Pantai Samas, Surga Bahari Eksotis yang Kaya Pesona di Bantul Jogja

Pantai Samas Bantul

Harga Tiket: Rp 4.000, Jam Operasional: 09.00–17.00 WIB, Alamat: Sogo Sanden, Desa Srigading, Kec. Sanden, Kab. Bantul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Menjelajahi destinasi wisata di Indonesia seakan tidak pernah habis. Dalam satu objek wisata berupa pantai misalnya, banyak sekali ditemukan di berbagai provinsi dengan keindahan masing-masing. Salah satu yang paling banyak diminati dan tidak pernah sepi pengunjung adalah Pantai Samas di Bantul. Panorama alam dari laut dengan angin kencang mejadi ciri khas tersendiri. Angin tersebut juga membawa gulungan ombak besar menuju tepi pantai yang juga menjadi pemandangan cantik.

Bantul termasuk dari salah satu kabupaten yang ada di Yogyakarta dengan potensi wisata menakjubkan berupa pantai. Tentunya anda mengenal Parangtritis dengan pemandangan alamnya yang eksotis. Destinasi bahari ini bisa dikatakan sebagai pantai yang hampir menyamai keindahan dari pantai yang terletak di Desa Parangtritis, Kretek tersebut. Beberapa wisatawan yang pernah berkunjung bahkan menganggap Pantai Samas sebagai Parangtritis kedua.

Pantai Samas tidak hanya menawarkan keindahan khas pantai, namun juga keunikan yang menjadi daya tarik utama bagi wisatawan. Memang tidak jauh berbeda dengan apa yang bisa anda temukan di pantai lain. Namun kali ini anda bisa menikmati indahnya Laguna dan Delta Sungai. Bagi warga setempat, keberadaan Laguna dan Delta tersebut membawa berkah tersendiri karena dimana titik berkumpulnya ikan. Sedangkan bagi wisatawan, panorama alam yang menjanjikan memberikan daya tarik tersendiri.

Daya Tarik Pantai Samas Bantul

Daya Tarik Pantai Samas Bantul
Image Credit: Google Maps Achdiat Septiawan

Anda pasti juga tau bahwa setiap lokasi wisata mempunyai daya tarik tersendiri. Hal ini yang menjadikan alasan kenapa banyak pengunjung berdatangan. Pantai Samas juga demikian, ada daya tarik yang menjadikannya khas dan lain daripada yang lain. Apa saja daya tarik yang menjadi ciri khasnya? Berikut beberapa yang paling menarik!

1. Pesona Laguna

Diatas tadi sedikit disinggung bahwa ada yang berbeda dengan pantai cantik ini, yakni adanya Laguna. Warga setempat memberinya nama Laguna Pengklik yang bermuara di Delta sungai Opak. Terbentuknya sungai terebut dikarenakan proses alam, yaitu abrasi air laut. Arus air yang tenang tanpa adanya ombak menjadi daya tariknya, dimana kejadian itu disebabkan karena penghalang berupa gundukan tanah dari hasil abrasi tadi.

2. Pasir Pantai Hitam

Jika ditempat lain ditemukan pasir putih di tepian pantai, untuk kali ini berbeda. Pantai Samas memiliki pasir hitam halus yang biasa digunakan untuk bahan bangunan. Sebenarnya hampir semua pantai di Jogja memiliki jenis pasir ini. Sebagai contoh di pantai Parangtritis yang juga ditemukan bentangan pasir hitam cukup luas. Bahkan lebih luas dari yang dipunyai pantai Samas.

Bagi anak-anak, jenis pasir ini menjadi daya tarik baginya. Tekstur nya lembut dan mudah dibentuk. Mereka pastinya dapat dengan mudah membuat bangunan atau apa saja yang diinginkan. Tidak sedikit usia dewasa yang juga mencoba bermain pasir untuk mengisi waktu luang ketika berlibur.

Daya Tarik Dimiliki Pantai Samas Bantul
Image Credit: Google Google Maps Deasy A.desiliani

3. Konservasi Penyu

Tidak banyak ditemui sebuah pantai yang juga menjadi Konservasi Penyu. Bahkan mungkin satu-satunya di Yogyakarta. Memang pantai cantik di Bantul ini kerap didatangi hewan bercangkang tersebut ketika bertelur. Oleh sebab itulah ada sebuah ide menarik dari Rujito yang membuat penangkaran penyu dan melepasnya kembali setelah menetas.

Dikatakan sebuah daya tarik karena pengunjung bisa membantu melepaskan penyu tersebut untuk pergi ke laut lepas. Jika anda tertarik melakukannya, silahkan datang di sore hari karena kegiatan tersebut dilakukan petang. Tujuannya adalah untuk menghindari pemangsa yang sering muncul di diang hari.

