Pesona Pantai Matras, Surga Bahari Tersembunyi Nan Eksotis di Bangka

Pantai Matras Bangka

Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Pantai Matras, Sinar Baru, Kec. Sungai Liat, Kab. Bangka, Kepulauan Bangka Belitung; Map: Cek Lokasi

Membahas tentang pesona alam yang ada di Kepulauan Bangka Belitung memang tidak ada habisnya. Dari sektor pariwisata berupa pantai misalnya, ada Pantai Matras dengan pesona alamnya yang eksotis. Pantai ini termasuk yang paling tua di pulau yang juga dikenal dengan Babel tersebut. Tidak heran jika banyak wisatawan asing maupun domestik yang selalu datang berkunjung setiap hari, bahkan ketika hari aktif sekalipun.

Aktivitas liburan bukan hanya untuk mengisi waktu saja, melainkan juga untuk menyegarkan pikiran dari kesibukan sehari-hari. Pilihan paling tepat untuk menghilangkan kejenuhan tersebut adalah dengan menikmati panorama alam, khususnya pantai. Apalagi jika pantai yang dikunjungi menawarkan panorama alam menakjubkan, seperti yang akan kita bahas bersama kali ini.

Seketika anda menginjakkan kaki di Pantai Matras, pesona alam yang disajikan sangat terasa. Lambaian daun pohon kelapa yang menjulang tinggi sangat jelas menghiasi objek wisata ini. Di belakang pohon tersebut, tampak indah deretan pohon rindang yang selalu sejuk dipandang mata. Tentu bukan hanya alasan tersebut yang menjadikan banyak wisatawan berdatangan, melainkan dari daya tariknya.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Matras

Daya Tarik Pantai Matras
Image Credit: Google Maps Apeade _e

Pasti anda bertanya-tanya, apa sebenarnya daya tarik pantai yang juga menjadi salah satu kebanggaan warga Bangka ini. Pasalnya, hampir setiap objek wisata berupa pantai menyajikan pemandangan alam yang sama. Memang sedikit ada benarnya, namun bentangan dan kontur dari garis pantai tentunya berbeda. Selengkapnya, silahkan simak daya tarik Pantai Matras berikut ini!

1. Pesona Cantik Air Jernih Pantai Matras

Dari kejauhan setelah anda datang ke lokasi, tampak dengan jelas air jernih dari pantai cantik ini. Kejernihan air tersebut berwarna kebiruan, hampir mirip dengan warna birunya langit. Bahkan mungkin anda berpikir bahwa warna tersebut berasal dari pantulan langit. Tentu saja tidak, karena memang pada dasarnya, air di pantai tersebut memang berwarna jernih kebiruan.

Inilah yang menjadi salah satu daya tarik yang paling memikat bagi wisatawan. Seperti yang diketahui, tidak semua pantai memiliki warna air biru jernih. Apalagi jika pantai tersebut berada di perkotaan, yang mana sudah tercemar limbah pabrik atau habitat air laut telah rusak. Bahkan dari kejernihan air tersebut, tampak jelas batuan kecil bercampur pasir yang terendam.

2. Bentangan Luas Pasir Putih

Daya tarik berikutnya yakni dari luas pantai dengan pasir putih bertekstur halus yang indah. Pantai Matras membentang sejauh 3 kilometer dengan lebar sekitar 20 hingga 30 meter. Bagi yang sering mengunjungi objek wisata berupa pantai, luas tersebut pastinya menjadi pemandangan yang tidak didapat dari pantai lain.

Ada dua bagian dari garis pantai panjang tersebut, yakni bagian utara dan selatan. Di bagian utara, bentangan pasir pantai seolah tidak berujung. Cukup beralasan kenapa demikian, karena jarak 3 kilometer bukanlah jarak yang pendek. Sedangkan di bagian timur, tampak jelas batu granit berbagai ukuran yang turut menambah eksotisme pantai.

