bisa membulatkan tekad anda!

1. Keindahan Alami Pantai Rambak

Seperti yang dikatakan sebelumnya, lokasi pantai ini jauh dari perkotaan, sehingga masih alami. Beberapa batuan granit yang ada ditepi pantai bahkan memiliki keunikan dari bentuknya. Ada batu besar yang di atasnya terdapat batuan lagi, kemudian batu tersebut menopang batuan lain. Dengan posisi tersebut, kedua batu tidak bisa jatuh karena berdiri seimbang.

Sementara pasirnya yang lembut membentang luas sejauh 2 kilometer sehingga memuaskan siapa saja yang memandangnya. Beberapa wisatawan menyempatkan diri untuk berjalan-jalan ditepi pantai dan menginjakkan kaki diatas pasir tersebut. Memang bibir Pantai Rambak cukup panjang sehingga tampak semakin eksotis.

Suasana semakin alami ketika pohon rindang di tepian pantai melambai karena hembusan angin. Pohon kelapa, itulah tumbuhan khas pantai yang juga dapat ditemukan di pantai dengan pesona luar biasa ini. Jauh dari bibir pantai, tumbuhan rindang dari berbagai jenis juga ditemukan dan tampak warna hijau khasnya.

2. Panjang Garis Pantai

Sedikit diulas tadi bahwa pantai yang ada di Kepulauan Bangka Belitung ini mempunyai garis pantai sangat panjang, sekitar 2 kilometer. Dengan panjang tersebut, wisatawan bebas menyusuri pantai. Apalagi jika ombaknya tidak begitu besar, sehingga aman tanpa khawatir terkena hempasan ombak laut.

Bentangan bibir pantai semakin lengkap dengan pasir yang menawan. Sesekali, pasir lembut tersebut terbawa ke arah laut dari ombak yang kembali. Buih ombak ketika menyentuh pasir juga sangat cantik dan mejadi pemandangan tambahan bagi siapa saja yang berkunjung. Suasana seperti ini cocok dijadikan ajang relaksasi dan menjernihkan pikiran.

3. Tempat Melihat Sunrise dan Sunset

Pantai Rambak membentang luas di Pulau Bangka Belitung sehingga cocok dijadikan tempat untuk melihat matahari terbit dan ketika tenggelam. Daya tarik seperti ini pastinya mampu memikat wisatawan yang datang dari berbagai lokasi, bukan hanya warga lokal tentunya. Bahkan sebagian besar pengunjung yang datang ingin menikmati panorama alam indah ini.

Meskipun bisa melihatnya setiap hari ketika cuaca serah, namun tetap saja hal ini tidak membosankan. Apalagi jika terkadang pemandangan yang didapat tidak sama, tergantung dari cuaca dan juga awan yang juga menghiasi. Sebagai contoh jika gumpalan awan datang mendekat ke arah matahari, maka gradasi warna yang dihasilkan semakin indah memukau.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Rambak
Image Credit: Google Maps Fernando Lian

Pengunjung yang tertarik menikmati panorama alam Pantai Rambak, silahkan menuju ke Desa Parit Padang, Sungailiat, Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung. Jarak dari ibukota Bangka Belitung, Pangkalpinang, sekitar 30 kilometer menggunakan kendaraan bermotor. Dengan jarak tersebut, waktu yang dibutuhkan sekitar 1 jam penuh dengan kecepatan rata-rata.

Dikarenakan lokasinya yang masih tersembunyi dan tidak ada akses untuk transportasi umum, maka sebaiknya gunakan rental mobil atau kendaraan pribadi. Bagi yang menggunakan rental tentunya tidak kesulitan menuju lokasi karena bisa langsung mengatakan kepada sopir. Begitu juga ketika menggunakan kendaraan pribadi, anda bisa dengan mudah menemukan lokasinya dengan bantuan Google Map. Pastikan titik keberangkatan anda berada di pusat kecamatan Sungailiat agar lebih mudah.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Pantai Rambak
Image Credit: Google Maps Fernando Lian

Seperti halnya objek wisata lainnya, ada biaya masuk yang harus anda keluarkan. Namun di Pantai Rambak tergolong sangat murah, hanya 3.000 rupiah saja untuk satu orang pengunjung. Harga tersebut tentunya sangat murah, apalagi banyak pengamalan seru yang biasa didapatkan. Selain itu, pengunjung yang masuk juga bebas melakukan aktivitas apa saja, asalkan mendahulukan keselamatan.

Selain mengeluarkan biaya untuk tiket masuk, ada juga biaya lain yang harus dikeluarkan. Biaya yang dimaksud adalah untuk parkir kendaraan apabila anda menggunakan kendaraan pribadi. Cukup murah untuk sekelas pariwisata, hanya 5.000 rupiah untuk mobil, dan 2.000 rupiah bagi yang menggunakan sepeda motor.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Rambak

Aktivitas Di Pantai Rambak
Image Credit: Google Maps iyokeren1

Berbagai aktivitas positif bisa anda lakukan ketika mengunjungi objek wisata berupa pantai. Lokasinya yang luas sangat memungkinkan setiap pengunjung untuk beraktivitas seperti layaknya ketika liburan. Akan tetapi ada yang khas ketika anda mengunjungi Pantai Rambak, seperti aktivitas berikut ini!

