Wisata  

Wisata Puncak Widosari, Menikmati Panorama Alam Kulon Progo dari Ketinggian

Puncak Widosari
Puncak Widosari

Prohrd.org – Wisata Puncak Widosari, Destinasi wisata tahun 2022 Puncak Widosari masih menjadi daya tarik untuk pergi berlibur bersama keluarga. letak nya yang dinamis Kulon Progo menjadi salah satu kabupaten di Yogyakarta yang menyimpan pesona alam mengagumkan.

Hal ini tidak lepas dari adanya perbukitan menoreh yang membentang luas di kawasan tersebut. Puncak Widosari adalah salah satu destinasi wisata yang wajib anda kunjungi di Kulon Progo. Puncak dengan ketinggian 900 meter diatas permukaan laut ini menyajikan berbagai pemandangan alam indah dan menakjubkan.

Objek wisata ini sudah ada sejak tahun 2012 lalu, namun saat itu masih belum memiliki banyak fasilitas. Akses jalannya juga masih seadanya, pagarnya juga masih terbuat dari bambu dengan nak tangga berupa tanah. Tahun 2017 menjadi awal renovasi dan sekaligus menjadi perubahan besar bagi Puncak Widosari. Hingga saat ini, akses jalan dan fasilitas sudah mumpuni dan layak dikatakan sebagai objek wisata terbaik.

Baca Juga: Mengenal Tempat Wisata Pantai Tangsi (Pink Beach Lombok)

Supaya bisa sampai ke puncak nan indah ini, diperlukan tenaga ekstra dan kondisi tubuh yang bagus. Dari tempat parkir, anda harus menaiki sekitar 240 anak tangga. Jumlah yang banyak tentunya dan cukup menguras tenaga. Tidak sedikit wisatawan yang berhenti di tengah jalan hanya untuk memulihkan tenaga. Untungnya, banyak tersedia bangku dan gazebo untuk sebagai titik peristirahatan.

Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 06.00–18.00 WIB, Alamat: Tegalsari, Ngargosari, Kec. Samigaluh, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Daya Tarik yang Dimiliki Puncak Widosari

Daya Tarik Puncak Widosari
Image Credit: Instagram Wisata & Update Hiburan Jogja

Puncak dengan pemandangan indah ini tidak hanya dikunjungi wisatawan yang ingin melepas penat, namun juga pecinta alam dan pramuka. Tentu ada alasan yang mendukung, yakni dari data tarik yang memikat. Apa saja daya tarik dari Puncak Widosari? Berikut ulasan selengkapnya!

Baca Juga: Wisata Alam Kalibiru, Destinasi Wisata Alam Hits & Kekinian di Jogja

1. Pemandangan Indah Perbukitan

Dikarenakan letaknya yang berada di atas ketinggian, maka jelas saja daya tarik yang pertama yakni indahnya perbukitan. Lokasinya yang berada di kawasan bukit Menoreh menjadikan pemandangan semakin indah. Pohon rindang nan hijau tidak pernah lepas dari pandangan mata.

Baca Juga  5 Masjid Tertua yang ada di Riau

Sementara di sisi lain, kebun teh milik warga menjadi pelengkap lukisan alam. Panorama semakin mengagumkan dengan berbagai burung yang terbang seakan memberikan salam. Kontur khas perbukitan sangat jelas terlihat dan tampak indah jika dilihat dari atas ketinggian.

2. Panorama Pantai Selatan Jelas Terlihat

Belum habis menikmati indahnya perbukitan di Puncak Widosari, anda akan melihat bagaimana bentangan air laut luas di sisi lain. Terlihat jelas bibir Pantai Selatan meskipun anda berada di atas ketinggian. Sayangnya, deburan ombak khas pantai tidak tampak. Meski demikian, panorama alam ini menjadi daya tarik lain bagi wisatawan yang berkunjung.

Baca Juga: Woodland Kuningan, Objek Wisata Alam dengan Panorama Hutan Pinus yang Memukau

Indahnya panorama tersebut semakin memukau dengan kontras warna hijau perbukitan dan biru lautan. Langit biru yang cerah juga semakin mempercantik tampilan. Hanya saja jika cuaca tidak mendukung, panorama ini tidak bisa anda saksikan. Maka dari itu, sebaiknya mengunjungi lokasi wisata hits ini pada saat cuaca cerah.

