Pemahaman Kalangan Sosial Menurut Para Mahir Sosiologi

Pengertian Kelompok Sosial Menurut Para Ahli Sosiologi Pengertian Kelompok Sosial Menurut Para Ahli Sosiologi

Pengertian Kelompok Sosial Menurut Para Ahli Sosiologi Pengertian Kelompok Sosial Menurut Para Ahli Sosiologi

Sosiologi Info – Apa saja pandangan menurut para andal sosiologi ihwal pemahaman kelompok sosial, mau tahu jawabannya ?

Nah simak ulasan dan klarifikasi berikut ini ya biar lebih memahami pembahasan topik golongan sosial yang ada di penduduk . 

Sekilas Memahami Kelompok Sosial 

Topik pembahasan perihal kelompok sosial memang menjadi menarik dalam sosiologi. Apalagi setiap manusia, individu tidak akan bisa lepas dari social grup tersebut. 

Manusia sebagai makhluk sosial memang sudah ditakdirkan lahir di dunia untuk saling berinteraksi dan menjalin korelasi antar sesamanya. 

Proses sosial inilah, melalui interaksi, seseorang akan terus bertindak, bertingkah sesuai dengan tujuan, nilai, dan norma yang telah disepakati. 

Dalam proses sosial ini, berbagai kelompok masyarakat bermunculan. Ada banyak bahkan sekarang membuat kelompok sosial tersebut.

Dengan aneka macam tujuan, faedah, dan motivasi dari terbentuk atau pembentukan kelompok sosial di penduduk . 

Mulai dari kelompok bela diri, perhimpunan antara suku/etnis, perkumpulan para petani, atau pengusaha di banyak sekali bidang. 

Ada banyak kau temui kalangan sosial yang terbentuk lewat proses yang ada di masyarakat. Nah lalu apa sih pengertian dari kalangan sosial itu ?

Pengertian Kelompok Sosial

Memahami definisi dari kelompok sosial memang ada banyak. Nah mari kita ketahui. Kelompok atau grup ialah kumpulan individu yang berinteraksi dengan satu sama lain.

Dimana kebanyakan kelompok itu melakukan suatu pekerjaan, untuk memajukan relasi antara individu, maupun antara golongan.

Dalam pengertian Sosiologi, kelompok yakni suatu kumpulan dari orang orang yang mempunyai relasi, berinteraksi, mampu menumbuhnya rasa mempunyai secara bareng . 

Menurut Huky menjelaskan bahwa kalangan sosial ialah sebuah unit yang terdiri dari dua orang atau lebih, yang saling berinteraksi atau saling berkomunikasi.

Baca Juga  PERMEN LHK NOMOR 27 TAHUN 2021 TENTANG INDEKS KUALITAS LINGKUNGAN HIDUP PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Kemudian, bagaimana dengan kalangan sosial. Memiliki pengertian bahwa kalangan sosial yakni kumpulan orang yang memiliki kesadaran.

Bersama akan keanggotaan dan saling berinteraksi di dalamnya. Nah kalangan sosial ini diciptakan oleh anggota masyarakat yang mempunyai tujuan dan kepentingan sama.

Saat ini di Indonesia sendiri banyak bermunculan kalangan sosial. Ada yang bergerak dalam bidang pendidikan, bisnis, komunitas sosial, komunitas politik, dan banyak ada golongan sosial.

Mulai dari penggeraknya anak muda, sampai orang bau tanah yang juga masih punya spirit dalam memperlihatkan ide, sumbangan dalam pembangunan. 

Kelompok sosial di masyarakat memang begitu mempunyai imbas dalam hal juga memberikan atau menyalurkan pelaksanaan nilai dan norma. 

Terlebih, ada banyak warga yang tergabung dalam aneka macam golongan membuat keberadaannya menjadi kian penting.

Begitu juga mampu menjaga adanya integrasi sosial antara sesama masyarakat di dalam lingkungan sosialnya. 

Lalu bagaimana para mahir sosiologi memberikan pengertiannya perihal kalangan sosial atau social grup ? Simak dibawah ini ya.

Menurut Para Ahli Sosiologi 

Ada beberapa pemahaman tokoh atau para pemikir yang menawarkan pengertian berlainan beda tentang kalangan sosial, yaiut :

1. Soerjono Soekanto

Ia menjelaskan bahwa golongan sosial yaitu himpunan atau kesatuan manusia yang hidup secara bersama.

Karena adanya korelasi diantara manusia tersebut. Hubungan menyangkut antara lain dengan relasi timbal balik. 

Dimana keduanya saling mensugesti, dan memperlihatkan juga kesadaran untuk mereka saling tolong membantu. 

2. Paul B Horton dan Chester L Hunt

Dia menyebutkan bahwa kelompok sosial yang diartikan selaku kumpulan manusia yang mempunyai kesadaran akan keanggotannya dan saling melaksanakan interaksi atau berinteraksi.

3. Robert K Merton 

Menurutnya memperlihatkan persepsi kalangan sosial ialah sekelompok orang yang saling berinteraksi sesuai dengan teladan acuan yang telah mapan.

Baca Juga  Pengertian Pengangguran Struktural, Voluntary Atau Sukarela, Contohnya

4. George Homans 

Ia mengatakan kalangan sosial yakni kumpulan individu yang melakukan kegiatan, interaksi, dan.

Memiliki perasaan untuk membentuk suatu keseluruhan yang terorganisasi dan berafiliasi timbal balik juga. 

5. Bierens de Haan

Menurutnya kalangan sosial bukan ialah jumlah anggotanya saja. Melainkan ada sebuah realita yang ditentukan oleh tiba dan perginya anggota tersebut.

Nah dimana realita kalangan ini ditentukan oleh adanya nilai nilai yang dihadapi bersama sesuai fungsi kelompok yang sebagaimana disadari setiap anggotanya. 

Nah itulah sekilas klarifikasi dan ulasan perihal Pengertian Kelompok Sosial Menurut Para Ahli Sosiologi.

Sumber Referensi :

Buku Pembelajaran Sosiologi untuk kelas XI SMA dan MA pada Kelompok Peminatan Ilmu Ilmu Sosial oleh Dwi Mulyono

http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PSIKOLOGI

http://digilib.uinsby.ac.id

http://repositori.kemdikbud.go.id