Wisata  

Bukit Menoreh, Destinasi Wisata Alam yang Sarat Nilai Sejarah di Kulon Progo 2022

Bukit Menoreh

Prohrd.org – Destinasi Bukit Menoreh, Bukit Menoreh merupakan wisata alam yang bersejarah, banyak wisatawan yang berkunjung ke wisata Bukit Menoreh ini, daya tarik alami membuat wisata ini banyak di buru wisatawan.

Salah ssatu keistimewaan Bukit Menoreh ini bisa dilihat dari banyaknya wisatawan yang setiap hari berkunjung, apalagi jika hari libur pengunjung bisa terlihat 2 kali lipat banyaknya.

Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Curug, Hargorojo, Kec. Bagelen, Kab. Purworejo, Jawa Tengah; Map: Cek Lokasi

Letaknya yang jauh dari perkotaan membuat suasana sejuk dan asri. Pohon rindang yang berada di tepian jalan buka hanya sebagai tempat berteduh, namun juga menyerap polusi udara. Seketika menginjakkan kaki di bukit ini, dipastikan penat dan rasa lelah hilang untuk sementara.

Baca Juga: Bukit Durian Sagara Wisata Sukabumi, Yang Sedang Viral

Bukit Menoreh mempunyai banyak destinasi wisata. Beberapa diantara yang paling terkenal adalah Puncak Suroloyo, Air Terjun Kedung Pedut, Tumpeng Menoreh, dan masih banyak lagi. Pada saat tertentu, ada juga atraksi kebudayaan yang ditampilkan seniman lokal yang bisa menjadi salah satu hiburan bagi wisatawan.

Daya Tarik yang Dimiliki Bukit Menoreh

Daya Tarik Bukit Menoreh
Image Credit: Google Maps aries san94

Tentunya anda setuju bahwa setiap objek wisata pasti mempunyai daya tarik tersendiri. Demikian pula dengan Bukit Menoreh yang setiap hari banyak dikunjungi wisatawan domestik maupun asing. Dari banyaknya daya tarik yang memikat hati, berikut adalah yang paling menonjol!

1. Keindahan Alam Bukit Menoreh

Banyak wisatawan yang terpesona dengan keindahan alam yang diberikan. Bukit yang juga dikenal dengan pegunungan Menoreh ini dipastikan membuat hati tenteram dan nyaman. Seperti yang dikatakan sebelumnya, berbagai jenis pohon tumbuh subur di kawasan ini. Semak belukar dan tanaman dengan bunga cantik juga tumbuh dan turut menghiasi daerah sekitar.

Baca Juga: Taman Wisata Kaliurang, Destinasi Wisata Alam Hits di Sleman Jogja

Sejauh mata memandang, hamparan bukit hijau sangat jelas terlihat. Kontur tanah yang tidak merata ternyata juga ikut memberikan keindahan. Meskipun berada di atas ketinggian, namun anda juga bisa melihat indahnya sungai, gua, dan tebing yang selalu menghiasi. jenis satwa yang mungkin anda temui selama di Bukit Menoreh diantaranya adalah biawak, landak, kera, dan elang jawa.

2. Tempat Benteng Pangeran Diponegoro

Dengan kontur tanah yang kadang menanjak dan curam, kawasan tersebut sangat cocok dijadikan tempat bertahan. Inilah yang juga dilakukan Pangeran Diponegoro pada saat melawan penjajah Belanda. Beliau bersama pasukannya membuat pertahanan yang tidak dapat ditembus musuh saat itu.

Dalam waktu yang bersamaan, Pangeran Diponegoro mengatur strategi untuk mengalahkan musuh. Daya tarik ini mungkin tidak begitu istimewa bagi anda yang tidak menghargai nilai sejarah. Namun jika sebaliknya, anda bisa mengetahui dengan jelas bagaimana sebuah bukit mampu digunakan sebagai benteng pertahanan.