Daya Tarik Dimiliki Puncak Widosari
Image Credit: Google Maps agus san

3. Kemegahan Pegunungan Tampak Nyata

Meskipun indahnya pantai kurang begitu cantik apabila cuaca mendung, namun anda bisa mendapatkan pemandangan lain. Puncak Widosari di Kulon Progo ini menyajikan pemandangan alam lain berupa pegunungan. Bukan hanya satu atau dua pegunungan, namun ada emat gunung yang bisa anda nikmati kemegahannya sekaligus.

Keempat gunung yang dimaksud masih berada di kawasan Jogja dan sekitarnya, yakni Gunung Merapi, Merbabu, Sindoro, dan Gunung Sumbing. Cuaca cerah atau ketika sedang mendung masih tetap cantik menghiasi pegunungan tersebut. Anggap saja ketika cuaca mendung diselimuti awan tebal, pemandangan gunung justru tampak lebih mempesona.

4. Bongkahan Batu Tebing Menjulang Tinggi

Tepat diatas puncak bukit, ada sebuah bongkahan batu besar yang berdiri tegak seakan ingin menggapai langit. Daya tarik ini tidak mungkin ditemui di kawasan lain. Apalagi keindahannya semakin mudah dinikmati karena jarak pandang dengan titik terakhir anda berpijak sangat dekat.

Bentuknya yang memanjang seperti bongkahan balok memang tidak dapat didaki, namun anda bisa menggunakannya sebagai latar belakang foto cantik. Inilah yang juga dilakukan wisatawan lain, dimana batu tersebut digunakan sebagai titik utama untuk mengambil gambar foto atau video.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Puncak Wisosari
Image Credit: Google Maps Aynia Ashfa

Untuk menuju Puncak Widosari, anda perlu melakukan perjalanan selama kurang lebih 1.5 jam dari pusat kota Jogja atau Tugu Jogja. Waktu tersebut diperlukan untuk menempuh jarak setidaknya 40 kilometer. Alamat lengkapnya berada di Tegalsari, Ngargosari,, Samigaluh, Kulon Progo, DI Yogyakarta.

Baca Juga  Curug Tilu Wisata Yang Sedang Populer di Bandung Jawa Barat

Banyak rute yang bisa ditempuh, namun umumnya menggunakan jalur yang mengarah ke Jalan Godean atau Ring Road. Dari pusat kota Jogja, ambil arah Barat hingga menuju ke perempatan Ring Road. Setelah melewati Jembatan Progo dan tiba di perempatan, ambil arah kanan yang menuju kawasan Dekso.

Lurus saja hingga menemukan perempatan Dekso, kemudian ambil jalur kiri dan masuk ke kecamatan Samigaluh. Sesampainya di perempatan Plano, silahkan belok kanan dan ikuti papan petunjuk yang ada di lokasi. Akses jalan yang harus dilalui cukup baik, namun beberapa tanjakan mungkin akan membuat kesulitan.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Puncak Widosari
Image Credit: Facebook Shin Dulaga

Puncak Widosari memang membebankan biaya tiket masuk bagi setiap wisatawan yang berkunjung. Namun harganya masih terjangkau dan jauh dari kata mahal. Tidak ada perbedaan antara anak-anak dan dewasa, semua dikenakan tarif yang sama, yakni 5.000 rupiah. Tarif tersebut dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan pengelola.

Selain tiket masuk, biaya yang wajib dikeluarkan yaitu untuk parkir kendaraan. Sesuai dengan tarif standar objek wisata, mobil dikenakan biaya 5.000 rupiah, dan motor 2.000 rupiah. Tidak ada lagi biaya yang harus anda keluarkan selain untuk kedua hal tersebut. Hanya saja jika ingin menikmati makanan dan minuman di warung, tentu anda harus membayarnya.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Puncak Widosari

Aktivitas Menarik Di Puncak Widosari
Image Credit: Google Maps Dimas Arif Antonio

Aktivitas menjadi hal yang wajib jika berkunjung ke Puncak Widosari. Sebagian besar wisatawan menggunakan alasan ini untuk mengunjungi objek wisata alam ini. Menikmati keindahan alam adalah salah satu diantaranya. Tentunya masih banyak lagi yang bisa dilakukan, seperti aktivitas berikut ini!

