Woodland Kuningan, Objek Wisata Alam dengan Panorama Hutan Pinus yang Memukau

Woodland Kuningan

Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 09.00-19.00 WIB, Alamat: Jl. Ragasakti No.130, Setianegara, Kec. Cilimus, Kab. Kuningan, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Kabupaten Kuningan, Jawa Barat tidak dapat dipandang sebelah mata dalam hal pariwisata. Banyak sekali tempat yang layak dikunjungi untuk mengisi hari libur, salah satunya adalah Woodland Kuningan. Sesuai namanya, objek wisata ini dibangun di tengah hutan yang berdiri rapi pohon pinus dengan ukuran besar. Sensasi liburan di tengah hutan langsung didapat seketika anda menginjakkan kaki di lokasi. Salah satu alasan inilah yang membuat banyak wisatawan mengunjunginya, baik dari warga lokal maupun luar daerah.

Tempat wisata ini cocok dikunjungi bagi anda yang membawa rombongan keluarga maupun pasangan. Bukan tanpa alasan, banyaknya wahana seru untuk anak-anak adalah salah satunya. Selain itu, berbagai spot cantik bisa dimanfaatkan untuk mengisi memori perangkat ponsel pintar. Belum lagi suasana asri yang jauh dari polusi membuat udara di sekitar semakin segar dan menyehatkan. Sejauh mata memandang, pohon pinus seolah tidak pernah berhenti mengikuti arah pandangan.

Seiring dengan perkembangan teknologi, popularitas dari Woodland Kuningan semakin baik. pengunjung yang datang ke lokasi dipastikan mengabadikan momen yang di upload ke media sosial. Spot foto yang paling banyak peminatnya adalah underwater, atau pose di dalam air. Uniknya, pihak pengelola memberikan fasilitas untuk menambah kecantikan dari hasil foto. Diantara fasilitas yang dimaksud adalah sepeda kayuh, sepeda motor, dan perangkat komputer.

Daya Tarik yang Dimiliki Woodland Kuningan

Daya Tarik Woodland Kuningan
Image Credit: Google Maps Ade Setiawan

Mengenai daya tarik, sebenarnya banyak yang bisa dijadikan alasan untuk mengunjungi lokasi wisata tersebut. Sebagian daya tarik tersebut mampu memikat wisatawan dari berbagai daerah. Mungkin anda juga berhak tau apa saja daya tarik Woodland Kuningan sebelum menuju ke lokasi.

1. Panorama Hutan Pinus Memukau

Bukan hanya sekadar hutan yang berisi kumpulan pohon pinus, melainkan sudah di desain untuk keperluan rekreasi. Meski demikian, keindahan hutan tetap terjaga dan terlindungi. Tidak adanya pengrusakan pohon menjadikan tempat lebih terlihat alami. Untuk memberikan fasilitas permainan, pihak pengelola hanya menambahkan sesuai kebutuhan.

Tampak jelas dari kejauhan bahwa hutan rindang tersebut memayungi setiap wisatawan yang datang dari sengatan matahari. Di pagi hari, suasana semakin indah dengan adanya kabut yang turun hingga merayap ke tanah. Fenomena ini jarang terjadi dan hanya bisa dilihat ketika cuaca mendukung. Untuk fenomena buatan, ada sebuah jembatan kayu panjang yang sangat unik. Jembatan yang pijakan nya terbuat dari bambu tersebut akan memantulkan cahaya ketika disinari dengan lampu.

Demi kenyamanan wisatawan, pihak pengelola membangun beberapa gazebo yang bisa digunakan untuk tempat istirahat. Sebenarnya bukan hanya itu fungsinya, melainkan juga digunakan sebagai tempat santai sambil menikmati panorama indah dari Woodland Kuningan. Supaya keindahan semakin dapat dirasakan, usahakan datang berkunjung pada sore atau malam hari.

2. Berbagai Ukuran Kolam Renang

Untuk menambahkan daya tarik sekaligus menjadi fasilitas pendukung, pihak pengelola membangun kolam renang dengan berbagai ukuran. Bukan hanya satu atau dua, melainkan ada empat kolam renang yang bisa digunakan. Bagi rombongan yang membawa anak-anak, ada juga kolam khusus bagi mereka dengan kedalaman sangat dangkal.

Menariknya, sumber air kolam tersebut masih alami yang diambil langsung dari mata air pegunungan. Lokasinya yang dibangun di sekitar pohon pinus membuat suasana semakin asri dan siapa pun betah berlama-lama. Bukan hanya untuk berenang, kolam alami Woodland Kuningan ini juga cocok digunakan untuk berendam atau sekadar bermain air.