3. Susunan Batu Granit Ditepi Pantai

Batuan granit di sepanjang Pantai Matras cukup banyak sehingga anda bisa dengan jelas melihatnya. Ada sebuah titik dimana batu tersebut tersusun rapi, mulai dari yang terbesar di bagian bawah, hingga yang terkecil di bagian atas. Wisatawan yang datang berkunjung tidak ingin melewatkan kesempatan cantik ini dengan membuatnya sebagai latar belakang foto.

Sebagaimana diketahui, batuan granit memang menjadi ciri khas objek wisata pantai yang ada di Kepulauan Bangka Belitung. Berbeda di tempat lain yang justru dihuni oleh koloni batuan karang. Batu granit mempunyai permukaan halus dan tidak tajam sehingga aman dibuat pijakan meskipun tanpa alas kaki.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Matras
Image Credit: Google Maps Agus Makmun Asyari

Pastikan anda menuju ke Jl. Pantai Matras, Sinar Baru, Kecamatan Sungai Liat, Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung jika ingin mengunjungi objek wisata ini. Usahakan membawa kendaraan pribadi, baik motor atau mobil. Hal ini dikarenakan masih jarang ditemui transportasi umum, meskipun sebenarnya ada yang bisa mengantarkan anda menuju ke pantai tersebut.

Jarak yang harus anda tempuh setidaknya 40 kilometer dari Bangka Belitung, yakni Pangkalpinang. Perkiraan waktu tempuh dengan jarak tersebut antara 1 jam hingga 1.5 jam, tergantung dari kecepatan kendaraan. Sedangkan ketika anda berada di titik kota Sungailiat, jaraknya sekitar 7 kilometer. Jika anda datang dari jauh dan tidak memungkinkan membawa kendaraan pribadi, ada rental penyewaan mobil dengan harga cukup terjangkau.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Pantai Matras
Image Credit: Google Maps Ramadhani Prastyantoro

Hampir setiap objek wisatawan memberlakukan tarif sebagai tiket masuk, demikian juga dengan Pantai Matras. Dibandingkan dengan pantai lain yang juga masih terdapat di Kepulauan Bangka Belitung, biaya yang harus anda keluarkan relatif lebih murah. Dengan harga tiket masuk sebesar 5.000 rupiah, anda bisa menikmati panorama alam indah sepuasnya.

Hampir tidak ada biaya lain yang wajib dikeluarkan kecuali untuk parkir kendaraan. Itu juga kalau anda datang menggunakan kendaraan pribadi. Untuk kendaraan roda dua atau motor, tarif parkir dibebankan sebesar 2.000 rupiah. Tentunya berbeda dengan tarif roda empat atau mobil yang dikenakan biaya parkir 5.000 rupiah selama anda berada di lokasi wisata.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Matras

Aktivitas Di Pantai Matras
Image Credit: Google Maps Stefanus Dedy

Bukan hanya daya tarik saja yang menjadikannya selalu padat pengunjung. Berbagai aktivitas yang bisa dilakukan juga menjadi alasan kuat. Berikut merupakan beberapa aktivitas yang paling cocok jika anda menghabiskan waktu liburan ke Pantai Matras!

1. Berenang Sambil Bermain Air

Tentunya aktivitas yang berhubungan dengan air menjadi yang paling utama ketika anda berkunjung ke pantai. Arus air laut yang tenang menjadi alasan tersendiri bagi wisatawan yang berenang. Apalagi jika ombak di pantai cantik ini tergolong tidak terlalu besar. Meski demikian, setiap pengunjung diharapkan selalu berhati-hati ketika melakukan aktivitas ini. Tidak sedikit kasus yang memakan korban ketika memutuskan untuk berenang.

Apabila anda khawatir, ada baiknya melakukan aktivitas ringan seperti bermain air ditepi pantai. Meski sederhana, aktivitas ini cukup seru dan banyak wisatawan yang juga melakukannya. Supaya lebih terkesan ramai, bermain air bersama keluarga pastinya menyenangkan.