4. Jembatan Bambu Pantai Samas

Tepat di Lokasi Laguna Pengklik, ada sebuah jembatan bambu yang panjang. Tempat ini biasanya digunakan bagi mereka yang ingin foto selfie. Lebarnya hanya 1 meter dengan panjang sekitar 200 meter. Menjadi unik karena jembatan tersebut menjorok ke laut sehingga wisatawan seolah-olah sedang berada di atas air laut. Untuk menikmati atau memasuki jembatan bambu tersebut, siapkan uang 5.000 rupiah.

Alamat dan Rute Lokasi

Alamat Pantai Samas Bantul
Image Credit: Google Maps Christina Dewi

Tidak sulit menemukan lokasi Pantai Samas karena lokasinya tidak jauh dari jalur lintas selatan. Alamat lengkapnya di Sogo Sanden, Srigading, Sanden, Bantul, DI Yogyakarta, silahkan lihat peta untuk lokasi persis nya. Rute nya juga mudah, tidak jauh dari pantai Parangtritis, sekitar 4 km dan bisa ditempuh selama 10 menit perjalanan menggunakan kendaraan bermotor.

Bagi anda yang berada d pusat kota Jogja, silahkan ambil arah selatan menuju ke jalan Brigjen Katamso. Lanjutkan perjalanan hingga tiba di Jalan Parangtritis dan lurus saja sampai menemukan pertigaan Jalan Cepit – Tembi. Dari titik tersebut, silahkan ambil arah selatan hingga sampai ke Jalan Bantul. Silahkan lanjutkan perjalanan hingga menuju ke area pantai cantik ini karena lokasinya tidak jauh setibanya anda di titik terakhir tersebut.

Harga Tiket Masuk

Tiket Pantai Samas Bantul
Image Credit: Google Maps norbertus yuni Artanto

Tidak ada yang mahal untuk sekelas objek wisata berupa pantai, begitu juga dengan Pantai Samas Bantul. Pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk sebesar 4.000 rupiah, baik dewasa maupun anak-anak. Sedangkan untuk menyewa lahan parkir hanya dikenakan biaya 5.000 untuk mobil, dan 2.000 untuk motor. Selain semua biaya yang disebutkan, ada lagi biaya opsional bagi yang ingin memasuki jembatan bambu dan taman bunga. Adapun biaya yang wajib dikeluarkan masing-masing adalah 5.000 rupiah. Tidak mahal bukan?

Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Pantai Samas Bantul
Image Credit: Google Maps Icunk obid

Tidak lengkap rasanya jika belum melakukan aktivitas menarik ketika liburan. Hampir di setiap pantai, semua aktivitas tidak jauh berbeda. Aktivitas di pantai pastinya masih berhubungan dengan daya tariknya. Misalkan ketika di jembatan bambu, anda bisa berjalan di sepanjang jembatan tersebut sambil menikmati udara segar khas pantai. Selain itu, berikut aktivitas yang bisa dilakukan di Pantai Samas!

1. Bermain Pasir dan Air

Pasir hitam bukan hanya sebagai daya tarik, namun juga bisa dijadikan aktivitas menarik. Pengunjung biasanya berlomba-lomba membangun objek menarik, seperti istana pasir, rumah, bahkan hanya membuat terowongan tanah. Aktivitas ini bisa dilakukan semua usia, baik anak-anak dan dewasa, atau pria dan wanita.

Selain itu, bermain air laut juga bisa menjadi kegiatan alternatif. Sesekali sambutan ombak yang merayap ditepi pantai menjadikan suasana semakin merah. Apalagi di saat angin kencang, biasanya ombak yang menggulung di tepi pantai lebih tinggi. Akan tetapi tetap harus memperhatikan keselamatan, tidak jarang ombak besar yang bisa menyeret ke tengah pantai.

2. Bersantai di Taman Bunga

Lelah bermain di tepian Pantai Samas? Tidak jauh dari lokasi, ada sebuah taman indah dengan bunga yang didominasi oleh bunga matahari. Uniknya, taman yang dipenuhi dengan bunga cantik ini sebenarnya hanya digunakan untuk melindungi tanaman cabai di sekitar lokasi. Hanya saja ketika semakin ramai dikunjungi, pemilik berinisiatif untuk menanam lebih banyak bunga dan mengenakan tarif bagi yang ingin masuk menikmati keindahannya.

