Puncak Sosok, Objek Wisata Alam dengan Panorama Sunset Memukau di Bantul Jogja

Puncak Sosok Bantul

Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 15.00-24.00 WIB, Alamat: Jambon, Desa Bawuran, Kec. Pleret, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.; Map: Cek Lokasi

Selain terkenal akan wisata alam berupa pegunungan dan pantai, Jogja juga memiliki kawasan perbukitan yang tidak kalah indah. Sebagai contoh adalah Puncak Sosok di Bantul yang akhir-akhir ini mulai terkenal. Spot foto yang unik dan menarik menjadi salah satu alasannya, dimana saat ini banyak yang menyebarkan panorama alam yang dimiliki bukit tersebut. Bahkan tepat wisata yang berada di Jambon, Bawuran, Pleret, Bantul tersebut tidak hanya ramai ketika hari libur saja, namun hari aktif juga dipenuhi pengunjung.

Wisata alam memang tidak pernah membosankan, pemandangan khas dan suasana asri menjadi alasan tersendiri. Bagi yang suka tantangan, berkunjung ke Puncak Sosok bisa menjadi alternatif utama. Apalagi jika jaraknya tidak terlalu jauh dari pusat kota, akses jalannya juga cukup baik dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat. Selama perjalanan, pemandangannya tidak pernah membosankan, apalagi ketika tiba di lokasi.

Kawasan ini menjadi favorit sebagian besar remaja yang exists di media sosial. Bagaimana tidak, kebanyakan dari mereka bertujuan untuk mengabadikan momen dengan spot unggulan yang ada di sana. Jaraknya sekitar 15 KM dari Malioboro yang bisa ditempuh selam 45 menit perjalanan. Bagi yang ingin menikmati udara segar disertai embun, silahkan datang di pagi hari. Apabila anda ingin menikmati keindahan Puncak Sosok di malam hari juga bisa, karena banyak lampu dan dekorasi unik yang siap menemani malam anda.

Daya Tarik Puncak Sosok

Daya Tarik Puncak Sosok Bantul
Image Credit: Google Maps Sastro Gowes

Setiap objek wisata pastinya mempunyai daya tarik yang memikat wisatawan, begitu pula dengan kali ini. Daya tarik Puncak Sosok tidak jauh berbeda dengan tempat wisata lain yang menyajikan panorama alam. Tentu saja ada sedikit perbedaan yang membuat banyak pengunjung datang setiap hari.

1. Wisata Hemat

Bagi remaja, berwisata tanpa haru mengeluarkan banyak biaya bisa jadi tujuan utama. Pada umumnya, objek wisata alam memang tidak menguras kantong, demikian pula ketika anda berkunjung ke Puncak Sosok. Bukan hanya dari tiket masuk, namun fasilitas seperti warung atau tempat makan di sana juga cukup murah dengan harga terjangkau. Murah berarti bukan murahan, pastinya anda bisa menikmati makanan khas Jawa Tengah, terutama Jogjakarta dengan citarasa nikmat.

2. Panorama Alam

Pastinya daya tarik dari objek wisata alam yakni panorama yang indah. Sama halnya dengan yang ada di Bantul ini, anda bisa menyaksikan keindahan alam khas perbukitan di terang hari, juga menyaksikan keindahan dekorasi yang diterangi lampu di malam hari. Hijaunya perbukitan tampak jelas terlihat dari jauh yang sayang untuk dilewatkan.

3. Suasana Asri dan Udara Segar

Bukit dipenuhi dengan pepohonan hijau yang menjadikannya asri, sekaligus memberi udara segar. Bagi anda yang hidup di perkotaan, suasana seperti ini pastinya langka. Inilah yang menjadi daya arik tersendiri, dimana setiap pengunjung berhak menikmati udara segar dan hijaunya pemandangan. Suasana dan keindahan yang disajikan sangat cocok dijadikan media refreshing setelah penat dengan aktivitas sehari-hari.

Alamat dan Rute Lokasi

Alamat Puncak Sosok Bantul
Image Credit: Google Maps zulistya adi

Tidak sulit menemukan lokasi Puncak Sosok, anda hanya perlu mengingat alamat lengkapnya di Jambon, Bawuran, Pleret, Bantul, DI Yogyakarta. Sedikit disinggung tadi bahwa lokasinya tidak jauh dari Malioboro. Artinya, akses jalan cukup baik dengan berbagai rute yang bisa ditempuh.

