Wisata  

Alun Alun Kota Malang,Tempat Rekreasi Favorit untuk Liburan Keluarga

Alun Alun Kota Malang

prohrd.org- Alun Alun Kota Malang merupakan sebuah lokasi yang sering dijumpai masyarakat baik itu musim liburan maupun setiap hari biasa. di tempat ini juga kamu bisa menemukan berbagai macam warung makan edagang kaki lima, kendaraan, mesjid, hingga pasar dengan mudah..

Orang-orang turun ke alun-alun pada hari Minggu di mana banyak orang berjalan dan mengambil foto diri mereka sendiri. Alun-alun unik milik pemerintah daerah ini dibangun dengan desain yang menarik seperti taman anak-anak. Begitu banyak orang pergi berlibur. jalan-jalan sambil melakukan wisata kuliner pun akan terasa menyenangkan.

Di alun-alun ini anda bisa menghilangkan segala kepenatan dan kejenuhan dari aktivitas sehari-hari anda. Tempat wisata akan terlihat lebih menarik jika anda berjalan-jalan di malam hari. Kincir Raksasa atau melihat keindahan air mancur disana. Lampu-lampu di taman alun-alun akan menambah keindahan suasana kota di malam hari.

Baca Juga: Puncak Guha, Spot Terbaik Menikmati Indahnya Panorama Laut di Garut

Alun Alun Kota Malang,Tempat Rekreasi Favorit untuk Liburan Keluarga

Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 jam, Alamat: Jl. Merdeka Selatan, Kiduldalem, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Daya Tarik yang Dimiliki Alun-Alun Kota Malang

Daya Tarik Alun-Alun Kota Malang
Image Credit: Google Maps Datuk Ismail

1. Kincir Raksasa untuk Melihat Kota Malang

Alun-Alun Malang memiliki konsep pembangunan yang berbeda dari biasanya. Tempat tersebut menghadirkan sebuah Kincir Raksasa yang dapat dinaiki oleh seluruh pengunjungnya. Ketika kincir mulai naik, maka Anda dapat melihat seluruh wilayah Kota Malang dari atas. Keindahan kota akan semakin terlihat sempurna ketika menaiki kincir di malam hari.

2. Bangunan Berbentuk Apel dan Stoberi

Perlu diketahui bahwa Kota Malang sangat terkenal karena buah apel sehingga menjadikannya sebagai ikon wilayah tersebut. Pada alun-alun, terdapat bangunan berbentuk apel dan stroberi yang unik. Kedua bangunan ini memiliki fungsi berbeda dimana gambar apel adalah kamar mandi, sedangkan stroberi merupakan pusat informasi Kota Malang.

Baca Juga  Danau Buatan Pekanbaru, Tempat Wisata Dengan Panorama Alam Indah

Baca Juga: Pulau Kera, Surga Bahari Tersembunyi Nan Eksotis di Kupang

Daya Tarik Dimiliki Alun-Alun Kota Malang
Image Credit: Google Maps Rini Juariah

3. Terdapat Rumah Ibadah Bersejarah

Tidak hanya pada inti wilayah alun-alun saja, wisatawan berkunjung ke lokasi tersebut untuk melihat beberapa bangunan sejarah. Kota Malang memiliki banyak peninggalan sejarah, termasuk pada rumah ibadahnya. Anda dapat beribadah, berfoto, serta memperoleh informasi sejarah dalam Masjid Agung Malang yang telah dibangun sejak abad ke-18.

Selain rumah ibadah umat muslim, di sekitar alun-alun terdapat dua gereja yang telah berdiri lebih dari 100 tahun lamanya. Kedua tempat ibadah itu bernama Gereja Kayutangan dan GPIB Immanuel. Sama halnya dengan Mesjid Agung Malang, kedua gereja ini dapat memiliki dua fungsi yakni sebagai tempat ibadah dan mempelajari sejarah saat penjajahan.

Baca Juga: Taman Wisata Kaliurang, Destinasi Wisata Alam Hits di Sleman Jogja

4. Adanya Bangunan Estetik

Alun-Alun Kota Malang memiliki beberapa bangunan estetik yang menjadi alasan para turis mengunjungi tempat tersebut. Terdapat Monumen Chairil Anwar yang biasa dijadikan sebagai spot foto favorit oleh kalangan wisatawan. Bahkan, sebagian pengunjung akan mengambil foto di depan Bank Indonesia yang terlihat estetik dan keren.

