Wisata  

Pantai Wedi Ireng, Pesona Pantai Indah Nan Bersih di Banyuwangi

Pantai Wedi Ireng Banyuwangi
Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Dusun Pancer, Sumberagung, Kec. Pesanggaran, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Prohrd.org – Pantai Wedi Ireng, Pesona Pantai Indah Nan Bersih di Banyuwangi

Pantai Wedi Ireng memang tidak populer jika dibandingkan dengan pantai-pantai di sekitarnya, seperti Pulau Merah atau Pantai Teluk Hijau yang mengapit pantai ini. Meski begitu, keindahan dari pantai ini tidak kalah mempesona dengan garis pantai yang panjang. Pantai ini memiliki dua garis sisi, namun dipisahkan dengan bebatuan yang ada di tengah pantai.

Ombak di pantai ini juga relatif tenang. Lautnya yang bersih berwarna kebiruan berpadu dengan terumbu karang yang dapat langsung dilihat dari perairan dangkal. Di sekitar pantai ini berupa perbukitan hijau yang segar dipandang mata. Sementara itu, pepohonan rindang di sekitarnya membuat tempat ini menjadi teduh dan nyaman untuk melepaskan penat.

Pantai ini dikelola oleh Pokmas Wisata Wedi Ireng. Dengan adanya pengelolaan ini, fasilitas yang tersedia juga semakin diperhatikan untuk menambah nyaman pengunjung yang datang. Jika sebelumnya pengunjung hanya dapat menikmati keindahan pantainya saja, kini pengunjung juga dapat menikmati keindahan alam bawah lautnya.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Wedi Ireng

Daya Tarik Pantai Wedi Ireng
Image Credit: Google Maps Bayu Catur pamungkas

Meskipun Pantai Wedi Ireng tidak terlalu populer, namun pesona yang ditawarkan sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja. Selain keunikannya, pantai ini juga memiliki daya tarik yang membuatnya layak menjadi salah satu destinasi wisata bahari yang harus dikunjungi. Berikut beberapa daya tarik dari pantai ini.

1. Pantai yang Unik

Pantai ini unik karena namanya yang memiliki arti Pasir Hitam, akan tetapi jika dilihat sekilas pantai ini memiliki pasir berwarna putih kecoklatan. Elemen dari pasir di pantai ini memang cukup unik dan menjadi salah satu daya tarik tersendiri. Karena pasir di dalamnya berwarna hitam seperti namanya. Pengunjung dapat melihatnya jika mengeruk pasir di sekitar pantai.

Baca Juga  Curug Cimahi, Wisata Air Terjun Tertinggi Nan Eksotis di Bandung

2. Pemandangan Indah

Pemandangan alam yang ada di sekitar Pantai Wedi Ireng sangat indah dan menawan mata. Pasir yang tampak putih kecoklatan dipadukan dengan air laut yang berwarna biru membuatnya tampak eksotis. Selain itu, pantai ini juga dikelilingi dengan pepohonan hijau yang membuat kawasan ini menjadi lebih segar, sementara beberapa bagian lainnya berupa bebatuan karang.

Daya Tarik Dimiliki Pantai Wedi Ireng
Image Credit: Google Maps Dea Ogato Kitchen

3. Tidak Banyak Pengunjung

Pantai ini cukup sulit dijangkau sehingga tidak banyak dikunjungi dan cukup sepi. Tidak adanya banyak pengunjung yang datang menjadi salah satu daya tarik tersendiri. Berlibur di pantai ini akan serasa berada di pantai milik pribadi. Sangat cocok jika ingin menenangkan diri sambil menikmati alam yang indah dan mendengarkan deburan ombak.

4. Termasuk Pantai yang Bersih

Kebersihan merupakan salah satu daya tarik yang cukup banyak menarik pengunjung di destinasi wisata manapun. Salah satunya adalah Pantai Wedi Ireng Banyuwangi ini. Pantai ini sangat bersih tanpa ada sampah-sampah yang berserakan. Pengunjung yang datang juga turut menjaga lingkungan apalagi dengan adanya tempat sampah di beberapa sudut kawasan pantai.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Wedi Ireng
Image Credit: Google Maps Ciptadi Chipz

Pantai Wedi Ireng ada di Dusun Pancer, Kecamatan Pesanggaran. Untuk menuju lokasi, Anda dapat menggunakan jalur darat dan jalur laut. Pantai cantik ini sangat dekat dengan Pantai Merah yang lebih populer. Jarak lokasi dari Kota Banyuwangi sekitar 65 kilometer, kurang lebih 3 hingga 4 jam dengan menggunakan kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat.

