Situ Rawa Gede, Pesona Danau Indah dengan Beragam Wahana Permainan di Bogor

Situ Rawa Gede Bogor

Prohrd.org – Situ Rawa Gede, Bogor tidak hanya mempunyai wisata alam berupa air terjun, melainkan juga sebuah danau indah bernama Situ Rawa Gede. Lokasi wisata ini semakin populer dengan banyaknya fasilitas dan permainan yang disediakan pihak pengelola. Danau atau rawa yang berada di Kecamatan Sukamakmur ini merupakan hasil kerja sama antara pemuda dan warga setempat, serta pihak pemerintah yang memberikan dukungan penuh untuk dijadikan lokasi wisata.

Banyak pengunjung yang datang dari berbagai daerah untuk menikmati keindahan tempat wisata tersebut, terlebih ketika weekend tiba. Tentunya anda juga tidak mau ketinggalan dengan yang lain bukan? Untuk itu pastikan berkunjung ketika kebetulan berada di Kota Hujan. Anda juga bisa membuat jadwal khusus untuk mengunjungi tempat tersebut. Dipastikan tidak akan kecewa jika anda memang penikmat pemandangan alam sejati.

Sekilas sejarah yang diketahui, danau seluas 7,3 hektare tersebut berada di dekat pemukiman warga dan pabrik. Dulunya tidak pernah ada sedikitpun rencana untuk dijadikan tempat wisata. Bahkan sampah dan limbah pabrik selalu menumpuk dan menghiasi ‘pemandangan’ di lokasi tersebut. Atas inisiatif kelompok pemuda pecinta lingkungan, mereka mengusulkan untuk menjadikannya sebuah destinasi wisata yang saat ini anda kenal.

Baca Juga: Pemandian Air Panas Gunung Pancar, Kolam Pemandian yang Populer di Bogor 2022

Harga Tiket: Rp 20.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Sirnajaya, Kec. Sukamakmur, Kab. Bogor, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Daya Tarik Situ Rawa Gede

Daya Tarik Situ Rawa Gede
Image Credit: Instagram khairunnisa

Bukan hanya sebuah danau tentunya, tempat wisata yang diresmikan pada tahun 2019 ini mempunyai daya tarik sendiri yang membuatnya semakin banyak dikunjungi wisatawan. Tentu saja hal itu wajar untuk setiap tempat yang dijadikan sebuah relaksasi alam. Akan tetapi untuk sebuah danau, kira-kira apa saja daya tarik Situ Rawa Gede? Berikut ulasan yang berhasil kami rangkum!

1. Pemandangan Alam

Sebagai wisata alam tentunya memberikan pemandangan alam yang menakjubkan. Anda bisa menikmati tenangnya air danau yang hampir tidak bergerak sama sekali. Beberapa tumbuhan air juga menghiasi danau dengan berdiri tegak di tengah dan tepian. Dibalik danau, anda melihat sebuah lereng bukit dengan hamparan hijau tumbuhan yang menghiasi. Cocok untuk dijadikan relaksasi melepas penat setelah sibuk dengan pekerjaan sehari-hari. Suasananya hening dan tenang meskipun berada di dekat pemukiman penduduk dan pabrik.

Ada sebuah dek atau geladak dari kayu yang sangat panjang dan bisa dijadikan sarana untuk berjalan di tengah danau. Dek tersebut berawal dari tepi danau menuju ke tepi danau lainnya. Konstruksi dek cukup aman karena ada drum sebagai penyangganya agar tidak tenggelam. Selain itu, adanya fondasi dari kayu juga memberikan kekuatan sehingga tetap aman meskipun banyak orang yang berjalan di atasnya.

Baca Juga: Taman Nasional Alas Purwo, Objek Wisata Alam Hits yang Kaya Pesona Di Tahun 2022

2. Wahana dan Permainan

Danau yang dulunya kumuh bukan hanya dijadikan tempat wisata untuk menikmati pemandangan. Banyak permainan dan wahana seru di sana, seperti sepeda bebek, berlayar dengan perahu memutari danau, dan juga berenang. Anda dan keluarga bisa bercengkerama sambil menikmati keindahan alam dan juga bermain seru di lokasi wisata tersebut. Sebagai contoh sepeda air yang dapat diisi dua orang dalam satu kali penyewaan. Tentunya dan bersama anak-anak atau rombongan bisa bersantai sambil mengitari danau yang cukup luas.

Wahana naik perahu juga cukup menyita perhatian dan menjadi daya tarik dari Situ Rawa Gede. Dengan nakhoda andal dari warga setempat yang sudah terlatih, anda diajak mengelilingi rawa lebih cepat. Hal ini dikarenakan perahu menggunakan mesin, dimana kecepatannya tentu jauh dari sepeda bebek. Akan tetapi untuk kali ini anda bercampur dengan pengunjung lain dalam satu perahu.

