Taman Nasional Alas Purwo, Objek Wisata Alam Hits yang Kaya Pesona Di Tahun 2022

Taman Nasional Alas Purwo
Harga Tiket: Rp 15.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Brawijaya No.20, Kebalenan, Kec. Banyuwangi, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Prohrd.org – Taman Nasional Alas Purwo, Memiliki pemandangan hutan nan luas, serta beberapa jenis fauna yang hidup bebas. Membuat taman nasional Alas Purwo diminati oleh banyak kalangan. Terutama orang-orang yang memiliki jiwa petualang dan para pecinta alam. Sudah tentu sekali dalam seumur hidup perlu untuk mengunjungi tempat yang satu ini.

Berada di kawasan Banyuwangi, tempat ini sering jadi tempat shooting yang baik. Untuk pasangan yang akan melangsungkan pernikahan, atau untuk orang-orang yang ingin mencari sudut terbaik.

Baca Juga: Wisata Bukit Durian Sagara, Tempat Rekreasi Populer di Sukabumi , Jawa Barat

Daya Tarik yang Dimiliki Taman Nasional Alas Purwo

Daya Tarik Taman Nasional Alas Purwo
Image Credit: Google Maps Joris van Dongen

Sebagai daerah yang diakui oleh pemerintah dengan julukan kawasan hutan tertua di pulau Jawa, tentu membuat taman nasional Alas Purwo menyimpan begitu banyak keindahan. Taman ini juga terkenal akan kesan mistis dan penuh misteri, sehingga membuat pengunjung dapat semakin memacu adrenalin.

1. Kawasan Hutan yang Hijau

Karena memiliki vegetasi yang begitu bervariasi, membuat kawasan hutan ini menjadi begitu hijau. Tanaman di sekitar selalu dijaga pertumbuhannya baik oleh warga maupun pemerintah setempat.

Pengunjung tidak akan dibuat bosan oleh pemandangan dari hutan ini. Sebab pengunjung akan dibawa berkeliling menuju hutan yang masih asri serta hijau.

Jika pengunjung masuk makin ke dalam area hutan. Pengunjung akan menemukan banyak flora yang tidak tumbuh di tempat lain selain hutan ini.

Baca Juga: Curug Tilu Wisata Yang Sedang Populer di Bandung Jawa Barat

2. Fauna yang Beragam

Taman nasional Alas Purwo juga menyimpan kekayaan fauna yang beragam. Pengunjung akan menemukan berbagai hewan liar hidup di kawasan hutan.

Mulai dari hewan liar biasa hingga eksotis dapat pengunjung jumpai di hutan ini. Hewan seperti sapi liar khas pulau Jawa, burung Merak, bahkan harimau Jawa masih dapat pengunjung temui.

Baca Juga  Curug Layung, Pesona Air Terjun Eksotis di Tengah Hutan Pinus Bandung

Selain itu, pengunjung juga bisa melihat beberapa jenis fauna yang tidak ada di kawasan lain. Misalnya seperti monyet bertubuh jangkung, babi rusa, dan juga ular khas kawasan endemik.

Baca Juga: Sentul Paradise Park, Wisata Air Favorit dengan Panorama Curug Bidadari di Bogor

3. Pepohonan yang Rindang

Daerah Alas Purwo juga terkenal akan pepohonan yang dapat tumbuh hingga ratusan tahun. Pengunjung dapat melihat pohon yang tumbuh menjulang tinggi hingga beberapa puluh meter dari permukaan tanah.

Pepohonan di sekitar hutan memang selalu dijaga dengan baik oleh pihak berwenang. Hal ini dimaksudkan agar anak cucu kita tetap bisa menikmati keindahan hutan.

Sebab itu pula, air yang mengalir di sekitar hutan akan selalu jernih. Karena daerah sekitar memiliki fungsionalitas penyaringan air yang mampu menampung banyak air resapan tanah.

Baca Juga: Wot Batu Bandung, Destinasi Wisata Hits dengan Galeri Seni yang Menakjubkan

Daya Tarik Dimiliki Taman Nasional Alas Purwo
Image Credit: Google Maps momo denah

4. Sabana yang Indah

Diantara pepohonan yang tumbuh rapat di sekitar hutan. Ada hutan sabana yang jadi tempat tinggal beberapa satwa endemik.