Silahkan ambil tujuan ke Jalan Imogiri Timur sebagai start awal ketika anda ingin ke lokasi tujuan. Dari tempat tersebut, silahkan lurus untuk melanjutkan perjalanan hingga bertemu perempatan. Ambil arah timur atau belok kiri, terus saja lurus sampai menemukan Jl. Pleret. Dari sini lokasinya sudah dekat, silahkan belok kiri dan lanjutkan perjalanan.

Sesampainya di jembatan Segoroyoso, silahkan lurus saja beberapa menit sampai anda menemukan pertigaan. Silahkan belok kiri yang mengarah ke Jl. Bawuran, di sinilah anda sampai di kawasan puncak hits ini. Silahkan parkir kendaraan dan langsung menuju lokasi wisata.

Harga Tiket Masuk

Tiket Puncak Sosok Bantul
Image Credit: Google Maps riski ade setiyo

Dengan segala daya tarik yang diberikan, ternyata anda tidak harus mengeluarkan biaya untuk tiket masuk. Pihak pengelola memberikan kelonggaran bagi anda dengan memberlakukan biaya sukarela. Untuk parkir, anda cukup membayar 5.000 rupiah untuk mobil, dan 2.000 rupiah untuk motor. Tidak heran jika setiap hari banyak wisatawan lokal atau dari luar daerah yang berkunjung.

Kawasan wisata ini buka setiap hari dengan jam operasional mulai pagi hingga malam. Silahkan anda pilih kapan waktu yang tepat untuk berkunjung diantara waktu tersebut. Bagi yang ingin pemidangan alam perbukitan hijau, silahkan datang di pagi atau sore hari. Apabila ingin suasana dinginnya malam, anda bisa datang mulai sore hari.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Puncak Sosok Bantul
Image Credit: Google Maps arif riyanto

Puncak Sosok diresmikan pada tahun 2018, sebelumnya hanya lokasi perbukitan di sekitar rumah warna. Dikarenakan banyak yang berkunjung untuk menikmati suasana alam, juga alasan tracking bersepeda yang bagus, warga setempat bergotong royong untuk membangun fasilitas di sekitarnya.

Banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan, suasana yang nyaman semakin mendukung setiap kegiatan anda di lokasi. Apalagi udara sejuk yang jauh dari bau polusi kendaraan serta pabrik. Setiap pengunjung memiliki aktivitas andalan masing-masing, apabila anda belum mendapat gambaran aktivitas menarik, berikut daftar yang bisa anda pilih!

1. Berburu Spot Foto

Pegiat media sosial pastinya diuntungkan dengan pemandangan indah yang ada di setiap lokasi. Alam khas bukit dan hijaunya pohon di sekitar menjadi background yang bagus untuk foto. Di beberapa titik, ada spot khusus yang dibangun warga untuk aktivitas ini. Salah satunya adalah jembatan kayu degan bentuk sederhana namun unik. Selain itu juga ada titik dimana mempunyai pemandangan tidak kalah indahnya dari bentangan wilayah di bawah.

Pemandangan tersebut bisa anda nikmati ketika siang atau sore hari. Ada juga latar belakang yang tidak bisa didapat di tempat lain, yakni berupa gunung pasir. Tentunya bukan gunung pasir sesungguhnya, melainkan lokasi TPA (Tempat Pembuangan Akhir) yang dari jauh terlihat seperti tumpukan pasir. Apabila anda hanya bisa berkunjung di sore hari, spot foto yang ada juga tidak kalah menarik, yakni rumah padat penduduk di Jogja dengan hiasan lampu dari kejauhan.

2. Menikmati Keindahan Matahari Terbenam

Siapa yang tidak ingin menikmati panorama alam berupa matahari tenggelam. Anda bisa menyaksikan keindahannya dari Puncak Sosok dengan rombongan. Untuk mendapatkan pemandangan sempurna, anda perlu mengambil titik yang tepat. Salah satunya adalah jembatan kayu yang memang dibangun dengan tujuan tersebut.

Banyak pengunjung yang juga ingin menikmatinya, jadi usahakan anda datang tidak terlalu sore agar tidak kehabisan tempat. Mentari yang perlahan mengundurkan diri dari pandangan dipastikan indah. Kehangatannya perlahan semakin membuat tubuh dingin seketika. Pancaran sinarnya seakan tidak kuasa untuk berpamitan dan diganti dengan cahaya rembulan. Keindahannya sekan diganti oleh gemerlap lampu yang ada di lokasi, serta bintang dengan kerlipan yang tampak kecil.

