News  

Penulis Cerita Beberkan Asal Usul Upin-Ipin, Fakta Kuburan Viral Akhirnya Terungkap

Penulis Cerita Beberkan Asal Usul Upin-Ipin, Fakta Kuburan Viral Akhirnya Terungkap

Penulis Cerita Beberkan Asal Usul Upin Ipin Fakta Kuburan Viral Akhirnya

Sebuah video TikTok mendadak viral usai memperlihatkan dua makam bertuliskan Upin dan Ipin di pusaranya. Seperti yang diketahui, animasi Upin dan Ipin sangat terkenal dan banyak ditonton oleh masyarakat Indonesia. Kemunculan dua makam tersebut tentu saja membuat orang heboh dan bertanya-tanya apakah Upin dan Ipin adalah sosok nyata yang telah meninggal?

Berbagai teori tentang karakter Upin Ipin bermunculan di media sosial. Salah satunya yang diunggah oleh akun Instagram @wowunix, Senin (17/1), salah satu postingan video tentang makam tersebut menyebutkan bahwa kedua anak bernama Upin dan Ipin sebenarnya sudah meninggal akibat tragedi kecelakaan.

Berkembanganya teori yang tak berdasar itu lantas membuat masyarakat bingung dan meminta klarifikasi dari pihak Les’ Copaque, selaku rumah produksi pembuatan animasi Upin dan Ipin, tentang isu makam Upin Ipin yang sedang viral.

Melansir dari Twitter Resmi Les’ Copaque, Senin (17/1), secara detail pihak mereka menjelaskan asal-usul Upin dan Ipin. Mereka menegaskan bahwa cerita Upin dan Ipin adalah rekaan semata dan ditulis sepenuhnya oleh Les’ Copaque Production. Rumah Produksi asal Malaysia itu juga membantah bahwa Upin dan Ipin terinspirasi dari kisah dua anak manusia yang telah meninggal.

“Semua cerita Upin & Ipin adalah rekaan semata-mata dan ditulis sepenuhnya oleh Les’ Copaque Production. Ianya tidak diambil atau diinpirasi dari kisah sesiapa yang masih hidup mahupun yang telah tiada,” tulis Les’ Copaque di Twitter @lescopaque.

Ide awal cerita Upin dan Ipin bermula dari Hajjah Ainon, yang tak lain pengisi suara dari Opah. Cerita itu dibuat bukan semata untuk hiburan, tapi juga sarat akan makna hidup yang bermanfaat.

Selain itu Burhanuddin Md Radzi selaku founder dari Les’ Copaque dan pengisi suara Tok Dalang, juga turut serta menciptakan kartun keluarga tersebut hingga sebesar sekarang.

Baca Juga  Digunjing Terkenal Lewat Jalur Musibah, Fuji Langsung Bereaksi

Lebih lanjut, pihak Les’ Copaque menjelaskan mengapa tokoh Upin dan Ipin dikisahkan tak memiliki orang tua, hal itu dikarenakan Upin dan Ipin Musim 1 awalnya hanya proyek sampingan saja.

“Kenapa Upin dan Ipin tiada ibu dan ayah? Ketika Upin & Ipin Musim 1 disiarkan di TV9, ianya merupakan projek sampingan saja. Oleh kerana kesuntukan masa dan kekurangan tenaga kerja, tiada watak baru dihasilkan dan LCP memilih untuk menjadikan Upin dan Ipin anak yatim piatu,” jelas mereka.

Dua tokoh ini juga digambarkan sebagai anak berkepala botak yang memakai baju berwarna kuning dan biru. Upin dan Ipin sengaja dibuat botak lantaran biaya produksi akan lebih mahal dan proses pengerjaan akan lama jika diberikan rambut.

“Begitu juga ketika Upin & Ipin Musim 1 dihasilkan, pihak LCP terpaksa memendekkan kos dan mempercepatkan proses pembuatan. Nak buat rambut (hair simulation) ketika itu terlalu memakan masa. Maka, Upin dan Ipin direka botak tetapi Upin ada sehelai rambut, ” lanjutnya.