Taman Wisata Kaliurang, Destinasi Wisata Alam Hits di Sleman Jogja

Taman Wisata Kaliurang Sleman

Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 09.00–16.00 WIB, Alamat: Kaliurang, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Membahas seputar kota Jogja seakan tidak pernah habisnya. Mulai dari pendidikan, kuliner, hingga wisata alam, semua bisa anda dapatkan di daerah istimewa ini. Sebagai contoh adalah adanya Taman Wisata Kaliurang dari kategori wisata alam. Di tempat tersebut, anda bisa berlibur sambil menikmati indahnya panorama alam yang ada di sekitar lokasi. Selain itu, banyaknya wahana juga cocok dijadikan permainan seru bersama anak-anak.

Tujuan dari wisata tentunya bukan hanya sekadar mengisi liburan, namun juga melepas penat agar pikiran lebih segar. Dari banyaknya wisata yang bisa dipilih, wisata yang menyajikan pesona alam merupakan pilihan paling favorit. Apalagi lokasinya masih alami dan jauh dari perkotaan, bisa dipastikan udaranya segar dan menyehatkan.

Untuk mendapatkan semua tujuan diatas, pilihan yang paling tepat adalah berkunjung ke Taman Wisata Kaliurang. Lokasinya berada di lereng Gunung Merapi, bisa anda bayangkan sendiri bagaimana situasi udara dan kesejukan nya. Kontur khas bebatuan dan rindangnya pohon menghiasi lokasi wisata. Bukan hanya itu, dalam perjalanan juga sangat indah dan tidak kalah menarik dalam hal pemandangan yang disajikan.

Daya Tarik yang Dimiliki Taman Wisata Kaliurang

Daya Tarik Taman Wisata Kaliurang
Image Credit: Google Maps Didit Aloy

Ada beberapa alasan kenapa lokasi wisata hits ini menjadi semakin ramai wisatawan. Tentunya hal tersebut dikarenakan daya tarik yang memikat. Siapa saja yang pernah berkunjung, hampir dipastikan akan kembali lagi. Khusus bagi anda yang masih penasaran, daya tarik Taman Wisata Kaliurang berikut mungkin bisa dijadikan gambaran singkat!

1. Keindahan Alam Taman Rekreasi Kaliurang

Memang pemandangannya tidak terlalu idah jika dibandingkan dengan tempat wisata lain yang berupa air terjun atau pantai. Akan tetapi dipastikan mampu memuaskan siapa saja yang datang ke lokasi. Bukan hanya tanaman hijau di yang menghiasi, namun juga tanaman perdu dari berbagai jenis tidak mau ketinggalan untuk mempercantik setiap sudut.

Konsep yang diambil adalah taman, jadi sangat cocok dijadikan tempat bersantai bersama keluarga. Dengan beralaskan tikar dan beratap langit, anda akan menyaksikan pesona alam yang begitu indah. Keindahan semakin tampak ketika dari salah satu sudut, terlihat jelas Gunung Merapi yang berdiri dengan gagah.

Bukan hanya pada saat cuaca cerah, namun keindahannya seakan tidak pernah sirna meskipun tertutup mendung. Gumpalan awan yang samar-samar menutup gunung justru membuat pemandangan semakin indah. Di beberapa titik, hiasan berupa patung gajah dan gazebo turut melengkapi keindahannya.

2. Sejuknya Suasana Dibalut Keindahan Alam

Wisatawan yang mengunjungi Taman Wisata Kaliurang tidak hanya ingin menikmati keindahannya saja, namun juga ingin merasakan kesejukan udara yang ada di lokasi. Sejuknya hawa pegunungan menjadi daya tarik tersendiri, terutama bagi mereka yang tinggal di perkotaan. Bukan hanya pepohonan yang membuat sejuk, namun juga dari lokasinya yang masih berada di kawasan pegunungan.

Lokasinya yang jauh dari perkotaan membuat indera penciuman seolah jauh dari asap kendaraan dan juga polusi pabrik. Dengan kondisi seperti ini, pastinya kesehatan semakin terjaga, meskipun hanya beberapa saat. Hampir di setiap sudut sangat bagus untuk dijadikan tempat menghirup udara sejuk. Pohon pinus yang menjulang juga banyak dan hampir mengelilingi lokasi wisata ini.

