Watu Langit, Spot Terbaik untuk Bersantai Menikmati Indahnya Alam Kota Jogja

Watu Langit Jogja

Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 11.00–21.00 WIB, Alamat: Mlakon, Sambirejo, Kec. Prambanan, Kab. Sleman, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Watu Langit Jogja saat ini semakin ramai diperbincangkan oleh para pelancong, terutama kaum millennial. Bagaimana tidak, di lokasi tersebut, pengunjung bisa bersantai sambil menikmati hidangan yang tersedia. Selain itu, pemandangan alam khas nuansa kota Jogja sangat jelas terlihat dari ketinggian lokasi. Objek wisata kali ini termasuk salah satu yang mengusung konsep resto dan cafe yang dibalut dengan pemandangan alam di sekitarnya. Konsep wisata seperti ini semakin mudah ditemukan dan selalu ramai dikunjungi.

Bagi pengunjung yang ingin bersantai sambil menikmati indahnya alam dan sejuknya Jogja, resto dan café yang mengusung konsep alam ini bisa menjadi pilihan utama. Terdapat dua bagian café yang cocok dijadikan tempat nongkrong bersama rombongan. Pertama café bawah yang di desain tradisonal dan sangat sederhana. Meski demikian, bagian ini tidak pernah sepi pengunjung.

Sedangkan yang kedua adalah cafe atas yang dibangun dengan konsep modern. Jika dibandingkan diantara keduanya, café atas memang lebih ramai karena pengunjung bisa sekaligus menikmati keindahan alam di sekitar lokasi. Di café bagian atas juga ada yang unik, yakni dibangun diatas batuan besar dengan ukiran tokoh pewayangan khas Jawa. Persis di sebelah batu ukiran tersebut, ada sebuah tangga sebagai akses masuk ke lokasi café.

Daya Tarik yang Dimiliki Watu Langit Jogja

Daya Tarik Watu Langit Jogja
Image Credit: Instagram Yoyaku Rental App

Ada alasan tersendiri kenapa setiap hari banyak pengunjung berdatangan ke Watu Langit. Bukan sekadar menikmati hidangan yang ada di sana tentunya, melainkan lebih dari berbagai daya tarik yang disediakan. Selain konsep bangunan yang cukup unik dengan perpaduan tradisonal dan modern, berikut beberapa daya tarik yang mungkin bisa membuat anda yakin untuk segera mengunjunginya!

1. Pemandangan Indah Jogja

Jika anda memilih bagian cafe atas, maka akan terlihat jelas panorama indah kota Jogja diatas ketinggian. Café ini dibangun diatas bukit sehingga ketinggiannya sangat memungkinkan untuk mendapatkan keindahan alami. Jika datang di pagi hari, perlahan sinar surya menghangatkan tubuh yang saat itu kedinginan karena cuaca di Jogja. Pesona alam yang diberikan memang menjadi daya tarik utama bagi sebagian besar wisatawan.

Bahkan bukan hanya di pagi hari saja, di sore hari juga tidak kalah menarik pemandangan yang diberikan. Matahari yang perlahan undur diri cukup jelas terlihat jika cuaca sedang cerah. Hangatnya sinar yang menemani anda ketika berada di Watu Langit Jogja perlahan menjadi dingin. Di malam hari, berbagai hiasan lampu menjadi daya tarik lain yang bisa memikat siapa saja. Apalagi ketika melihat kota Jogja, lampu penerang jalan raya dan perkampungan warga menjadi pemandangan unik yang jarang didapat ditempat lain.

2. Suasana Asri

Selain indahnya alam yang menjadi daya tarik utamanya, suasana di objek wisata kali ini juga layak diperhitungkan. Lokasinya yang lumayan jauh dari perkotaan membuat cuaca nya sejuk dan bebas dari polusi. Pepohonan rindang selama di lokasi dan ketika menuju lokasi menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang datang dari kota. Berkunjung ke Watu Langit tidak ada ruginya, apalagi suasana asri pada pagi hingga sore hari tersebut akan menjadi romantis ketika di malam hari.

3. Harga Murah

Meskipun mengusung konsep modern dari bangunan café, bukan berarti menu makanan yang ditawarkan di banderol dengan harga mahal. Justru sebaliknya, makanan dan minuman yang tersedia di café ini cukup murah. Itulah yang menjadi daya tarik tambahan bagi banyak wisatawan. Menu andalan dari minuman yang ada di café dan resto ini adalah kopi. Bagi anda yang kurang suka dengan kopi juga tidak perlu khawatir, banyak jenis minuman lain yang bisa dinikmati. Beberapa diantaranya adalah wedang jahe, teh, es blender, dan masih banyak lagi.