Baca Juga: Wisata Bukit Durian Sagara, Tempat Rekreasi Populer di Sukabumi , Jawa Barat

3. Harga Murah

Banyak lokasi wisata yang juga menyediakan wahana tidak kalah seru, akan tetapi tidak seru jika dilihat harganya. Di sini, anda bisa mendapatkan harga cukup murah jika dibandingkan dengan tempat lain. Bukan karena diskon atau potongan harga, karena memang pada dasarnya harganya murah. Baik untuk tiket masuk dan juga permainan yang ada di dalamnya. Hal ini tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan, apalagi jika tujuan mereka hanya untuk refreshing sederhana.

Alamat dan Rute Lokasi

Alamat Situ Rawa Gede
Image Credit: Google Maps 99’99% 02N

Untuk dapat sampai ke lokasi Situ Rawa Gede memang tergolong cukup sulit karena tempatnya yang tersembunyi dibalik lereng bukit. Namun anda mencatat alamat lengkapnya di Sirnajaya, Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat yang bisa dijadikan pertanyaan kepada warga sekitar ketika kesulitan mendapatkannya. Rute yang harus dilalui juga tidak mudah, meskipun anda bisa langsung sampai ke lokasi dengan kendaraan.

Ketika anda datang dari arah Jakarta, silahkan lewat to Jagorawi kemudian keluar tol dan ambil jalur tol Citereup. Setelah keluar dari tol tersebut, anda lanjutkan perjalanan yang mengarah ke kecamatan Sukamakmur. Perhatikan adanya kantor Kecamatan, dari sana anda lanjutkan perjalanan hingga menemui jalan khas perbukitan hingga tiba di lokasi. Bagi yang dari arah Bogor lebih mudah, cukup ambil jalur yang melewati kawasan Sentul dan masuk ke daerah Citereup. Selanjutnya tinggal ambil jalan utama yang menuju kecamatan Sukamakmur.

Harga dan Tiket Masuk

Harga Situ Rawa Gede
Image Credit: Google Maps Heilamss

Setelah tiba di lokasi, anda bisa langsung menikmati pemandangan indah yang ada di Situ Rawa Gede. Akan tetapi tentunya tidak bisa menikmati wahana dan permainan seru yang ada di sana. Oleh karenanya, siapkan 20.000 rupiah untuk tiket masuk untuk menikmatinya. Selain itu juga ada biaya parkir sebesar 5.000 rupiah untuk kendaraan roda dua, dan 10.000 rupiah untuk roda empat atau mobil.

Jam operasionalnya dibuka setiap hari selama 24 jam, jadi anda bisa berlama-lama di lokasi wisata tersebut. Bahkan anda bisa camping dengan membayar tiket tambahan sebesar 10.000 rupiah. Cukup murah dibandingkan tempat lain yang menyediakan fasilitas sama. Untuk wahana dan permainan seperti naik perahu dan sepeda bebek, anda juga diwajibkan membayar lagi dengan biaya yang ditentukan.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Di Situ Rawa Gede
Image Credit: Google Maps Yuda Ble

Memang benar bahwa lokasi ini masih dalam pengembangan hingga saat ini. Akan tetapi anda bisa melakukan aktivitas menarik seperti halnya tempat wisata lain. Memang itulah tujuan anda datang ke lokasi bukan? Apalagi kalau bukan karena adanya aktivitas di Situ Rawa Gede tersebut.

1. Berenang

Apakah yang dimaksud berenang di telaga? Tentu aja tidak, untuk aktivitas terebut justru dilarang karena sangat membahayakan. Berenang yang dimaksud yaitu di kolam renang khusus bagi pengunjung yang ingin menikmati pemandangan sambil bersenang-senang atau olahraga. Kolam renang dibangun persis disebelah danau dengan batas seperti kolam renang pada umumnya. Sesekali air danau bisa masuk ke kolam karena batasan terebut tidak terlalu tinggi, bahkan ketinggiannya sama persis dengan permukaan air danau.

Selain bersantai atau berenang di kolam renang, anda juga bisa terapi kesehatan di kolam ikan. Kolam berisi ikan kecil yang khusus dijadikan bahan terapi. Cukup masukkan kaki di dalam kolam, biarkan ikan melakukan tugasnya dengan menggigit dan memakan sel kulit mati yang ada di kaki. Jangan khawatir, gigitannya tidak sakit, lebih sakit dari gigitan semut karena rasanya hanya geli. Kolam ikan yang ada di Situ Rawa Gede ini dibangun di sebelah kolam renang yang telah dijelaskan diatas.

