Contoh Teks Inspiratif: Pengertian, Struktur, dan Ciri-Cirinya

Contoh Teks Inspiratif
Contoh Teks Inspiratif

Prohrd.org- Contoh Teks Inspiratif, Pernah mendengar tentang sebuah kisah inspiratif? Nah pada kesempatan kali ini kita akan membahasnya bersama-sama. Apa sih sebenarnya teks inspiratif itu? Bagaimana strukturnya? Apa ciri-cirinya dan seperti apa contohnya? Mari simak selengkapnya di bawah ini!

Di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, kata “Inspirasi“ memiliki arti sebagai ilham. Beberapa bacaan literasi lainnya menerangkan bahwa inspirasi merupakan ide-ide kreatif yang muncul karena pengaruh dari lingkungan sekitar.

Lalu, apa sih sebenarnya teks inspiratif itu?

Baca Juga: Model Soal-soal Keperawatan

Contoh Teks Inspiratif: Pengertian, Struktur, dan Ciri-Cirinya

Contoh Teks Inspiratif

Pengertian Teks Inspiratif

Melansir dari Pendidikanpedia, teks inspiratif adalah sebuah teks narasi yang berisi serangkaian cerita dengan kandungan pesan, kesan, dan makna mendalam. Pesan dan kesan yang terkandung di dalam teks inspiratif berfungsi untuk menyentuh hati pembaca dan mengilhaminya, sesuai dengan arti dari kata inspirasi itu sendiri.

Selain itu, biasanya teks inspiratif dibuat berdasarkan pengalaman pribadi seseorang atau penulisnya. Tujuan teks inspiratif tidak lain adalah untuk memberikan motivasi, inspirasi, dan berbagi pengalaman kepada para pembaca.

Struktur Teks Inspiratif

Teks inspiratif memiliki lima struktur pembangun yang terdiri dari orientasi, rangkaian peristiwa, komplikasi, resolusi, dan koda. Berikut penjelasan lengkap masing-masing struktur tersebut.

Baca Juga: Kumpulan Soal Tes Masuk Indomaret, Alfamart Dan Kunci Jawabannya

1.     Orientasi

Struktur pertama ini merupakan tahap awal dari sebuah teks inspiratif dan berisi pengenalan tokoh yang terlibat serta latar belakangnya.

2. Rangkaian Peristiwa

Berlanjut di struktur rangkaian peristiwa yang mana pada bagian ini awal permasalahan hingga puncaknya diceritakan.

3. Komplikasi

Kemudian di bagian komplikasi, masalah yang muncul tersebut akan menjadi lebih kompleks. Semuanya menjadi rumit di sini bagi sang tokoh.
Baca Juga: Soal Tentang Gaya Grafitasi Kelas 5 Semester 2

Baca Juga  Indonesia Kalah Telak di Leg I Final Piala AFF, Netizen Malah Salahkan Taqy Malik

4. Resolusi

Barulah di bagian resolusi, solusi dari masalah si tokoh ditemukan. Strukturi ini merupakan tahap di mana tokoh akan menyelesaikan masalahnya dengan cara yang ditemukannya.

5. Koda

Dan struktur teks inspiratif yang terakhir adalah koda. Bagian penutup ini berisi kesimpulan, hikmah, dan pesan moral yang bisa diambil pembaca dari cerita penulis.

Ciri-Ciri Teks Inspiratif

Akan susah bagi kita untuk membedakan teks inspiratif dengan jenis teks Bahasa Indonesia lainnya jika tidak mengenali ciri-cirinya. Lantas, apa sajakah ciri-ciri teks inspiratif itu? Berikut di antaranya.

  • Bersifat naratif
  • Memiliki alur cerita
  • Memiliki struktur pembangun berupa: orientasi, rangkaian peristiwa, komplikasi, resolusi, dan koda.
  • Cerita bisa berdasarkan kisah nyata atau fiks
  • Mengandung pesan moral yang bisa diambil

Baca Juga: Teladan Soal Bahasa Inggris Latihan Semester

Contoh Teks Inspiratif Tentang Persahabatan Beserta Strukturnya

Dua Orang Sahabat

A.  Orientasi

Pada suatu hari, hiduplah sepasang sahabat yang masing-masing bernama Fajar dan Irpan. Fajar adalah orang dengan karakter pendiam. Ia jarang berbicara, hanya berbicara ketika memang diperlukan saja dan lebih sering mengobservasi atau memperhatikan keadaan sekitar.