Jika kebetulan dan sedang lapar, tersedia menu makanan khas Jogja dengan citarasa lezat, yaitu nasi gudeg. Tentunya masih banyak lagi makanan yang bisa anda nikmati selain dari gudeg. Untuk melengkapi aktivitas nongkrong anda, tersedia juga gorengan dan makanan ringan yang biasanya ditemui di warung kopi. Secara sederhana, Watu Langit Jogja memang bisa dikatakan sebagai warung kopi dengan segala kelebihan yang diberikan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Watu Langit
Image Credit: Google Maps Taufik A. Yudanto

Lokasinya yang masih berdekatan dengan beberapa objek wisata lainnya membuat café dan resto Watu Langit mudah ditemui. Alamat lengkapnya di Mlakon, Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi dengan akses jalan cukup baik. Bagi yang belum pernah ke Jogja mungkin agak kesulitan. Oleh sebab itu, silahkan ambil patokan utama dari pusat kota Jogja degan jarak sekitar 22km yang bisa ditempuh selama 50 menit menggunakan kendaraan bermotor.

Dari pusat kota Jogja, ambil arah yang menuju ke Wonosari. Sesampainya di pertigaan, silahkan belok kiri yang mengarah ke candi Prambanan. Anda akan menemukan pertigaan lain sebelum sampai di Prambanan, ambil jalur yang menuju ke Tebing Breksi dan Candi Ijo. Beberapa menit setelah melewati Candi Ijo, ada sebuah papan nama dari café dan resto Watu Langit, silahkan ikuti papan petunjuk tersebut hingga tiba di lokasi.

Mengenai harga tiket masuk dari café yang akan anda kunjungi, hinga saat ini masih gratis dan tidak dipungut biaya. Akan tetapi untuk parkir tetap harus membayar retribusi sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Kendaraan roda dua atau motor dikenakan tarif sebesar 2.000 rupiah. Sedangkan untuk mobil atau roda empat diwajibkan membayar biaya parkir sebesar 5.000 rupiah.

Meskipun tiket masuknya gratis, namun menu makanan dan minuman yang disediakan tidak gratis. Sebagai contoh untuk kopi susu rempah yang di banderol dengan harga 18.000 rupiah, Banana Coffee 24.000 rupiah, dan teh manis 5.000 rupiah. Adapun harga menu makanan tergolong cukup murah dan masih bisa dijangkau untuk sekelas makanan ditempat wisata.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Watu Langit

Aktivitas Di Watu Langit
Image Credit: Google Maps Watu Langit Jogja Coffee and Resto

Kurang lengkap rasanya jika mengunjungi objek wisata tanpa harus melakukan aktivitas seru. Mungkin ada yang masih bingung apa yang harus dilakukan ketika berada di resto dan café. Perlu diingat, Watu Langit Jogja bukan hanya sekadar restoran dan café yang menyediakan berbagai menu makanan dan minuman, namun juga panorama alam yang indah dan tidak kalah dari objek wisata alam lainnya.

1. Menikmati Menu Makanan dan Minuman

Jika ada pengunjung yang datang ke lokasi, hampir dipastikan mempunyai tujuan untuk menikmati hidangan yang tersedia. Selain kopi dan makanan berat, ada juga jenis makanan ringan yang cocok dijadikan teman minum kopi. Kebanyakan kudapan yang dimaksud dari jenis gorengan yang disajikan hangat untuk mencairkan sasana dingin khas bukit.

Jenis minuman tradisional juga tersedia, selain teh manis tentunya. Ada susu jahe sere, wedang secang, wedang klepon, dan aneka jus buah. Lebih dari puluhan menu makan dan minuman yang bisa anda nikmati. Sekadar informasi, silahkan langsung dibayar di muka setelah anda memesan makanan dan minuman yang diinginkan.