Pengunjung akan dibawa kembali ke jaman dimana segalanya masih asri nan indah. Pengunjung tidak akan dibuat bosan oleh pemandangan hijau dari rerumputan yang tumbuh menjulang tinggi.

Selain itu, pengunjung juga dapat melihat hewan-hewan liar dari dekat. Asalkan pengunjung tidak mengganggu mereka, maka pengunjung bisa berinteraksi secara bebas dengan hewan-hewan tersebut.

Baca Juga: Bukit Jamur Ciwidey, Objek Wisata Alam Hits dengan Nuansa Romantis di Bandung

5. Pantai yang Ciamik

Selain pemandangan dari hutan dan pepohonan yang mengelilingi daerah hutan. Kawasan ini juga memiliki panorama lain berupa pantai.

Pengunjung yang datang akan disajikan pemandangan ciamik dari pantai. Juga pemandangan hutan yang berada tepat di belakang pantai.

Bagi pengunjung yang ingin bermain di daerah sekitar pantai. Diharapkan untuk membawa peralatan pribadi seperti pelampung, tenda, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Curug Cimahi, Wisata Air Terjun Tertinggi Nan Eksotis di Bandung

6. Senja yang Memukau

Selain dapat melihat pemandangan berupa hutan dan sabana yang indah. Pengunjung juga dapat melihat senja nan cantik di taman nasional Alas Purwo.

Sebab daerah sekitar sabana yang luas mampu menyajikan keindahan tersendiri. Terutama ketika senja telah menyapa kawasan ini.

Pengunjung akan dibuat takjub oleh pemandangan senja di daerah ini. Bagaimana tidak, pengunjung bisa melihat sang surya dari kejauhan yang telah berubah jadi merah kekuningan.

Baca Juga  Link Nonton Film Semi Korea Terbaru 2022 Gratis , Tanpa VPN

Baca Juga: 6 tempat wisata di bandung yang lebih menarik

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Taman Nasional
Image Credit: Google Maps Aida Lutfiati

Untuk bisa menikmati segala keindahan di taman nasional Alas Purwo, pengunjung harus melakukan perjalanan darat menuju Kabupaten Banyuwangi. Pengunjung yang datang dari luar pulau bisa datang menuju bandar udara setempat, dan pengunjung yang berasal dari daerah sekitar bisa menggunakan moda angkutan umum atau kereta api.

Jika pengunjung telah sampai ke Kabupaten Banyuwangi, selanjutnya pengunjung bisa menuju ke Kecamatan Purwoharjo atau Kecamatan Tegaldlimo. Dua tempat ini adalah daerah yang memasukkan Alas Purwo sebagai bagian dari daerah Administratif.

Setelah sampai pada Kecamatan yang dimaksud, pengunjung bisa memiliki dua opsi agar dapat pergi menuju Alas Purwo. Pertama pengunjung bisa ikut menaiki angkutan yang disediakan oleh para tour guide.

Baca Juga: Floating Market Lembang, Destinasi Wisata Unik dengan Konsep Menarik di Bandung

Kedua, pengunjung bisa mengikuti arahan maps dari gawai pribadi. Dan kemudian pengunjung akan dibawa menuju titik masuk hutan Alas Purwo.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Taman Nasional Alas Purnomo
Image Credit: Twitter Good News From Indonesia

Jika pengunjung ingin masuk ke dalam taman nasional Alas Purwo, maka biaya yang harus pengunjung bayar adalah sebesar Rp 15.000.00 saja. Harga ini bisa berubah sewaktu-waktu, dan untuk wisatawan mancanegara harganya bisa berbeda.

Untuk wisatawan dari luar negeri, pengelola mematok harga sekitar Rp 150.000.00 untuk biaya masuk. Hal ini dimaksudkan agar wisatawan lokal bisa menikmati keindahan dari Alas Purwo tanpa harus merogoh kocek dalam-dalam.

Biaya lain yang mesti pengunjung bayar adalah biaya akomodasi tour guide. Namun biaya ini terkesan opsional karena pengunjung bisa bebas menggunakan layanan tour guide atau tidak.

Selain itu, biaya opsional lain yang dapat dimasukkan oleh pengunjung adalah biaya perjalanan. Jika pengunjung datang dengan angkutan umum, tentu harga tiket perjalanan boleh dihitung sebagai biaya perjalanan.

Saat ini, area Alas Purwo tidak buka selama 24 jam. Itu diakibatkan oleh keadaan yang memang mengharuskan pengelola untuk membatasi akses menuju hutan.