1. Berenang Seru dan Bermain Air

Di pantai cantik ini, anda bisa berenang sepuasnya dengan hamparan air laut sangat luas. Tidak perlu takut akan ombak datang karena ukurannya tidak terlalu besar. Batuan karang yang ada juga tidak terlalu banyak, lebih banyak didominasi oleh pasir lembut dan batuan kecil. Dengan demikian, tentunya kaki lebih aman dari goresan batu karang yang tajam.

Apabila tidak memungkinkan untuk berenang, baik dikarenakan tidak bisa atau kurang mahir, bermain air juga tidak kalah menarik. Anda bisa duduk santai di tepian pantai sambil menunggu datangnya ombak yang perlahan mendekat. Aktivitas ini semakin seru jika dilakukan bersama-sama, baik bersama teman atau keluarga.

2. Berjemur dan Bersantai Ditepi Pantai

Berkunjung ke Pantai Rambak tidak harus berenang atau bermain air. Aktivitas lain yang tidak kalah menarik adalah berjemur dan bersantai sambil menikmati pemandangan alam sekitar. Hembusan angin pantai menjadikan suasana semakin syahdu dan menyegarkan. Apabila andan tidak ingin beberapa bagian tubuh terkena sengatan sinar matahari, silahkan gunakan payung. Anda bisa mendapatkan payung dari menyewa kepada pihak pengelola, beserta tempat duduknya sekalian.

3. Jalan-Jalan Menyusuri Bibir Pantai

Bentangan bibir pantai sejauh 2 kilometer, tentunya sangat cocok dijadikan untuk aktivitas jalan santai. Banyak wisatawan yang juga melakukan aktivitas ini karena cukup seru. Ombak yang datang dari kejauhan merambat perlahan ke bibir pantai dan mengenai bagian kaki memberikan sensasi tersendiri. Agar semakin seru, jangan biarkan alas kaki menghalangi sentuhan lembut pasir pantai yang nyaman.

Aktivitas Menarik Di Pantai Rambak
Image Credit: Google Maps Ayu Wahyu

4. Menikmati Keindahan Matahari Terbit

Salah satu daya tarik dari Pantai Rambak yang juga bisa dijadikan aktivitas menarik adalah dengan adanya panorama matahari terbit dan tenggelam. Aktivitas ini sangat menarik dilakukan, meskipun hanya bersifat pasif. Matahari yang perlahan hilang dari jangkauan mata seolah memberikan kesan indah selama seharian penuh. Silahkan datang di sore hari untuk menikmati panorama alam mengagumkan ini.

Bagi yang ingin menikmati matahari terbit setelah lama tidak menampakkan diri semalaman, pastikan anda datang sebelumnya. Anda akan mendapatkan sensasi keindahan dari pancaran sinarnya yang perlahan naik namun pasti. Bukan hanya menerangi tempat anda menginjakkan kaki saat itu, namun juga menghangatkan badan dan suasana.

5. Berburu Spot Foto dengan Pesona Alam

Baik ketika anda sedang berenang, berjemur, atau bahkan menikmati panorama matahari, jangan lupa untuk mengabadikan momen tersebut. Aktivitas seperti ini seolah wajib dilakukan ketika sedang liburan. Percuma saja jika menuju ke lokasi indah dan cantik seperti Pantai Rambak, namun tidak ada kenang-kenangan di dalamnya. Spot lain yang bisa dijadikan latar belakang indah adalah batuan granit yang ada di tepi pantai.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Pantai Tambak
Image Credit: Google Maps Erna Vitrawati

Meskipun dengan biaya sangat murah sebagai syarat masuk ke lokasi wisata indah ini, namun fasilitas yang disediakan cukup memadai. Sebut saja adanya mushola sebagai tempat ibadah umat Muslim ketika tiba waktunya. Ada juga toilet yang bisa dimanfaatkan untuk membersihkan diri atau ganti pakaian. Tempat parkir juga lumayan luas bagi anda yang datang menggunakan kendaraan pribadi.

Ketika anda sedang lapar atau ingin menikmati kuliner lokal, banyak tersedia warung yang tidak jauh dari bibir pantai. Umumnya, wisatawan berburu es kelapa muda ketika berada di pantai cantik ini. Sayangnya, masih belum banyak tempat penginapan yang dekat dengan lokasi.

Itulah beberapa hal menarik dari Pantai Rambak yang bisa kami sampaikan. Dengan adanya semua informasi tadi, diharapkan anda tidak lagi meragukan keindahannya dan segera mengunjungi lokasi. Paling tidak, anda bisa menjadikan informasi ini sebagai referensi tujuan wisata berikutnya.

Baca Juga  15 Tempat Wisata di Bangkinang Kampar Terbaru & Populer Dikunjungi Wisatawan