Daya Tarik Dimiliki Taman Wisata Kaliurang
Image Credit: Google Maps Septiyah Widyaningsih

3. Diperbolehkan Membawa Bekal Sendiri

Seperti yang diketahui, tidak banyak lokasi wisata yang memperbolehkan pengunjung membawa bekal dari rumah. Kemungkinan aturan tersebut diberlakukan supaya fasilitas warung yang disediakan menjadi pilihan utama. Selain itu, ada pula kemungkinan agar lokasi wisata tetap bersih dari sampah yang berserakan bekas bungkus makanan pengunjung.

Terlepas dari alasan tersebut, Taman Wisata Kaliurang justru membolehkan wisatawan membawa makanan sendiri. Tentu saja hal ini bisa menjadi salah satu daya tarik, meskipun efeknya tidak terlalu besar. Rata-rata yang dibawa oleh kebanyakan pelancong adalah dari jenis makanan berat, seperti nasi dan lauk pauknya.

4. Tersedianya Wahana Permainan

Selain daya tarik berupa keindahan dan udara sejuk, banyaknya wahana yang disediakan juga cukup menyita perhatian. Bagi wisatawan yang membawa anak-anak, Taman Rekreasi Kaliurang sangat cocok dikunjungi. Alasannya, banyak sekali permainan jenis playground yang ada di tersebut. anak-anak bisa bermain seluncur, naik tali tambang, jembatan gantung, hingga terowongan mini.

Apabila permainan tersebut kurang menarik, masih tersedia wahana yang pastinya membuat mereka tidak pernah melupakannya. Wahana tersebut adalah Flying Fox, tentu anda sudah tau mengenai hal ini. Dari atas ketinggian bangunan sederhana yang terbuat dari pohon, mereka akan terjun ke bawah dengan kecepatan lumayan. Selain anak, Flying Fox juga cocok dijadikan ajang uji nyali bagi orang dewasa.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Taman Wisata Kaliurang
Image Credit: Google Maps andyF

Meskipun lokasinya berada di lereng Gunung Merapi, namun masih tergolong mudah ditemukan. Alamat lengkapnya berada di Jl. Siaga, Kaliurang Barat, Hargobinangun, Pakem, Sleman, DI Yogyakarta. Perkiraan jarak yang harus ditempuh dari pusat kota Jogja sekitar 25 kilometer. Anda perlu waktu setidaknya 1 jam untuk bisa sampai ke lokasi Taman Wisata Kaliurang.

Silahkan gunakan Google Map untuk menuju ke salah satu objek wisata yang ada di Sleman ini. Saat ini sudah banyak titik akses dan jalur yang disediakan melalui fasilitas Google tersebut. Supaya lebih mudah, pastikan anda menggunakan kendaraan pribadi, baik roda empat maupun roda dua.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Taman Wisata Kaliurang
Image Credit: Google Maps jimmy

Mengenai harga, Taman Wisata Kaliurang tidak mematok harga selangit, cukup bayar 10.000 sebagai tiket masuk. Selain itu, ada juga biaya yang wajib dikeluarkan, yakni untuk parkir kendaraan. Tentunya biaya ini hanya dikhususkan bagi mereka anda yang membawa kendaraan pribadi.

Biaya parkir motor yang berlaku hingga saat ini adalah 2.000 rupiah, sedangkan mobil 5.000 rupiah. Tarif tersebut tentunya sangat mudah, apalagi jika banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan. Beberapa wahana seperti Flying Fox juga tidak gratis, ada biaya tambahan yang harus anda keluarkan, setidaknya antara 10.000 hingga 30.000 rupiah untuk satu wahana.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Taman Wisata Kaliurang

Aktivitas Di Taman Wisata Kaliurang
Image Credit: Google Maps Baihaqi Aditya

Tidak dapat di pungkiri, sebagian besar pengunjung yang datang ke lokasi kebanyakan bertujuan untuk melakukan aktivitas yang ada di Taman Wisata Kaliurang. Aktivitas semakin menarik jika anda datang bersama rombongan, baik keluarga maupun lainnya. Berikut beberapa aktivitas seru yang umumnya dilakukan pelancong dari berbagai daerah!