1. Menyaksikan Indahnya Sunrise dan Sunset

Masih seputar keindahan alam, anda bisa menyaksikan bagaimana secara perlahan matahari naik diatas kepala. Sebaliknya, keindahan matahari terbenam juga bisa disaksikan di tempat yang sama. Meskipun tidak secara menyeluruh karena tertutup pegunungan, namun pancaran sinarnya seolah tidak mampu menutupi eksotisme nya.

Aktivitas ini dianggap wajib bagi sebagian wisatawan yang mengunjungi Puncak Widosari. Maka jangan heran jika banyak dari mereka yang rela berangkat di Subuh hari demi menyaksikan matahari terbit. Adapun mereka yang ingin menikmati keindahan matahari tenggelam tidak terlalu sulit. Waktu keberangkatan bisa dimulai sore hari.

Baca Juga  Bukit Menoreh, Destinasi Wisata Alam yang Sarat Nilai Sejarah di Kulon Progo 2022

2. Tracking Menantang Menuju Lokasi

Bagi yang suka tantangan, 240 anak tangga yang harus dilalui bukanlah penghalang. Justru dengan keberadaan jumlah tersebut, aktivitas selama perjalanan semakin seru. Apalagi jika setiap ayunan langkah selalu ditemani dengan indahnya panorama khas perbukitan, pegunungan, dan Pantai Selatan.

Banyak pengunjung yang menuju Puncak Widosari menggunakan sepeda. Aktivitas ini tentunya sangat menantang karena jalur yang ditempuh tidaklah mulus. Ketika sampai pada anak tangga, mereka harus membopong sepeda hingga menuju puncak. Meskipun terlihat melelahkan, nyatanya banyak wisatawan yang melakukannya karena memang seru.

3. Berburu Spot Foto dengan Panorama Mengagumkan

Semua aktivitas yang dilakukan tentunya masih kurang lengkap jika tidak mengabadikan momen ketika berada di Puncak Widosari. Lengkapnya pemandangan alam dari berbagai tema bisa anda dapatkan dan dijadikan latar belakang. Pantai, Pegunungan, dan kontur khas perbukitan menjadi background yang tepat untuk menghiasi setiap jepretan foto.

Meskipun tidak ada spot khusus yang dibangun pengelola, namun spot liar sudah memberikan hasil memuaskan. Dari banyaknya titik, yang paling utama dan menjadi favorit kebanyakan pengunjung adalah bongkahan batu tebing yang menjulang tinggi. Jaraknya yang dekat dengan gardu pandang atau titik terakhir puncak bukit menjadi alasan tersendiri. Hasil foto pastinya sangat jelas, apalagi jika anda bisa mengambil sudut yang tepat.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Puncak Widosari
Image Credit: Google Maps prasetyo

Fasilitas yang ada di Puncak Widosari tergolong memadai, seperti yang disinggung sedikit diatas. Warga setempat dibantu dengan pemerintah sukses menjadikan kawasan wisata ini semakin hits. Untuk mendukung dan memerikan kenyamanan bagi pengunjung, tersedia berbagai fasilitas penting yang bisa dinikmati.

Toilet yang bersih dengan kondisi terawat menjadi perhatian utama bagi setiap wisatawan. Ada juga Mushola yang terbuka bagi siapa saja yang ingin beribadah. Lahan parkir yang aman sebelum anda menuju puncak juga tersedia cukup luas. Ketika perjalanan menuju puncak bukit, tersedia bangku dan gazebo sebagai tempat istirahat.

Untuk bekal di perjalanan, tersedia banyak warung makanan dan minuman. Perlu diketahui, tidak ada warung atau penjual jika anda mencapai puncak, jadi pastikan membawa bekal dari bawah. Warung tersebut tersebar di area parkir dengan harga standar objek wisata, bahkan ada beberapa yang harganya cukup murah.

Bisa dikatakan bahwa pesona Puncak Widosari di Kulon Progo masih unggul dari beberapa spot wisata yang ada di kawasan yang sama. Tingginya bukit dan jalanan yang harus dilalui tidak mudah, pastikan anda dalam kondisi sehat dan fit sebelum menuju lokasi. Selain itu, pastikan anda mempunyai banyak waktu karena dipastikan betah berlama-lama di sana.