2. Bersantai Sambil Menikmati Indahnya Alam Jogja

Selain menikmati berbagai kuliner yang ada, sebagian besar pengunjung yang datang ke Watu Langit juga berniat untuk menikmati suasana atau panorama alam khas perbukitan. Apalagi dari kejauhan tampak landscape kota Jogja yang menawan. Ada sebuah titik dimana meja dan kursi resto tersebut dihadapkan langsung dengan pemandangan alam berupa bentangan sawah dari atas tampak jelas sekali warna hijau yang indah dengan kontur khas persawahan.

Tentunya hal itu bisa disaksikan etika datang pada pagi hingga sore hari. Bagi yang datang di malam hari jangan terburu kecewa karena tidak bisa menikmati panorama alam tersebut. Sebagai gantinya, hiasan lampu d lokasi café juga terlihat sangat cantik. Apalagi jika anda melihat ke arah kota Jogja, dimana tampak dari kejauhan lampu penerangan yang seolah berubah menjadi lilin kecil dengan cahaya redup nan menawan.

Aktivitas Menarik Di Watu Langit
Image Credit: Google Maps Watu Langit Jogja Coffee and Resto

3. Melihat Matahari Terbenam

Aktivitas lain yang tidak boleh dilewatkan adalah menikmati keindahan matahari tenggelam. Lokasi Watu Langit Jogja yang cukup tinggi sangat memungkinkan bagi wisatawan untuk mejadi saksi keindahan sang surya yang telah selesai melaksanakan tugasnya dalam satu hari. Meskipun tidak bisa mengantarkan kepergiannya hingga ke titik fatamorgana seperti halnya di pantai, namun keindahannya sudah cukup memuaskan.

Gradasi warna yang dihasilkan sangat cantik dan sulit diutarakan dengan kalimat. Cahaya di dekat matahari dipastikan berwarna orange cerah yang seolah menyuruh kita untuk tetap selalu ceria. Sedangkan pantulan dari benda langit lainnya menghasilkan warna yang berbeda. Supaya tidak ketinggalan menikmati fenomena menakjubkan ini, silahkan datang sebelum jam lima sore. Waktu tersebut juga menjadi favorit bagi wisatawan lain dengan tujuan yang sama.

4. Foto Selfie

Sayang sekali jika semua keindahan yang ada di Watu Langit dibiarkan lewat begitu saja tanpa diabadikan momennya. Apalagi jika hampir semua titik lokasi sangat cocok dijadikan spot foto menaik dengan pemandangan utama berupa bentangan alam. Meskipun minim spot khusus yang dibangun untuk aktivitas fotografi, pengunjung bisa bebas menentukan spot tersendiri.

Sebagai contoh adalah di pojok café, dimana langsung berbatasan dengan pemandangan alam khas Jogja. Pengunjung bisa bebas menentukan pose sendiri, baik dengan duduk di kursi, atau bersandar di belakang pagar pembatas untuk keamanan. Spot yang tidak kalah unik untuk hasil karya foto aesthetic adalah dengan memanfaatkan ukiran dari tokoh pewayangan sebelum anda menaiki tangga menuju ke lokasi resto dan cafe.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Watu Langit Jogja
Image Credit: Google Maps Watu Langit Jogja Coffee and Resto

Fasilitas termasuk salah satu hak yang harus didapatkan pengunjung selama di lokasi wisata. Oleh sebab itu, pihak pengelola Watu Langit tidak pernah mengabaikannya. Ada toilet yang bisa anda gunakan gratis dengan kondisi terawat dan bersih. Lahan parkir yang luas juga turut melengkapi fasilitas yang ada. Meski letaknya di tepi jalan, namun keamanannya cukup terjamin.

Selain kedua fasilitas wajib tersebut, ada juga mushola yang siap dipakai kapan saja. Bagi yang ingin permainan ringan juga ada, terutama untuk permainan kartu dan catur yang dapat dipinjam dari pemilik warung. Ketiga fasilitas tersebut sudah lebih dari cukup untuk menganggap bahwa sebuah objek wisata layak untuk dikunjungi.

Dari semua daya tarik dan aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Watu Langit Jogja, tidak menutup kemungkinan bahwa ada keinginan untuk segera mengunjungi lokasinya. Sebelumnya, pastikan bahwa kondisi anda saat ini sedang fit dan mempunyai banyak waktu luang. Sayang sekali jika anda datang ke lokasi hanya beberapa menit saja dengan segala keindahan yang diberikan.

Baca Juga  40 Contoh Soal UTS/PTS Seni Budaya Kelas 12 Semester 2 Kurikulum 2013 Beserta Kunci Jawaban