Baca Juga: 4 Lokasi Wisata Religi Makam Di Riau Yang Populer

3. Berbagai Objek Wisata Seru dan Lengkap

Alasan utama kenapa banyak wisatawan yang rela menghabiskan waktu seharian untuk mengunjungi Bukit Menoreh tidak lain karena banyaknya wisata seru. Puncak Suroloyo termasuk salah satu yang paling hits dan paling favorit. Bagaimana tidak, dari puncak tersebut, dan bisa melihat deretan perbukitan yang mirip dengan budha tidur.

Selain itu, masih ada lagi yang tidak kalah indah, yakni Tumpeng menoreh. Dikatakan Tumpeng karena ada sebuah bukit yang sangat mirip tumpeng dengan bentuk mengerucut di bagian atas. Meskipun tidak dapat didaki, namun pihak pengelola membangun spot khusus yang berada di sampingnya untuk menikmati keindahan bukit Tumpeng tersebut.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Bukit Menoreh
Image Credit: Twitter Good News From Indonesia

Untuk mengunjungi objek wisata yang sedang hits ini, silahkan datang ke Desa Sidohajo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Meskipun berada di kawasan perbukitan, namun tidak sulit menemukan lokasi wisata tersebut. Perjalanan membutuhkan waktu sekitar 50 menit menggunakan kendaraan bermotor. Waktu tersebut dibutuhkan untuk menempuh jarak kurang lebih 30 kilometer.

Baca Juga: Bangka Botanical Garden, Destinasi Wisata Hits & Sarana Edukasi Favorit

Perjalanan ke Bukit Menoreh yang paling mudah yakni dengan memulainya dari pusat kota Jogja. Anggap saja anda saat ini berada di Malioboro, arahkan kendaraan menuju ke Jalan Magelang dan berakhir di Sidomulyo. Lanjutkan perjalanan menuju ke Jalan Moh. Yusuf hingga bertemu Jalan Mayor Kusen. Tidak jauh dari lokasi tersebut, silahkan belok kiri ke Jalan Sudirman, tepatnya setelah anda melewati Monumen Proklamasi Soekarno-Hatta.

Perjalanan sudah dekat, terus lurus hingga menuju ke Jalan Raya Borobudur hingga tiba di pertigaan Jalan Diponegoro. Ambil arah kanan, seharusnya anda bisa melihat perbukitan yang indah dari titik ini. Lurus terus sambil melihat papan petunjuk yang ada di sekitar jalan raya hingga tiba di lokasi wisata.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Bukit Menoreh
Image Credit: Google Maps Hardanta Putra

Tidak perlu membayar mahal untuk destinasi wisata alam Bukit Menoreh yang menawan di Kulon Progo, anda hanya dibebankan tiket masuk sebesar 5.000 rupiah untuk hari aktif. Sedangkan untuk hari libur naik dua kali lipat, tepatnya 10.000 rupiah.

Biaya lain yang harus dikeluarkan yakni parkir kendaraan. Tidak terlalu maha dan masih sesuai standar objek wisata. Mobil dikenakan biaya sewa lahan sebesar 5.000 rupiah, dan motor 2.000 rupiah.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Bukit Menoreh

Aktivitas Di Bukit Menoreh
Image Credit: Twitter Jogja Istimewa

Dengan lahan yang luas dan banyaknya objek wisata yang disediakan, tentunya banyak sekali aktivitas menarik yang bisa dilakukan. Aktivitas wajib dan pasti dilakukan semua wisatawan yang berkunjung ke Bukit Menoreh yakni menikmati pemandangan dan keindahan alamnya. Selain itu, aktivitas berikut pasti layak anda lakukan selama di lokasi!

1. Tracking Seru Mendaki Bukit

Setiap jalan yang anda lalui kebanyakan berupa tanjakan. Bukan hanya ketika menuju tempat parkir, namun juga pada saat anda menuju spot utama. Perjalanan yang kadang menurun mengharuskan anda untuk berhati-hati. Apabila salah langka, bersiaplah untuk terpeleset.

Meski demikian, rintangan tersebut seolah tidak pernah ada bagi wisatawan yang berkunjung. Semuanya seakan sirna dengan keindahan dan panorama alam yang diberikan. Perjalanan semakin seru ketika berbagai suara hewan selalu menemani. Bahkan jika anda beruntung, gerombolan kera sangat jelas terlihat dari jarak dekat.

