News  

Upin Ipin Dikehidupan Nyata Disebut Sudah Meninggal, Kreator Ungkap Asal Usul Ceritanya

Upin Ipin Dikehidupan Nyata Disebut Sudah Meninggal, Kreator Ungkap Asal Usul Ceritanya

Upin Ipin Dikehidupan Nyata Disebut Sudah Meninggal Kreator Ungkap Asal

Beberapa hari belakangan, warganet dihebohkan dengan video TikTok yang memperlihatkan kuburan atau makam bertulis nama Upin Ipin di nisannya. Sejumlah klaim cerita tentang latar belakang Upin Ipin pun bermunculan.

Setelah trending di media sosial, pihak kreator pun akhirnya angkat bicara. Mereka meluruskan cerita tentang kartun anak-anak populer tersebut. Apakah Upin Ipin asli sudah meninggal? Cek faktanya.

1. Viral ditemukan kuburan Upin Ipin 

Adalah pengguna TikTok dengan akun @cryptoinvestorss yang mengabadikan sepasang makam berwarna biru dengan nama Upin dan Ipin di nisannya. Tertulis bahwa Upin wafat pada 6 Agustus 1995 dan Ipin pada 2 April 1996. Video viral ini pun langsung bikin heboh warganet hingga trending di media sosial selama beberapa hari.

2. Upin Ipin disebut sudah meninggal  

Netizen tersebut mengklaim bahwa Upin Ipin sudah meninggal dunia. Ia bercerita bahwa keluarga Upin Ipin mengalami kecelakaan ketika sedang liburan. Upin meninggal langsung di tempat kejadian bersama kedua orangtuanya, sementara Ipin menyusul kepergian kembarannya setelah koma hampir setahun.

Sang nenek yang dikenal sebagai Opah kabarnya tidak ikut dalam rombongan dan cerita Upin Ipin pun merupakan khayalannya. Teori fans ini pun ditanggapi beragam oleh warganet lainnya.

3. Kreator bantah Upin Ipin dari kisah nyata  

Les’ Copaque sebagai pihak produksi Upin Ipin pun akhirnya buka suara lewat akun media sosialnya pada Senin (17/1/2022). Mereka membantah teori fans yang menyebut bahwa tokoh kartun ini berasal dari kisah nyata.

“Semua cerita Upin & Ipin adalaah rekaan semata dan ditulis sepenuhnya oleh Les’ Copaque Production. Mereka tidak diambil atau diinspirasi dari kisah siapa pun yang masih hidup maupun telah tiada,” tulis studio asal Malaysia tersebut.

Baca Juga  Dulu Sempat Viral, Beginilah Kehidupan Mantan TKW Blitar yang Menikah dengan Bule Kini

4. Asal Usul Upin Ipin  

Les’ Copaque juga menjelaskan bahwa asal usul ide ceritaUpin & Ipin adalah Hj. Ainon yang merupakan pengisi suara Opah dan H. Burhanuddin yang merupakan Pengarah Urusan Les’ Copaque Production atau pengisi suara Tok Dalang. Ia juga berbagi pengalamannya tumbuh besar di desa dalam serial Upin & Ipin.

“Setiap cerita yang ditulis bukan saja mudah dipahami, tetapi juga sarat pesan yang bermanfaat,” tulis Les’ Copaque Production.

5. Kenapa Upin Ipin tidak punya orangtua?  

Selain mengklarifikasi video makam yang beredar, Les’ Copaque juga mengungkap alasan kenapa Upin dan Ipin tidak punya orangtua. Alasan teknis terjadi jadi penyebabnya.

“Ketika Upin & Ipin musim 1 disiarkan di TV9, awalnya merupakan proyek sampingan saja. Karena keterbatasan waktu dan kekurangan tenaga kerja, tidak ada karakter baru yang dibuat dan Les’ Copaque Production memilih untuk menjadikan Upin dan Ipin anak yatim piatu,” ungkap mereka.

6. Kenapa Upin Ipin botak?  

Mereka juga mengungkap alasan kenapa Upin dan Ipin botak. Tokoh kartun ini memang identik dengan kepala botak plontos dengan pembeda satu helai rambut di kepala Upin.

“Begitu juga ketikan Upin & Ipin musim 1 diproduksi, pihak LCP terpaksa memotong biaya dan mempercepat proses produksi. Membuat simulasi rambut saat itu terlalu memakan waktu. Maka Upin dan Ipin dibuat botak, tetapi Upin punya sehelai rambut,” tandasnya.

Wah, terjawab sudah kenapa Upin Ipin tidak punya orangtua dan botak selama ini. Upin Ipin juga tidak punya tokoh asli nyata baik yang masih hidup maupun sudah meninggal. Jangan tertipu lagi, ya!