1. Bermain Seru Wahana Outbound

Wahana pertama yang harus dicoba ketika pertama kali menginjakkan kaki di lokasi adalah outbound. Dari banyaknya permainan yang disediakan, Flying Fox dan rumah pohon menjadi incaran setiap wisatawan. Banyak dari mereka yang rela antre demi mencoba sensasi seru meluncur diatas ketinggian.

Ada juga permainan gratis yang tidak kalah menarik, yakni playground. Seperti yang disebutkan tadi, tersedia permainan sederhana berupa jembatan gantung, seluncur, dan jungkat-jungkit. Anak-anak pasti senang dengan aktivitas menyehatkan dan juga mengasah otak ini.

2. Mencoba Wahana Interaktif Taman Kita Oreo

Khusus untuk anak-anak, mereka bisa mencoba serunya bermain di Taman Kita Oreo. Sebenarnya tidak hanya di Taman Wisata Kaliurang wahana ini dibuat, namun juga ditempat lain. Tujuan utamanya yakni sebagai wahana interaksi yang lebih baik bagi anak-anak. Seperti namanya, penggagas dari taman ini adalah salah satu brand makanan ternama yang pastinya anda kenal.

Aktivitas Menarik Di Taman Wisata Kaliurang
Image Credit: Google Maps imam prasetyo

3. Berburu Makanan Khas Jogja

Kurang lengkap rasanya jika belum mencicipi nikmatnya makanan khas Jogja ketika berkunjung ke lokasi wisata. Meskipun anda diperbolehkan membawa makanan sendiri, godaan dari kelezatan makanan yang ada di sekitar lokasi pastinya tidak tertahankan. Sebut saja nasi gudeg yang juga menjadi salah satu ikon kota Jogja. Belum lagi ada Bakpia yang sangat sayang untuk dilewatkan rasanya.

Apabila beruntung, anda juga bisa menikmati lezatnya makanan tempe dan telur bacem khas Jogja. Bukan hanya makanan, minuman khas untuk menghangatkan diri seperti wedang jahe dan kopi juga tersedia di Taman Rekreasi Kaliurang. Untuk harganya masih terjangkau, tidak terlalu mahal jika dibandingkan dengan tempat wisata lain.

4. Foto Selfie dengan Pemandangan Alam

Aktivitas menarik dan wajib dilakukan adalah dengan swafoto. Memang tidak ada spot khusus yang dibangun untuk keperluan ini, namun banyak sekali spot liar dengan latar belakang mempesona. Salah satu yang paling cantik dan indah adalah dengan mengambil Gunung Merapi sebagai background. Jangan lupa mengabadikan momen ketika anda mencoba wahana seru yang ada di lokasi wisata ini.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Taman Wisata Kaliurang
Image Credit: Google Maps ogi sayogo

Demi menunjang kebutuhan pengunjung, pihak pengelola Taman Wisata Kaliurang menyediakan berbagai fasilitas memadai. Fasilitas penting dan sekaligus menjadi parameter layak atau tidaknya lokasi wisata dikunjungi adalah adanya lahan parkir dan toilet. Selain itu, ada mushola yang siap digunakan kapan saja untuk beribadah ketika sudah waktunya tiba.

Fasilitas lain yang bisa dinikmati yakni warung makanan dengan banyak menu yang disediakan. Di lokasi wisata juga tersedia bangku yang bisa digunakan untuk bersantai atau sekadar melepas lelah setelah aktivitas seru yang dilakukan.

Cukup menarik pembasahan mengenai Taman Wisata Kaliurang dengan berbagai aktivitas yang bisa dilakukan. Daya tarik yang telah disebutkan diatas hanya sebagian saja, masih ada beberapa lainnya. Alangkah lebih baik jika anda mengetahuinya secara langsung dengan mengunjungi lokasi wisata yang semakin trend ini.

Baca Juga  Lowongan Kerja Medan PT Champ Resto Indonesia Terbaru 2021