Wisata  

Air Terjun Teroh-Teroh, Pesona Alam Eksotis yang Super Jernih di Langkat

Air Terjun Teroh-Teroh, Pesona Alam Eksotis Yang Super Jernih Di Langkat

Harga Tiket: Rp 40.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Rumah Galuh, Kec. Sei Bingai, Kab. Langkat, Sumatera Utara; Map: Cek Lokasi

Air terjun atau curug masih menjadi destinasi wisata Langkat yang cantik dan menarik bagi wisatawan, termasuk Air Terjun Teroh-Teroh. Tempat wisata ini menyatukan dengan sempurna antara air, udara dan daratan. Betapa air di tempat tersebut begitu bersih, jernih dan alami, serta tidak ada sedikitpun limbah.

Sedangkan udara yang ada di lokasi sangat bersih dan tidak ada polusi udara yang berarti. Begitu juga dengan daratannya dipenuhi dengan pohon hijau yang menjulang. Perpaduan tiga unsur tersebut menyatu dalam tempat wisata yang menjadi idaman para wisatawan, baik lokal, domestik maupun mancanegara.

Berbagai daya tarik yang ada di sana membuat penasaran orang yang belum pernah berkunjung. Tentunya juga dirindukan bagi mereka yang pernah berinteraksi atau pernah merasakan tempat tersebut. Maksudnya, mereka yang pernah mengunjungi lokasi wisata ini hampir dipastikan ingin mengunjunginya kembali.

Daya Tarik yang Dimiliki Air Terjun Teroh-Teroh

Daya Tarik Air Terjun Teroh-Teroh
Image Credit: Instagram pelaruga_terohterohh

Salah satu hal penting yang harus diketahui saat berkunjung ke tempat wisata, yaitu dengan mengetahui daya tarik yang ada di tempat tersebut. Begitu juga saat akan berkunjung ke Air Terjun Teroh-Teroh, wisatawan harus mengetahui hal menarik yang ada di sana supaya menyiapkan berbagai keperluan.

1. Keamanan dan Kenyamanan Berwisata

Sebagian besar air terjun terletak jauh dari lokasi strategis atau pemukiman. Bahkan untuk menuju ke lokasi tersebut, harus menyusuri hutan hingga beberapa kilometer. Hal itu membuat keamanan dan kenyamanan berwisata agak sedikit terganggu, karena mereka berada di tempat asing dan tidak memahami medan tersebut.

Namun, bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Air Terjun Teroh-Teroh, anda tidak perlu khawatir, sebab di lokasi tersebut disediakan pemandu wisata profesional oleh pihak pengelola. Hal ini menjadi daya tarik utama bagi wisatawan, karena banyak pengunjung yang tidak mengetahui medan, sehingga kehadiran pemandu sangat membantu mereka.

Fungsi guide adalah memberikan arahan dan titik rawan yang ada di hutan, sehingga wisatawan bisa lebih waspada. Selain itu, nature guide memastikan keamanan dan kenyamanan wisatawan dengan mengikuti mereka hingga tiba di lokasi air terjun. Pengunjung juga bisa menanyakan hal-hal yang terkait dengan destinasi wisata yang dikunjungi.

2. Panorama Alam yang Menawan

Hal berikutnya yang menjadi daya tarik Air Terjun Teroh-Teroh adalah panorama alam yang menawan. Betapa terlihat sangat cantik, menarik dan eksotik tempat ini, ketinggian air terjun lebih dari 10 meter tersebut, dikelilingi pohon hijau yang menjulang tinggi, udara sejuk dan hawa yang segar. Selain itu, aliran air yang turun dari curug terlihat menawan, bersih dan jernih, membuat wisatawan yang memandang ingin segera berenang.

Keindahan berikutnya dan membuat tempat wisata air terjun ini sempurna, yaitu terlihat dari tebing yang tinggi, membuat lokasi lebih elegan. Begitu cantik dan eksotik nya tempat ini, sehingga banyak wisatawan yang mengabadikan aktivitas mereka saat berada di lokasi tersebut.