3. Spot Foto Nuansa Alam

Daya tarik lain yang juga sangat penting sebagai tolok ukur kepuasan pengunjung adalah banyaknya spot foto yang disediakan. Pengunjung bebas memilih spot sesuai keinginan, misalnya diatas jembatan kayu atau gardu pandang yang dibuat seperti rumah pohon tanpa atap. Spot utama yang telah disebutkan diatas adalah foto underwater yang sangat unik.

Bukan hanya spot buatan yang sengaja dibuat untuk mendukung fasilitas Woodland Kuningan, anda juga bisa menggunakan nuansa alam yang dari panorama indah hutan pinus. Untuk kali ini tidak diperlukan skill khusus dalam hal fotografi. Meskipun pemula, dipastikan hasil jepretan tidak kalah dengan mereka yang sudah profesional. Hal ini dikarenakan memang pada dasarnya latar belakang yang mendukung.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Woodland Kuningan
Image Credit: Google Maps Kahaji Kanda Muwahidin Firdaus

Meskipun berada di tengah hutan pinus, namun lokasinya mudah ditemukan. Alamat lengkap Woodland Kuningan berada di Jl. Ragasakti No.130, Setianegara, Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Jarak dari pusat kabupaten Kuningan kira-kira 27km dengan waktu tempuh 40 menit menggunakan kendaraan bermotor.

Akses jalan cukup baik dengan kondisi yang sudah diaspal sempurna. Bukan hanya mobil yang bisa menjangkau lokasi, namun bus pariwisata juga sangat memungkinkan. Silahkan gunakan petunjuk dari Google Map apabila anda masih kurang yakin dengan petunjuk jalan yang ada di sekitar lokasi. Alangkah lebih baiknya jika anda menanyakan kepada penduduk setempat yang dikenal ramah terhadap wisatawan.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Tiket Woodland Kuningan
Image Credit: Google Maps Indah Utami

Sesampainya anda di tempat parkir, silahkan siapkan uang untuk membeli tiket masuk. Tidak terlalu mahal untuk sensasi dan pengalaman liburan yang akan di dapat di Woodland Kuningan. Terbagi menjadi dua bagian, untuk hari aktif dikenakan tiket masuk 10.000 rupiah, sedangkan weekend atau hari libur nasional 15.000 rupiah.

Harga diatas belum termasuk biaya parkir yang harus dibayar 3.000 untuk motor, dan 5.000 untuk mobil. Selain itu, masih ada dana lagi yang harus disiapkan jika anda ingin memanfaatkan wahana yang ada di lokasi. Dari banyaknya wahana atau permainan yang ada, harganya masih di kisaran 20.000 hingga 30.000 rupiah.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Woodland

Aktivitas Woodland Kuningan
Image Credit: Google Maps ANUGRAH NABILA

Berbagai aktivitas menarik bisa dilakukan, seperti halnya anda mengunjungi objek wisata lain. Aktivitas yang dilakukan tentunya positif dan bermanfaat, selain mengisi waktu luang tentunya. Piknik bersama keluarga atau rombongan, itulah inti dari segala aktivitas yang menarik dilakukan di Woodland Kuningan.

1. Berenang dan Bermain Air

Tersedianya kolam renang berbagai ukuran bukan hanya sebagai hiasan. Anda bisa melakukan aktivitas seru dengan berendam atau berenang. Air yang jernih dan alami semakin membuat suasana menyegarkan. Desain kolam renang juga cantik, ada yang berbentuk lingkaran yang di tengahnya terdapat pohon asli yang ditanam diatas bidang tanah minim. Meski demikian, pohon tersebut masih dapat bertahan dan menjadi pemandangan indah.

Dari semua keindahan kolam renang, air yang jernih merupakan salah satu daya tarik yang mampu memikat banyak wisatawan untuk membasahi diri. Diambil dari aliran air atau mata air Kangoraan, kesegaran dan kejernihan nya selalu terjaga. Apalagi jika beberapa kolam renang dikelilingi tumbuhan rindang sehingga selalu terjaga dari sengatan sinar matahari.

2. Tunggang Kuda

Woodland Kuningan juga menyediakan wahana tunggang kuda yang bisa dimanfaatkan pengunjung. Bahkan bukan hanya anak-anak saja yang bisa menaiki kuda tersebut, dewasa juga bisa. Berjalan santai dengan menaiki kuda tentu memberikan sensasi berharga, terutama bagi anak-anak.