Dengan melalui jalur darat, aksesnya dapat melalui Pantai Pancer dengan mengambil petunjuk Pancer yang jauhnya 3 meter sebelum Pantai Merah. Anda dapat memulai perjalanan menuju Muara Pancer. Selanjutnya, Anda tinggal menyebrang menggunakan perahu nelayan. Setelah menyebrang ini, perjalanan Anda akan jauh lebih menantang.

Anda harus berjalan kaki melewati bukit yang ditumbuhi dengan banyak pohon pisang dan juga semak belukar. Anda harus berhati-hati karena akses jalan yang harus Anda lewati cukup curam. Sebaiknya Anda mempersiapkan perbekalan sebelum Anda memulai perjalanan ini. Hal ini karena selama perjalanan, Anda tidak akan menemukan warung makanan.

Sementara jalur laut dapat menjadi alternatif untuk Anda yang tidak memiliki banyak waktu dalam perjalanan. Untuk menaiki perahu, Anda tinggal menuju Dusun Pancer. Di sana Anda akan menemukan banyak perahu nelayan atau biasa disebut ojek perahu yang akan mengantar Anda menuju lokasi. Perjalanan laut sangat seru, apalagi dengan pemandangan tebing-tebing terjal yang sangat indah.

Baca Juga  Wot Batu Bandung, Destinasi Wisata Hits dengan Galeri Seni yang Menakjubkan

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Pantai Wedi Ireng
Image Credit: Google Maps mora gandi

Pantai Wedi Ireng dapat Anda kunjungi setiap harinya selama 24 jam. Tidak ada tiket masuk untuk memasuki kawasan pantai. Meski begitu, Anda hanya perlu menyiapkan dana untuk perjalanan menuju ke lokasi. Biaya akomodasi sendiri tergantung dari jalur perjalanan yang Anda pilih. Jika melalui jalur darat, hanya perlu membayar Rp 5.000 saja untuk menyebrang.

Sementara itu, jika Anda menggunakan jalur laut, Anda tinggal menggunakan ojek perahu. Untuk perahu yang sekali jalan, biasanya nelayan mematok harga Rp 25.000 sedangkan untuk ojek perahu pulang pergi cukup membayar Rp 40.000 sehingga lebih murah. Anda juga dapat mencoba trip perahu di beberapa pulau dengan membayar Rp 550.000 dengan maksimal 6 orang.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Wedi Ireng

Aktivitas Di Wedi Ireng
Image Credit: Google Maps Ummu Raykhan

Ada banyak kegiatan menarik yang dapat dilakukan di Pantai Wedi Ireng. Kegiatan ini tentu sangat menyenangkan dan tidak kalah seru dibandingkan dengan wisata di pantai-pantai lain yang lebih terkenal. Meskipun perjalanan yang harus ditempuh cukup melelahkan, namun kegiatan menarik yang dapat dilakukan sudah tentu akan menghilangkan penat Anda.

1. Menikmati Pemandangan

Mengunjungi pantai ini, Anda dapat sepuasnya menikmati pemandangan dengan berjalan-jalan di sekitar pantai. Dengan keindahan yang ditawarkan pantai ini, rasa lelah dan penat Anda pasti akan terbayarkan. Ada beberapa spot terbaik untuk menikmati pemandangan ini, salah satunya adalah dengan menaiki bebatuan karang sehingga Anda dapat lebih dekat dengan laut.

2. Snorkeling atau Diving

Pemandangan bawah laut di sekitar Pantai Wedi Ireng sangat indah sehingga sangat sayang untuk dilewatkan. Anda juga dapat menikmati pemandangan bawah laut ini dengan kegiatan snorkeling untuk perairan yang dangkal atau diving untuk perairan yang lebih dalam. Sudah tersedia spot-spot yang cantik yang dapat Anda selami.