3. Rute yang Menantang

Tempat wisata Air Terjun Teroh-Teroh memiliki rute yang menantang. Bagi para petualang, perjalanan menuju lokasi tersebut harus ditaklukkan. Akan tetapi bagi wisatawan yang belum pernah ke lokasi tersebut dan tidak pernah berpetualang, pihak pengelola menyediakan pemandu wisata. Hal tersebut bertujuan agar pengunjung bisa lebih tahu dan memahami medan.

Perjalanan menuju lokasi memang banyak menguras energi, namun para wisatawan tidak perlu khawatir, karena selain ditemani pemandu wisata, juga ditemani suasana bersih, asri, merdu dan syahdu. Berbagai suasana tersebut, seperti areal yang terdapat banyak pohon hijau, angin sepoi-sepoi dan udara bersih bebas polusi. Ditambah suara berbagai jenis burung yang berkicau merdu, membuat suasana lebih seru dan syahdu.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Air Terjun Teroh-Teroh
Image Credit: Instagram Daniel Gan

Air Terjun Teroh-Teroh berada di Desa Rumah Galuh, Kecamatan Sei Bingai, Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara. Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke lokasi tersebut, jika perjalanan dimulai dari Medan, maka masuk Jalan Tol Medan menuju ke Binjai. Setelah itu, lanjutkan perjalanan menuju Jalan Sungai Wampu, saat tiba di tempat tersebut, berikutnya menuju ke Desa Rumah Galuh.

Perjalanan dari Medan ke tempat wisata cantik ini berjarak sekitar 48 kilometer dan membutuhkan waktu 1 jam 30 menit saja. Meski perjalanan cukup panjang, tetapi tidak melelahkan. Sebab selama perjalanan, mata akan dimanjakan oleh suasana perkebunan dan sawah yang terlihat bersih dan asri. Selain itu, udara sejuk dan segar menemani sepanjang perjalanan. Oleh karena itu, dianjurkan untuk membuka jendela kendaraan saat perjalanan.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Air Terjun Teroh-Teroh
Image Credit: Google Maps Nuansa Indah Tour

Saat tiba di lokasi wisata Air Terjun Teroh-Teroh, harga tiket masuk sebesar 40.000 per orang, baik anak kecil atau orang dewasa. Harga tersebut satu paket dengan biaya jasa pemandu wisata, retribusi parkir, dan tempat penitipan barang. Sehingga pengunjung tidak perlu mengeluarkan biaya lagi, dan hal itu bertujuan agar keamanan dan kenyamanan wisatawan menjadi prioritas utama bagi pengelola.

Untuk jam operasionalnya mulai hari Senin hingga Minggu atau tidak ada hari libur. Anda bisa datang kapan saja karena ojek wisata di Langkat ini dibuka selama 24 jam. Sehingga bagi pengunjung yang ingin melihat sunset atau sunrise, bisa menikmati momen menarik tersebut sambil berkemah di sekitar lokasi wisata.

Aktivitas yang Menarik di Air Terjun Teroh-Teroh

Aktivitas Di Air Terjun Teroh-Teroh
Image Credit: Instagram Langkat Sumut

Selain daya tarik sebagai pemicu wisatawan untuk berkunjung ke lokasi wisata, hal berikutnya yang perlu diketahui adalah aktivitas menarik yang bisa di lakukan saat berada di tempat tersebut. Berbagai aktivitas yang menarik untuk dilakukan saat berada di Air Terjun Teroh-Teroh adalah sebagai berikut!

1. Berenang di Kolam Alami

Meski perjalanan menuju lokasi cukup jauh dan sedikit melelahkan, namun saat tiba di lokasi, rasa penat dan lelah wisatawan akan terbayar. Sebab di sana terdapat air bersih, jernih, berwarna kebiruan dan alami yang mengalir dari pegunungan menuju ke Air Terjun Teroh-Teroh, hingga ke sungai kecil yang ada di bawahnya. Sehingga menjadi tempat yang asyik dan seru untuk Berenang di Kolam Alami.