Perlengkapan keamanan selalu menjadi perhatian utama sehingga anda tidak perlu khawatir. Apalagi jika dalam satu kali perjalanan, ada pemandu yang sekaligus menjadi pawang dari kuda tersebut. Seperti halnya ditempat wisata lain, untuk menunggang kuda juga tidak gratis. Artinya, anda harus membayar sesuai dengan ketentuan harga yang berlaku saat itu.

3. Memacu Adrenalin dengan Flying Fox

Bagaimana rasanya meluncur dari atas ketinggian menuju ke daratan dengan kecepatan penuh? Inilah yang anda rasakan ketika berada di wahana fling fox. Permainan ini dapat memacu adrenalin bagi siapa saja yang mencobanya. Jangan khawatir dalam hal keamanan karena tersedia helm dan pelindung siku maupun lutut sebelum anda meluncur ke bawah. Seperti tunggang kuda, permainan ini juga tidak termasuk dalam satu paket tiket masuk.

Aktivitas Seru Woodland Kuningan
Image Credit: Google Maps Suy 20

4. Outbound Bersama Keluarga

Aktivitas menarik lainnya yang wajib dilakukan ketika berada di Woodland Kuningan adalah outbound. Lokasinya yang sangat luas cukup untuk membuat arena outbound. Ada jembatan gantung, ayunan, dan juga permainan kelompok lainnya. Aktivitas ini sangat positif, baik untuk anak-anak maupun dewasa. Manfaat utama yang bisa diambil adalah pengenalan alam sehingga ada kesadaran untuk menjaga kelestarian alam.

Selain berupa permainan, outbound juga bisa dilakukan dengan cara camping atau berkemah. Tidak sedikit pengunjung yang datang untuk aktivitas ini, terutama mereka yang datang membawa rombongan. Untuk tenda dan peralatan lainnya bisa anda sewa dari pihak pengelola. Itu juga kalau anda tidak membawa peralatan sendiri dari rumah.

5. Berburu Spot Foto Cantik

Inilah aktivitas yang tidak boleh dilewatkan ketika adan mengunjungi Woodland Kuningan. Tujuan utama dari kebanyakan wisatawan adalah berburu spot cantik dan sekaligus unik. Sebut saja jembatan gantung dengan warna-warni lampu yang menghiasi. Tentunya pemandangan ini akan lebih cantik jika anda datang di malam hari.

Tidak lupa pula spot unik dari foto underwater yang telah dijelaskan sebelumnya. Tidak banyak objek wisata lain yang memberikan sensasi unik ini. Oleh sebab itu, manfaatkan sebaik mungkin ketika anda berada di lokasi. Masih banyak spot foto lain yang bisa anda gunakan sebagai latar belakang foto. Misalnya rumah pohon, gardu pandang, suasana alami hutan pinus, dan masih banyak lagi.

6. Wisata Kuliner Nikmat

Lelah dan lapar setelah menjelajahi Woodland Kuningan? Apalagi kalau bukan berburu kuliner untuk aktivitas yang paling tepat dilakukan. Ada sebuah Woodland Resto yang menyediakan berbagai makanan nikmat. Tempatnya juga cukup luas sehingga nyaman meskipun banyak pengunjung yang datang dengan tujuan sama. Harganya terjangkau, masih standar harga makanan di beberapa lokasi wisata pada umumnya.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Woodland Kuningan
Image Credit: Google Maps Yulia Sari

Objek wisata indah ini menyediakan berbagai fasilitas yang bisa digunakan oleh setiap pengunjung yang datang. Selain yang telah disebutkan tadi, yang juga merupakan wahana permainan atau kolam renang, ada juga beberapa fasilitas lainnya. Tempat parkir yang aman juga menjadi fasilitas yang anda dapatkan. Ada juga mushola sebagai tepat ibadah, dan toilet untuk membersihkan diri atau sebagai ganti pakaian.

Pengunjung yang lelah selama perjalanan atau ketika menikmati wahana yang disediakan bisa beristirahat di gazebo. Banyak titik yang menyediakan gazebo yang memang dibangun khusus untuk keperluan tersebut. Fasilitas lain adalah adanya resto atau rumah makan yang telah disebutkan diatas.

Demikianlah informasi berharga seputar tempat pariwisata yang sedang hits, Woodland Kuningan namanya. Semoga informasi ini dapat menambah referensi objek wisata anda, atau juga meyakinkan anda untuk segera datang berkunjung ke lokasi. Jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan selama di lokasi wisata, demi kenyamanan bersama.

Baca Juga  Link Video 1 Menit 12 detik di Perverse Family Yang Sedang Viral di TikTok dan Twitter, Banyak di Cari Netizen