Pentingnya Pemanfaatan Cyber Extension Untuk Petani Setempat Mengelola Lahan Gambut

Pentingnya Pemanfaatan Cyber Extension Untuk Petani Lokal Mengelola Lahan Gambut Pentingnya Pemanfaatan Cyber Extension Untuk Petani Lokal Mengelola Lahan Gambut

Pentingnya Pemanfaatan Cyber Extension Untuk Petani Lokal Mengelola Lahan Gambut Pentingnya Pemanfaatan Cyber Extension Untuk Petani Lokal Mengelola Lahan Gambut

Sosiologi Info – Pemanfaatan platform digital sangat diharapkan utamanya bagi peningkatan wawasan serta pengetahuan petani lokal yang mengurus lahan gambut sebagai sumber penghidupan. 

Cyber Extension menjadi salah satu platform yang mampu dimanfaatkan saling bertukar berita pertanian yang cukup efektif.

Dimana tersaji materi-bahan penyuluhan untuk mengembangkan kompetensi serta keterampilan petani. 

Namun, tidak semua petani mengetahui dan memanfaatkan Cyber Extension disebabkan oleh kurangnya informasi dan pengetahuan mengoperasikannya. 

Mencermati problem tersebut, Tim Pengabdian Kepada Masayarakat dari Jurusan Sosiologi FISIP Universitas Riau tahun 2021 yang diketuai oleh Dr. Dra. Rd. Siti Sofro Sidiq dan beranggotakan 2 (dua) dosen Teguh Widodo, S.Sos.,M.Si dan Rina Susanti, S.Sos.,M.Si 

Serta melibatkan mahasiswa dari Program Magister Sosiologi yaitu Seger Sugiyanto, melaksanakan acara sosialisasi pengenalan Cyber Extension bagi petani di Desa Rimbo Panjang Kabupaten Kampar.

Pentingnya Pemanfaatan Cyber Extension Untuk Petani Lokal Mengelola Lahan Gambut Pentingnya Pemanfaatan Cyber Extension Untuk Petani Lokal Mengelola Lahan Gambut

Kegiatan dedikasi menyasar petani lahan gambut supaya mengenal serta mulai memanfaatkan Cyber Extension untuk mengaskes aneka macam bahan biar mengembangkan produktivitas.

Serta kompetensi mempergunakan lahan gambut mendukung pertanian berkesinambungan. Tim tidak cuma mengenalkan Cyber Extension namun juga mengajarkan bagaimana mengakses serta mengoperasikannya. 

“Petani lahan gambut perlu disokong untuk mengembangkan kompetensi dan wawasan mereka perihal mengorganisir serta mempergunakan secara berkelanjutan,” Ketua Pengabdian Dr. Rd. Siti Sofro Sidiq, M.Si.

Ia melanjutkan ini penting alasannya mengolah dan memanfaatkan gambut mampu dibilang lebih menantang dari pada jenis lahan lain sehingga petani perlu menerima banyak masukan berita. 

“Kami mengenalkan dan mengajarkan mempergunakan Cyber Extension bagi para petani di Rimbo Panjang walaupun belum digunakan sepenuhnya kami berharap kedepan mulai dimanfaatkan untuk mengakses berita pertanian,” sebutnya.  

Dalam suasana Covid-19, Tim Pengabdian berusaha melaksanakan aktivitas dengan maksimal. Kegiatan dedikasi.

Baca Juga  CARA PELAPORAN IMPLEMENTASI PENDIDIKAN ANTI KORUPSI DI SEKOLAH MELALUI APLIKASI JAGA.ID PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Dilakukan eksklusif dengan menemui petani di ruang terbuka dan sembari melihat acara mereka dalam bercocok tanam di lahan gambut. 

“Bagi aku ini manis hanya sayangnya mesti berguru memakai tidak bisa cepat kita praktek membuka aplikasi itu. Semoga nantinya aku dan penduduk disini bisa mempergunakan supaya memperbesar pengetahuan lah untuk bertani,” ungkap salah satu Petani di lokasi dedikasi.

Tim Pengabdian bersyukur atas partisipasi petani di Rimbo Panjang selaku sasaran utama kegiatan ini. 

Harapan berikutnya bahwa mereka mampu sepenuhnya memanfaatkan Cyber Extension untuk memperbesar pengetahuan serta meningkatkan kompetensi tanpa terkendala sebuah hal apapun. 

Wawasan dan kompetensi petani yang meningkat diyakini mampu menawarkan kotribusi pada produktivitas hasil pertanian sehingga kesusahan-kesulitan memanfaatkan maupun mengelola lahan gambut dapat diminimalkan.