2. Serunya Bermain Pasir Pantai

Tidak hanya berenang atau bermain air, halusnya pasir Pantai Matras juga cukup seru untuk dimainkan. Anda bisa mengajak anak-anak untuk membangun sebuah objek yang terbuat dari pasir. Tentunya untuk membangun sebuah objek, anda harus mengambil pasir di pinggiran pantai yang terkena air laut. Bahkan ada beberapa pengunjung yang membuat terowongan pasir dan merendamkan diri ke dalamnya. Jika tertarik, anda juga bisa meniru aktivitas seru tersebut.

3. Olahraga Ringan Ditepi Pantai

Meskipun berupa pantai, bukan berarti tidak dapat dijadikan tempat olahraga. Anda bisa berjalan santai menyusuri bibir pantai dengan panjang 3 kilometer, tentu bukan jarak yang dekat. Aktivitas tersebut cukup menyehatkan apalagi suasana pantai dengan kesejukan udara yang masih murni, jauh dari polusi. Sesekali anda bisa menikmati panorama indah yang disajikan.

Aktivitas Menarik Di Pantai Matras
Image Credit: Google Maps Krysna K. Manggala

4. Sensasi Camping di Pinggiran Pantai Matras

Ada yang menarik dari kawasan pantai yang tidak anda dapatkan dari lokasi lainnya. Kawasan ini juga menyediakan camping ground yang tidak jauh dari bibir pantai. Pengunjung yang tertarik bisa menyewa tenda dari pihak pengelola dengan harga yang sudah ditentukan, masih tergolong murah.

Kali ini bukan hembusan angin pegunungan yang anda rasakan, namun sepoi-sepoi angin laut yang terkadang sejuk, meskipun kebanyakan membuat kulit kering. Aktivitas ini tentunya kurang seru jika dilakukan sendirian. Maka dari itu, sebaiknya membawa rombongan ketika berwisata ke pantai mempesona ini.

5. Menikmati Kelezatan Makanan Khas Bangka Belitung

Jangan lupa untuk menikmati makanan khas Bangka Belitung dengan citarasa nikmat. Tersedia beberapa warung makanan yang ada di lokasi dengan harga terjangkau. Apabila anda ingin yang lebih istimewa, ada juga restoran yang menyediakan berbagai sea food dan juga jenis makanan lainnya. Bagi yang tidak ingin pulang dengan tangan kosong, pastikan anda membeli oleh-oleh di pusat jajanan yang juga tidak jauh dari pantai.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Pantai Matras
Image Credit: Google Maps ALFAN AGA

Liburan ke Pantai Matras semakin nyaman dengan berbagai fasilitas yang disediakan pihak pengelola. Ada beberapa fasilitas penting yang harus ada di setiap lokasi wisata, semuanya juga tersedia di pantai indah ini. Toilet yang bersih dan selalu mengalir airnya, kamar bilas tertutup untuk menjaga privasi, dan Mushola sebagai tempat ibadah.

Selain ketiga fasilitas tersebut, tersedianya lahan parkir juga menjadi hak bagi setiap wisatawan. Warung dan restoran yang telah disebutkan diatas juga menjadi fasilitas yang bisa anda manfaatkan. Untuk penginapan juga ada, mulai dengan harga yang paling murah hingga termahal. Gazebo yang ada di beberapa titik ditepi pantai juga bisa dimanfaatkan sebagai tempat istirahat sebelum anda melakukan aktivitas menarik lainnya.

Itulah beberapa hal menarik yang wajib anda ketahui, sekaligus meyakinkan anda sebelum berkunjung. Mulai daya tarik, fasilitas, harga tiket masuk, hingga aktivitas seru yang bisa dilakukan, semua sudah dibahas lengkap. Semoga informasi ini bermanfaat, terutama bagi anda yang masih meragukan keindahan dan eksotisme Pantai Matras.

Baca Juga  Link Nonton dan Sinopsis Film Knock Knock, yang Bercerita Tentang Kisah Seorang Arsitek