Jika anda berminat, silahkan langsung datang ke Dusun Tegalsari, Srigading, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul. Luas taman tergolong cukup untuk menghabiskan sisa waktu setelah menikmati keindahan pantai ini. Keindahan semakin terlihat ketika formasi bunga disesuaikan dengan warnanya. Ada yang memanjang dengan semua warna kuning, kemudian diikuti warna putih di sebelahnya. Ada juga yang berupa petak kecil dengan bunga warna-warni. Merah, kuning, ungu, dan putih adalah warna yang bisa anda lihat di lokasi taman bunga Bantul.

3. Wisata Kuliner Apung

Menikmati hidangan yang ada di warung pastinya sudah biasa. Bagaimana dengan kuliner apung? Inilah yang juga menjadi perbedaan antara Pantai Samas dengan pantai lainnya. Pengunjung bisa menikmati hidangan khas dari ikan hasil tangkapan nelayan. Tidak perlu takut ombak karena warung dibangun semi permanen diatas pohon.

Semakin menarik dengan desain warung yang mirip dengan gazebo. Jadi anda bisa dengan jelas menikmati keindahan laut tanpa halangan apapun. Begitu pula dengan hembusan angin pantai yang terkadang membuat hanyut suasana. Tidak perlu takut dengan harganya karena masih terjangkau kelas menengah ke bawah.

Ditempat yang sama, anda bisa menikmati keindahan pantai dengan jelas ketika berada di gardu pandang. Memang tidak terlalu tinggi, namun cukup untuk melihat laut lepas dari titik yang lebih cantik. Selain itu, ada juga taman bermain anak yang pastinya lebih aman daripada bermain di tepi pantai.

Aktivitas Seru Pantai Samas Bantul
Image Credit: Google Maps Mytha Nura

4. Menikmati Sunset dan Sunrise

Aktivitas semakin lengkap ketika anda bisa menikmati keindahan matahari terbit dan terbenam. Perlu diketahui, tidak semua pantai menyajikan panorama alam cantik seperti ini. Tergantung dari bentangan dan arah pantai, karena ada juga pantai yang bagian timur dan barat tertutup oleh daratan atau pulau di sebelahnya.

Jika anda ingin menikmati sunset di Pantai Samas, silahkan datang di sore hari sebelum senja. Sebaliknya jika ingin menjadi saksi keindahan pancaran sinar orange matahari ketika terbit, silahkan datang sebelum waktu kemunculan sang surya. Akan tetapi semuanya bisa anda nikmati ketika cuaca cerah dan tidak mendung.

5. Berburu Spot Foto

Dalam hal mengabadikan momen ketika liburan, hampir setiap wisatawan melakukannya. Bahkan bisa dikatakan liburan menjadi sia-sia jika tidak mempunyai kenang-kenangan dalam hal itu. Apalagi banyak spot cantik yang bisa dijadikan momen seru ketika liburan. Anda juga bisa membagikan di media sosial jika perlu.

Spot cantik yang dimaksud adalah jembatan bambu. Tidak banyak yang berpikir untuk mengambil gambar dengan titik tersebut. Padahal jika sudut pandang yang diambil tepat, hasil foto dipastikan cantik dan tidak mengecewakan ketika diunggah ke media sosial. Spot lain yang cantik pasti taman bunga matahari. Kecantikan warna-warni bunga sangat sayang untuk dilewatkan. Dengan berbagai pose, anda bisa menggunakan latar belakang taman bunga indah tersebut.

Fasilitas yang Tersedia

Fasilitas Pantai Samas Bantul
Image Credit: Google Maps Aku Ingin Tau

Setiap tempat wisata yang dikelola baik tentu memiliki fasilitas memadai, hal yang sama juga bisa anda dapatkan ketika di Pantai Samas. Fasilitas seperti toilet, mushola, dan lahan parkir dipastikan ada. selain itu, ada juga penginapan yang siap dijadikan tempat istirahat jika anda datang jauh dari lokasi wisata. Tempatnya tidak terlalu jauh dari lokasi pantai. Jadi anda bisa kembali kapan saja jika belum puas menikmati keindahannya.

Apa yang ada di Pantai Samas Bantul dipastikan menarik untuk dinikmati. Baik itu berupa aktivitas maupun fasilitas. Daya tariknya memang luar biasa serta didukung fasilitas memadai. Hanya saja dikarenakan berupa pantai, sebaiknya anda perlu waspada, terutama bagi yang membawa anak dibawah umur. Pantai selatan dikenal dengan angin kencang dan ombak besar yang bisa jadi membahayakan.

Baca Juga  Link Nonton dan Sinopsis Serial Film Layangan Putus Episode 4B , Jangan Sampai Terlewatkan