Kemudian, para wisatawan akan berkunjung ke Toko Oen yang telah berdiri dari tahun 1922. Selain memiliki sejarah, toko ini sangat khas dengan oleh-olehnya yang sangat lezat dan populer di kalangan wisatawan. Sebagian besar wisatawan sangat tertarik untuk mencicipi makanan di toko tersebut karena menghadirkan jajanan lokal hingga kue barat.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Alun-Alun Kota Malang
Image Credit: Google Maps Yopie Janitra

Alun-Alun Kota Malang berada di Jalan Merdeka Selatan, Kelurahan Kidul Dalem. Daerah tersebut adalah bagian dari Kecamatan Klojen, Kota Malang, Provinsi Jawa Timur. Karena alun-alun ini berada di pusat kota, maka para pengunjung hanya memerlukan waktu beberapa menit saja menuju objek wisata tersebut.

Bagi Anda yang berasal dari luar daerah, dapat menaiki kereta hingga Stasiun Malang Kotabaru ataupun bus untuk berhenti di Terminal Arjosari. Selain itu, Kota Malang memiliki Bandara Abdul Rachman Saleh yang memudahkan wisatawan luar pulau untuk mengunjunginya.

Dari terminal Arjosari, Anda dapat menaiki angkot berwarna biru yang melewati Jalan Teluk Pacitan, Jalan Sunandar Priyo Sudarmo, dan Jalan Cokroaminoto. Lanjutkan perjalanan menuju Jalan Suropati yang telah dekat dengan Alun-Alun Kota Malang.

Baca Juga  5 Masjid Tertua yang ada di Riau

Anda akan menempuh perjalanan sekitar setengah jam dari terminal menuju alun-alun. Sebaiknya Anda menggunakan kendaraan pribadi ataupun taksi online agar cepat sampai ke lokasi tujuan.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Alun-Alun Kota Malang
Image Credit: Google Maps Kholis X

Anda dapat mengunjungi Alun-Alun Kota Malang dengan biaya yang sangat murah karena tidak memiliki biaya tiket masuk atau gratis. Anda dapat bermain sepuasnya selama 24 jam di alun-alun ini. Hal tersebut tentu saja menjadi alasan utama banyak wisatawan yang berkunjung ke Kota Malang. Anda dapat berfoto ataupun berjalan-jalan tanpa harus mengeluarkan biaya sedikitpun.

Anda hanya perlu menyiapkan biaya penginapan, makan, dan transportasi saja. Meskipun gratis, para wisatawan harus membayar 15.000 rupiah jika ingin menaiki Kincir Raksasa di alun-alun tersebut. Hanya dengan harga standar, Anda dapat melihat Kota Malang yang mempesona di malam hari.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Alun-Alun

Aktivitas Di Alun-Alun Kota Malang
Image Credit: Instagram Indra Iswanto

1. Berfoto

Kegiatan menarik yang dapat dilakukan dalam Alun-Alun Kota Malang adalah berfoto di sekelilingnya. Anda dapat mengambil foto pada beberapa lokasi terbaik seperti di tengah taman ataupun di depan bangunan bersejarah. Foto yang dihasilkan pun akan terlihat indah dan estetik sehingga dapat Anda bagikan di sosial media.

Namun, terdapat dua lokasi menarik yang sering dijadikan spot foto yakni Air Mancur dan Taman. Sebaiknya Anda berfoto pada area sekitar Air Mancur di malam hari yang akan terlihat lebih indah. Hal tersebut dikarenakan air mancur akan bercahaya dengan sorotan lampu warna-warni ketika menjelang malam.

Selain itu, berfoto di Taman bersama burung merpati akan terlihat luar biasa, bahkan seperti sedang liburan di luar negeri. Para wisatawan akan berusaha mengejar banyak burung merpati sambil melakukan pemotretan yang keren. Namun, jangan mencoba untuk mengganggu merpati tersebut agar tetap terjaga populasinya.