Namun, pengunjung tidak perlu merasa khawatir. Sebab Alas Purwo masih tetap buka dari pagi hingga sore hari untuk menyambut pengunjung yang datang.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Taman Nasional Alas Purwo

Aktivitas Di Taman Nasional Alas Purwo
Image Credit: Google Maps Tria Valentina Anggraini

1. Memberi Makan Hewan Liar

Karena ada begitu banyak fauna yang tinggal dan hidup di taman nasional Alas Purwo. Membuat pengunjung bisa melakukan kegiatan seperti memberi makan hewan-hewan tersebut.

Dengan catatan bahwa pengunjung harus tetap di dampingi oleh para tour guide atau pengelola. Agar makanan yang diberikan kepada hewan di daerah sekitar tetap terjaga kehigienisannya.

Baca Juga  Sentul Paradise Park, Wisata Air Favorit dengan Panorama Curug Bidadari di Bogor

2. Menikmati Pantai

Di ujung hutan, terdapat pantai yang siap menyambut kedatangan pengunjung. Wisatawan dan pengunjung bisa bersantai sejenak sembari melepaskan rasa penat di pantai.

Pengunjung juga bisa sekedar bermain air atau pasir di sekitar pantai. Pengunjung tidak akan merasa bosan ketika berada di daerah sekitar pantai, karena pantai di Alas Purwo terkenal indah dan cantik.

3. Berpetualang di Dalam Hutan

Pengunjung juga bisa menikmati keindahan hutan di area Alas Purwo. Daerah ini terkenal dengan pepohonan yang tumbuh lebat dan menjulang tinggi.

Oleh sebab itu, pengunjung bisa berpetualang untuk melihat ke dalam hutan. Pengunjung juga bisa masuk ke daerah padang sabana untuk menikmati vegetasi rumput yang tumbuh.

Aktivitas Menarik Di Taman Nasional Alas Purwo
Image Credit: Twitter Ramon Yusuf Tungka

4. Memotret Hewan dan Tumbuhan

Kegiatan lain yang dapat pengunjung lakukan ketika berada di hutan Alas Purwo adalah memotret. Daerah ini masih terkenal dengan kawasan hijaunya.

Karenanya, pengunjung bisa dengan bebas mengambil banyak foto. Baik foto dari hewan-hewan yang tinggal di daerah sekitar, maupun foto dari tumbuhan dan pepohonan yang tumbuh.

5. Berwisata ke Dalam Goa

Taman nasional Alas Purwo juga memiliki goa yang disebut Songgo Langit. Pengunjung bisa datang ke goa ini pada jam tertentu.

Misalnya pada siang atau sore hari. Karena pada jam-jam inilah cahaya matahari masuk ke dalam goa dengan sempurna, dan mampu menampilkan keindahan tersendiri.

6. Wisata Religi

Bagi pengunjung yang ingin menikmati wisata religi, pengunjung bisa datang ke Makam Gandrung. Daerah ini terkenal bagi para pengunjung yang ingin menikmati ketenangan batin.

Sebab Makam Gandrung juga daerah yang paling dekat untuk dikunjungi. Sehingga pengunjung dapat langsung datang ke tempat ini setelah sampai ke Alas Purwo.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Di Kawasan Taman Nasional Alas Purnomo
Image Credit: Instagram Pengen Jalan Mulu

Banyak fasilitas yang dapat pengunjung gunakan secara gratis ketika pengunjung datang ke taman nasional Alas Purwo. Salah satunya adalah kamar mandi umum, tempat ibadah, dan juga posko pengaduan.

Fasilitas lain yang disediakan oleh pengelola adalah tour guide. Ini dimaksudkan untuk membuat pengunjung yang baru pertama kali dapat merasa lebih nyaman saat ada di dalam hutan.

Selain itu, pengunjung juga bisa bersantai sejenak pada beberapa bangunan semi permanen yang disediakan oleh pengelola. Supaya pengunjung yang lelah dapat kembali segar setelah beberapa saat beristirahat.

Nah itulah beberapa kelebihan, fasilitas, daya tarik, dan kegiatan yang dapat dilakukan oleh pengunjung ketika datang ke taman nasional Alas Purwo. Sebagai tempat yang telah lama dikelola pemerintah, tentu membuat hutan wisata ini bisa jadi salah satu tujuan bagi pengunjung untuk berlibur.