2. Berlayar dan Memancing

Aktivitas menarik yang juga mendapatkan sensasi seperti pelaut adalah berlayar. Ada dua pilihan untuk melakukan aktivitas ini, yaitu naik sepeda bebek atau perahu yang sudah disiapkan. Tentu yang dimaksud buka berlayar sungguhan ya! Hanya saja karena menggunakan perahu dan menjelajah danau, hal itu bisa dikatakan sebagai layar kecil-kecilan.

Kalau yang satu ini bukan dalam arti kiasan, melainkan benar-benar aktivitas sesungguhnya. Memancing merupakan aktivitas yang membutuhkan kesabaran. Anda juga bisa melakukannya di danau luas di Bogor ini. Silahkan bawa peralatan pancing sendiri ya, karena anda tidak akan menemukan tempat persewaan di lokasi wisata. Hanya umpan yang tersedia karena biasa digunakan untuk memberi makan ikan yang ada di danau. Adapun jenis ikan yang hidup di sungai yakni ikan nila, mujair, dan ikan gabus.

Aktivitas Menarik Di Situ Rawa Gede
Image Credit: Google Maps Angga Afriansyah

3. Kemah atau Camping

Berkemah di hutan sudah biasa, di pegunungan juga sudah sering, bagaimana dengan camping di danau? Belum pernah bukan? Bagi yang penasaran bagaimana sensasi camping di alam terbuka berupa danau, anda bisa melakukannya di Situ Rawa Gede. Sama halnya dengan memancing, anda diwajibkan membawa peralatan sendiri untuk berkemah. Pasalnya, tempat wisata tersebut belum menyediakan fasilitas penyewaan tenda atau sejenisnya.

Biaya sebesar 10 ribu hanya digunakan sebagai pendaftaran, anggap saja untuk menyewa lahan dalam semalam. Suara khas hewan danau siap menjadi teman dalam satu malam, tentu anda tidak ingin melewatkannya. Apalagi dengan suara pepohonan ketika tertiup angin, cukup seram jika sendirian. Namun tentunya anda tidak ingin menikmati semua keindahan dan pesona yang diberikan untuk seorang diri bukan?

4. Berburu Spot Foto

Aktivitas liburan dipastikan belum lengkap jika tidak melakukan foto selfie atau swafoto. Banyak spot indah khas Situ Rawa Gede yang bisa dijadikan sudut pandang atau latar belakang. Sebagai contoh ketika berada di dek penyeberangan, anda bisa mengambil background berupa bukit tinggi yang ada di samping danau. Ada sebuah tempat khusus yang biasanya dijadikan tempat foot favorit para wisatawan. Tempatnya berada di tengah jembatan atau dek tersebut. Anda bisa mengambil sudut yang tepat sehingga dek tidak kelihatan, seolah sedang berdiri diatas air.

Lokasinya yang dekat dengan air terjun juga sering dimanfaatkan pengunjung untuk mengabadikan momen liburan. Hanya sedikit melakukan perjalanan, baik ketika akan memasuki lokasi utama atau ketika akan meninggalkannya. Sebagaimana air terjun, panorama alam yang disajikan pastinya sangat indah dengan dikelilingi pepohonan rindang nan hijau.

Fasilitas yang Disediakan

Fasilitas Situ Rawa Gede
Image Credit: Google Maps Anggabaya Mustofa

Jangan diremehkan fasilitas yang tersedia meskipun danau ini baru saja diresmikan dan masih dalam tahap pengembangan. Lokasi parkir, toilet, dan juga mushola bisa anda gunakan sesuai kebutuhan. Tentu saja area parkir dan toilet tidak gratis, artinya anda harus mengeluarkan uang dengan jumlah tertentu ketika akan menggunakannya.

Jangan khawatir jika selama di lokasi wisata perut anda lapar atau sekadar haus setelah capek bermain. Banyak warung makanan yang berjejer rapi dengan menu yang hampir sama. Perbedaannya mungkin dari rasa masing-masing makanan yang disediakan. Atau mungkin anda hanya ingin istirahat? Ada juga tempat yang bisa digunakan dalam hal ini berupa balai atau bangunan dari kayu yang memang dikhususkan untuk tempat beristirahat.

Sudah jelas dari penjelasan diatas bahwa Situ Rawa Gede merupakan objek wisata berupa danau. Oleh sebab itu, pastikan anda menjaga keselamatan diri dan anggota keluarga atau rombongan. Patuhi semua peraturan yang ada di lokasi, karena peraturan tersebut dibuat untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga  Pantai Rambak, Pantai Indah dengan Suguhan Sunset yang Memukau di Bangka