2. Berkunjung ke Puncak Suroloyo

Salah satu spot idaman yang selalu ramai hingga saat ini adalah Puncak Suroloyo. Telah disebutkan satu daya tariknya diatas, yakni adanya siluet budha tidur yang jelas terlihat dari puncaknya. Selain itu, masih ada lagi yang tidak kalah menarik dalam hal panorama alam yang jelas terlihat dari salah satu spot wisata Bukit Menoreh ini.

Terdiri dari tiga spot atau gardu pandang yang dulunya digunakan sebagai tempat pertapaan. Setiap gardu pandang yang juga disebut dengan pendopo tersebut memberikan pemandangan alam yang berbeda. Salah satunya, anda bisa melihat megahnya bangunan Candi Borobudur.

Sedangkan di titik lain memberikan panorama alam dari empat gunung sekaligus, yakni Gunung Merapi, Merbabu, Gunung Sumbing, dan Gunung Sindoro. Sedangkan titik terakhir biasanya digunakan untuk menyaksikan indahnya panorama alam dari Pantai Glagah. Tentunya semua pemandangan akan jelas terlihat ketika cuaca sedang mendukung, dalam artian cuaca cerah.

3. Mengunjungi Objek Wisata Kalibiru

Setelah anda puas menikmati pemandangan alam dari atas perbukitan, saatnya beralih ke lokasi lain jika masih ada waktu. Tempat yang selalu ramai dan tidak kalah menarik di Bukit Menoreh Kulon Progo adalah wisata Kalibiru. Jangan salah mengenai objek wisata ini, karena anda tidak berada di sebuah kali atau sungai. Kalibiru juga salah satu tempat wisata yang berada di atas ketinggian.

Pihak pengelola membangun beberapa gardu pandang untuk melihat panorama alam dari atas bukit. Di tempat tersebut, akan tampak dengan jelas Waduk Sermo dengan ciri khas tepian yang meliuk. Waduk tersebut digunakan sebagai sarana utama untuk mengairi sawah dan juga sebagai kebutuhan air bagi penduduk Jogja, khususnya Kulon Progo.

3. Berburu Spot Foto dengan Latar Belakang Alam

Aktivitas lain yang bisa dilakukan ketika mengunjungi Bukit Menoreh yakni dengan berfoto. Aktivitas fotografi ini pastinya tidak ingin anda tinggalkan, begitu pula oleh semua wisatawan yang berkunjung. Apalagi jika banyak sekali spot cantik dengan pesona alamnya masing-masing.

Dari satu sudut, anda bisa menjadikan gunung sebagai latar belakang. Sementara di sisi lain, pemandangan alam berupa rimbunnya pohon di hutan belantara juga tidak kalah menarik. Kontur khas perbukitan juga cocok dijadikan background untuk menghiasi setiap jepretan yang dilakukan.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Bukit Menoreh
Image Credit: Google Maps Hardanta Putra

Fasilitas di kawasan Bukit Menoreh bisa dikatakan memadai, bahkan lebih dari cukup. Seperti halnya tempat wisata lainnya, terdapat toilet untuk membersihkan diri. Ada juga mushola sebagai tempat ibadah yang selalu terbuka bagi siapa saja. Selain itu, lahan parkir luas menjadi fasilitas yang harus diperhitungkan oleh pihak pengelola.

Bagi anda yang ingin merasakan kenikmatan masakan khas Jogja, banyak tersedia warung dengan harga murah. Selain menu makanan, ada juga minuman yang wajib anda nikmati, seperti kopi, teh, atau wedang jahe. Dikarenakan banyaknya objek wisata yang tersedia, pengelola juga menyediakan tempat penginapan bagi mereka yang belum tuntas menyelesaikan masa liburannya.

Memang sangat mengagumkan apa yang ditawarkan oleh Bukit Menoreh di Kulon Progo. Lokasinya yang berupa perbukitan menuntut setiap wisatawan dalam kondisi fit selama melakukan perjalanan. Jadi, pastikan anda menjaga kesehatan sebelum berkunjung ke lokasi.