Aktivitas Menarik Di Wedi Ireng
Image Credit: Google Maps Sasmudi Blora

3. Memancing

Jika Anda hobi memancing, maka Anda dapat membawa alat pancing jika mengunjungi pantai ini. Perairannya sangat cocok untuk kegiatan yang satu ini. Untuk mendapatkan spot terbaik memancing, Anda dapat ikut perahu nelayan. Hasil tangkapan juga akan beragam baik jenis maupun ukurannya. Setelah sampai di bibir pantai, Anda dapat langsung membakar dan menikmati hasil tangkapan Anda.

4. Berkemah

Anda juga dapat mendirikan tenda untuk merasakan menginap di alam bebas jika berkunjung ke pantai ini. Dengan pasir yang landai sehingga kegiatan berkemah akan lebih mudah untuk dilakukan. Dengan berkemah, Anda juga dapat melihat keindahan pantai ini pada malam hari. Berkemah juga akan memberikan kesan untuk liburan Anda.

Baca Juga  Leuwi Tonjong, Surga Alam Tersembunyi Nan Eksotis Bak Phuket di Garut

Penginapan Murah Dekat Pantai

Penginapan Dekat Pantai Wedi Ireng
Image Credit: Google Maps Abdullah Hadiansyah

1. Griya Kos Gucci Syariah

Penginapan ini menyediakan kamar yang bersih dan nyaman. Harga per malamnya juga relatif murah, hanya Rp 160.000 saja per malamnya. Fasilitas yang ditawarkan juga memadai seperti resepsionis 24 jam, layanan antar jemput bandara, layanan kamar dan WiFi gratis.

2. Kendi Villas and Spa

Penginapan ini menawarkan teras pribadi di setiap kamar. Dengan fasilitas yang lengkap, biaya sewa per malam hanya Rp 360.000 per malam. Pengunjung juga akan mendapatkan fasilitas lainnya berupa kolam renang outdoor dan WiFi gratis di seluruh area penginapan.

3. New Surya Hotel

Penginapan ini juga cukup dekat dengan lokasi pantai. Dengan harga yang terjangkau, fasilitas yang ditawarkan juga sudah memadai. Di setiap kamar, pengunjung akan mendapatkan fasilitas berupa AC dan WiFi gratis. Sudah ada juga lahan parkir yang cukup luas untuk kendaraan pribadi pengunjung. Resepsionis juga akan melayani selama 24 jam.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Pantai Wedi Ireng
Image Credit: Google Maps nabilla firdaus

Fasilitas di Pantai Wedi Ireng sudah cukup memadai meskipun tidak seramai pantai di sekitarnya. Beberapa fasilitas umum yang dapat digunakan sudah tentu menambah kenyamanan dari pengunjung yang datang. Lahan parkir yang luas dapat digunakan untuk kendaraan pribadi Anda sebelum melanjutkan perjalanan menyebrang pantai.

Pantai hits ini juga sudah menyediakan tempat penyewaan alat snorkeling atau diving. Dengan begitu, pengunjung sudah tidak perlu repot-repot membawa perlengkapan untuk melihat keindahan bawah lautnya. Harga sewa yang ditawarkan juga tidak mahal jika dibandingkan dengan pengalaman menyelam yang sangat menyenangkan.

Setelah bermain air, pengunjung dapat menggunakan kamar mandi yang tersedia untuk membersihkan diri. Kamar mandi ini tidak hanya tersedia satu saja sehingga pengunjung tidak perlu mengantri panjang untuk bilas dan berganti pakaian. Jika lelah, pengunjung dapat beristirahat sambil menikmati pemandangan. Di kawasan pantai ini juga sudah tersedia gazebo untuk melepas penat.

Pantai Wedi Ireng di Banyuwangi menjadi tempat yang sangat cocok untuk menenangkan diri dan melepaskan lelah. Tidak hanya menawarkan keindahannya yang alami, pantai ini juga sangat bersih dan asri memanjakan mata dan menyegarkan pikiran. Tidak kalah dengan pantai-pantai di sekitarnya yang lebih populer, pantai ini juga layak untuk dikunjungi.