Hal inilah yang menjadi favorit dan menjadi aktivitas menarik bagi para pengunjung. Karena dengan mandi di tempat tersebut memberikan kesegaran dan kebugaran kepada tubuh. Selain itu, tebing tinggi yang kokoh, pohon rimbun dan hijau, angin yang bertiup sepoi-sepoi, membuat aktivitas berenang semakin semangat hingga lupa waktu istirahat.

2. Hunting Foto dan Video

Pemandangan cantik, menarik, dan eksotik tidak hanya ada di Air Terjun Teroh-Teroh. Perjalanan menuju lokasi tersebut juga memberikan destinasi alam yang indah. Hunting foto dan video bisa dilakukan saat perjalanan berpetualang menuju lokasi air terjun eksotis ini. Berbagai momen indah, yaitu air terjun dengan suara gemuruh air saat jatuh, tebing tinggi yang terlihat elegan dan eksotik, pohon hijau yang cantik, cocok untuk didokumentasi.

Banyak spot yang menggoda di sana, sehingga membuat jiwa fotografer dadakan wisatawan menggelora dan segera untuk mengabaikannya. Jangan lupa untuk melakukan pose terbaik saat pengambilan gambarnya, agar koleksi foto dan video di media sosial semakin menambah kepercayaan diri dan menambah follower yang ada.

3. Cliff Jumping

Saat berenang maupun berendam di Air Terjun Teroh-Teroh terasa biasa saja dan tidak ada tantangan yang berarti, saat itulah anda butuh sensasi baru. Bagi anda yang suka sensasi, ingin memacu adrenalin, dan membunuh rasa takut, lompat di atas tebing merupakan salah satu cara untuk menaklukkan rasa takut dalam diri.

Berbagai tebing yang ada di sana bisa digunakan untuk atraksi cliff jumping, dan hal ini menjadi salah satu aktivitas yang menarik bagi wisatawan. Saat anda ingin melakukan atraksi, jangan lupa untuk mengabadikan nya dengan meminta bantuan teman atau keluarga untuk mendokumentasikan moment langka tersebut.

Sebab hal itu menjadi pengalaman yang unik, menarik dan tidak mudah untuk dilupakan. Apalagi saat di upload di media sosial yang ada, dan ditonton oleh banyak orang. Meski demikian, selayaknya anda harus berhati-hati dalam melakukannya. Jika masih belum berpengalaman, sebaiknya gunakan batuan yang tidak terlalu tinggi.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Air Terjun Teroh-Teroh
Image Credit: Instagram Cerita Langkat

Fasilitas utama dan yang paling penting di Air Terjun Teroh-Teroh, yaitu pemandu wisata. Namun selain itu, ada fasilitas penunjang lainnya, seperti toilet umum. Meski masih belum sempurna, namun bisa digunakan untuk wisatawan yang ingin buang air kecil atau besar. Selain itu, ada area parkir, baik sepeda motor maupun mobil. Ada juga Musholla, meski terlihat sederhana, namun bisa dilakukan untuk beribadah.

Bagi wisatawan yang ingin kuliner karena seharian beraktivitas dan perut jadi lapar, di sana ada warung makan sederhana yang bisa membantu perut yang sedang keroncongan. Meski tidak mewah, namun menu yang disajikan adalah makanan khas daerah tersebut. Selain itu, makan di alam terbuka dengan suasana alam yang indah dan mempesona, memberikan sensasi tersendiri.

Demikian berbagai ulasan daya tarik, aktivitas yang menarik, fasilitas dan berbagai informasi lainnya tentang Air Terjun Teroh-Teroh yang bisa disampaikan. Semoga ulasan ini bisa memberikan gambaran kepada wisatawan tentang situasi dan kondisi yang ada di sana. Sehingga jika ingin berkunjung ke lokasi tersebut punya banyak persiapan dan bekal yang akan dibawa.



Source link

Baca Juga  Pemandian Air Panas Gunung Pancar, Kolam Pemandian yang Populer di Bogor 2022