3. Nikmati Hiburan Musik

Puncak Sosok tidak pernah sepi pengunjung, juga tidak sepi dari suara keceriaan. Selain suara alam yang jauh dari lokasi dan bisa anda dapatkan selama perjalanan, ada juga pagelaran seni yang di hadirkan dari beberapa band musik lokal. Untuk bisa menikmati hiburan ini, pastikan anda datang di penghujung minggu, itu juga jika cuaca sedang cerah.

Menariknya, lokasi panggung sangat indah dengan latar belakang rumah warga. Sorotan lampu dari kejauhan tampak seperti lilin kecil. Anda bisa mengambil kesempatan ini untuk mengabadikan momen sambil bernyanyi menghibur diri. Jika beruntung, anda bisa request lagu favorit, atau juga menyumbang lagu jika perlu.

Aktivitas Seru Puncak Sosok Bantul
Image Credit: Google Maps Mr Chuck N

4. Berburu Kuliner

Tidak lengkap rasanya jika belum berburu kuliner ketika berkunjung ke Puncak Sosok Bantul. Apalagi banyak ditemukan masakan nikmat khas Jawa Tengah, khususnya Jogja. Mulai dari makanan ringan hingga berat, anda bisa dengan mudah menemukannya. Untuk minuman juga tersedia, kopi panas dan teh siap menghangatkan tubuh anda dari dinginnya malam.

Beberapa warung yang dibangun semi permanen dari bambu dan kayu dengan hiasan indah menjadikan betah berlama-lama. Uniknya, bangunan warung tersebut hanya digunakan untuk pesan dan mengambil pesanan. Untuk tempat duduk dan mejanya berada di luar ruangan sehingga menjadikan suasana semakin nyaman. Dengan demikian, anda tidak kehilangan pemandangan apapun ketika berada di lokasi wisata.

5. Aktivitas Downhill

Sebelum dijadikan tempat wisata, lokasi ini dulunya digunakan sebagai tracking untuk olahraga ekstrem. Aktivitas tersebut masih bisa dilakukan hingga saat ini, bahkan beberapa mempunyai tujuan utama untuk downhill, menaiki dan menuruni bukit dengan sepeda. Jalurnya cukup menantang, ada pula jalur aman yang bisa dilewati bagi mereka yang masih pemula.

Sangat menarik ketika anda bisa melakukan olahraga yang dapat memacu adrenalin sambil menikmati pemandangan di sekitarnya. Sesampai di Puncak Sosok, anda bisa bersantai sambil menikmati hidangan dari warung yang berada di lokasi. Jika tidak, silahkan duduk di sekitar warung sambil menikmati keindahan suasana yang juga menjadi pilihan alternatif.

6. Nonton Film Bersama

Selain adanya live musik dari band lokal, tempat wisata ini juga menyediakan fasilitas nonton film bersama. Lokasinya berada di depan warung, tepatnya di sebelah tempat duduk dari stand warung tersebut. Jangan khawatir kehabisan tempat duduk, lokasinya lapang dan anda bisa duduk di tanah sambil menggelar tikar.

Fasilitas ini bisa anda nikmati gratis, tanpa membayar biaya tambahan apapun. Namun alangkah lebih baiknya jika anda mengeluarkan sedikit uang untuk membeli hidangan yang dinikmati sambil nonton film. Adapun film yang diputar tergantung dari pihak pengelola, jadi anda tidak bisa request dalam hal ini.

Fasilitas yang Tersedia

Fasilitas Puncak Sosok Bantul
Image Credit: Google Maps anto gaplek

Pengelolaan yang baik oleh warga dan pemuda Karang Taruna membuat Puncak Sosok memiliki banyak fasilitas. Diantaranya adalah toilet, tempat sampah, mushola, dan pastinya lahan parkir yang luas dan aman.

Selain itu, ada juga fasilitas hiburan lain seperti yang telah disebutkan diatas. Semua fasilitas dapat dinikmati gratis, ada juga yang berbayar namun pastinya tidak begitu mahal.

Puncak Sosok Bantul menawarkan banyak kelebihan yang tidak didapat dari lokasi wisata lain. Bukan hanya keindahan alam, namun juga keunikan dari konsep lokasi wisata tersebut. Apalagi jika tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk berkunjung ke lokasi. Pastikan kondisi tubuh fit saat berkunjung ke lokasi, siapkan juga kamera dengan resolusi tinggi agar bisa mengabaikan momen liburan sebaik-baiknya.

Baca Juga  WhatsApp Hadirkan 5 Fitur Baru di Tahun 2022 , Apa Saja Cek disini