2. Jalan-jalan dan Naik Kincir Raksasa

Selain berfoto, Anda dapat melakukan jalan-jalan di sekitar taman yang dipenuhi pepohonan hijau yang indah. Bersihnya lokasi wisata ini membuat para pengunjung nyaman ketika berlibur disana. Tanaman bunga yang tertata rapi pun semakin memperindah keadaan taman yang banyak digunakan untuk berfoto.

Setelah berkeliling, Anda dapat menaiki Kincir Raksasa saat sore ataupun malam. Menaiki kincir sambil melihat taman yang penuh cahaya lampu serta keindahan Kota Malang lainnya menjadikan liburan sangat menyenangkan. Bahkan, Anda dapat menikmati kenyamanan liburan ini secara gratis.

Aktivitas Menarik Di Alun-Alun Kota Malang
Image Credit: Google Maps Ricky Ritonga

3. Makan Cemilan di Bangku Taman dan Mini Gazebo

Anda dapat membeli beberapa jajanan dan duduk pada bangku taman di Alun-Alun Kota Malang. Akan terasa lebih seru jika Anda duduk bersama sahabat ataupun keluarga yang ikut liburan bersama. Anda dapat duduk di bangku taman sambil melihat keindahan payung yang dipasang diantara pepohonan.

Baca Juga  Tiara Water Park, Wisata Air Favorit dengan Beragam Wahana Menarik di Gorontalo

Payung akan bercahaya di siang hari karena pantulan sinar matahari. Bahkan, payung jauh lebih indah ketika bercahaya dari lampu di malam hari. Selain itu, Anda dapat bersantai sambil duduk lesehan pada sebuah Mini Gazebo. Lokasi ini sangat cocok untuk acara makan keluarga saat liburan.

4. Bermain Perosotan

Mengadakan rencana liburan ke alun-alun ini akan terasa seru jika mengajak anak-anak. Terdapat sebuah Playground atau taman bermain khusus anak-anak yang dilengkapi dengan beberapa perosotan. Anak-anak tentunya akan merasa senang jika Anda mengajaknya kesana untuk bermain.

Taman bermain tersebut sudah menjadi lokasi favorit bagi anak-anak yang tinggal di sekitar alun-alun. Anak-anak pun dapat menikmati perosotan tersebut dengan bebas tanpa biaya ataupun batasan waktu. Hanya dengan mengunjungi alun-alun, Anda beserta keluarga dapat menikmati liburan yang memuaskan.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Taman Kota

Fasilitas Di Kawasan Alun-Alun Kota Malang
Image Credit: Google Maps Unero

Alun-Alun Kota Malang memiliki fasilitas yang memadai seperti area parkir, Mushola, dan toilet. Anda dapat beribadah dan menyimpan kendaraan dengan tenang selama berada di alun-alun. Terdapat pula beberapa rumah makan di sekitar alun-alun yang menghadirkan berbagai menu lezat khas Kota Malang. Anda pun dapat melakukan wisata kuliner ketika mengunjunginya.

Fasilitas lainnya yaitu adanya Playground yang menjadi lokasi utama untuk bermain. Anak-anak akan merasa betah selama liburan di alun-alun ini karena dapat berfoto, main bersama burung merpati, hingga menikmati Playground di dalamnya. Bahkan, Anda dapat bermain di alun-alun hingga malam hari untuk menaiki Kincir Raksasa bersama anak-anak.

Selain itu, pemerintah setempat memberikan pelayanan terbaik bagi para pengunjung dengan adanya sistem wifi gratis. Hal ini tentu saja menyebabkan alun-alun banyak dikunjungi oleh kalangan anak muda yang ingin berlibur, melakukan selfie dan langsung membagikannya di internet. Fasilitas ini merupakan hal yang paling banyak dicari oleh seluruh wisatawan saat berlibur.

Itulah beberapa informasi dari Alun-Alun Kota Malang dengan berbagai kegiatan menarik di dalamnya. Tempat tersebut harus menjadi lokasi pertama yang Anda kunjungi ketika berlibur di Kota Malang. Taman ini memiliki pemandangan yang indah, bersih, dan mudah dijangkau. Siapapun yang berkunjung ke alun-alun ini akan nyaman dan ingin menikmatinya selama berhari-hari.