Sementara itu, bagaikan dua sisi koin, Irpan adalah tipe orang yang lebih gemar berbicara dan cenderung blak-blakan. Karakternya ini pun tidak jarang mengiris hati orang-orang.

B.      Rangkaian Peristiwa

Walaupun Fajar dan Irpan sudah hidup bersama sejak lama, sekitar 2 tahunan, namun Fajar terkadang merasa terheran-heran dengan karakter sahabatnya ini. Ia sering sekali berpikir, mengapa sifat sahabatnya tersebut tidak pernah berubah sama sekali.

C.  Komplikasi

Pernah pada suatu hari, Fajar mencoba untuk menasehati Irpan. Dia berkata “Irpan, menurutku alangkah baiknya jika kamu sedikit memperbaiki karaktermu. Orang-orang akan tidak menyukaimu jika kamu terus seperti ini.“

Baca Juga  Air Mata Lesti Kejora Untuk Tukul Arwana: Cucunya Om Tukul Sudah Lahir

Tak disangka, Irpan malah membalas “Kamu sudah mengenalku sejak lama, seharusnya kamu mengerti bahwa aku memang seperti ini orangnya. Sahabat macam apa kamu ini, wahai Fajar.“

D.  Resolusi

Fajar yang menerima jawaban seperti itu rela mendiamkan Irpan hingga berhari-hari. Sampai akhirnya Irpan sendiri sadar akan apa yang telah dilakukannya. HIngga ia pun menyadari kesalahannya, dan juga meminta maaf kepada Fajar.

E.   Koda

Irpan sadar bahwa perilakunya tidaklah baik, dan itu bukan merupakan suatu hal yang malah patut dibangga-banggakan, melainkan memang sudah seharusnya diperbaiki. Jika saja Irpan tidak berubah, bisa jadi ia juga akan kehilangan satu-satu sahabatnya yang sudah mau mengerti dan membantunya dari dulu sampai sekarang.

Contoh Teks Inspiratif Tentang Seorang Tokoh

Michael Jordan

Michael Jordan, yang saat ini kita kenal sebagai seorang atlet basket hebat ternyata memang sudah memiliki impian menjadi seorang pebasket sejak kecil. Tetapi, siapa sangka perjalanannya menuju karirnya saat ini tidak begitu mulus.

Saat duduk di bangku SMA, Jordan pernah berpartisipasi untuk mengikuti seleksi tim basket sekolahnya. Sayang, dia tidak diterima. Alasan utamanya pada saat itu ialah karena tubuhnya dinilai terlalu pendek. Di samping itu, Jordan juga dinilai kurang terampil dalam cabang olahraga satu ini.

Mengetahui hal tersebut, ia pun bersedih, tapi ia tidak menyerah. Jordan tetap berlatih begitu giat setiap hari di rumahnya. Tidak hanya tentang hal teknis, Jordan juga melatih fisiknya sangat keras serta disiplin.

Dua tahun kemudian, ia kembali mendaftarkan diri untuk seleksi tim basket sekolah, dan kali ini ia berhasil diterima. Tentu dua tahun bukanlah waktu yang sebentar.

Tak berhenti di situ, pada kompetisi bola basket tingkat SMA tahun 1981, Jordan berhasil membuktikan ketangkasannya. Di game pertama, ia sukses mencetak 40 poin. Statistiknya juga mengesankan dengan rata-rata 25 angka per game. Dan di tahun yang sama ia juga berhasil memenangkan sebuah kompetisi.

Baca Juga  Fakta Terbaru Kronologi Kecelakaan Vanessa Angel dan Bibi Akhirnya Terungkap

Michael Jordan pensiun pada tahun 2003 silam dan mencatatkan sejarah sebagai pemain yang berhasil mencetak angka terbanyak kedua dalam satu musim. Kini, ia merupakan salah satu pemilik klub NBA, pebisnis, dan legenda basket dunia.

Nah itulah pembahasan kita pada kesempatan kali ini mengenai contoh teks inspiratif, pengertian, struktur, dan ciri-cirinya.