Wisata  

Pesona Kamodjan Fillage, Objek Wisata Alam Hits di Garut

Pesona Kamodjan Fillage, Objek Wisata Alam Hits Di Garut

Harga Tiket: Rp 15.000, Jam Operasional: 09.00–16.00 WIB, Alamat: Sukakarya, Kec. Samarang, Kab. Garut, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Terletak di kabupaten Garut, Jawa Barat, tepatnya desa Sukakarya, wisata alam yang mempesona ini mulai dikenal oleh wisatawan lokal dan mancanegara. Walaupun baru dibuka pada Oktober 2018, Kamodjan Fillage memiliki kelebihan berupa keindahan alam dan spot foto yang menarik dan kekinian. Hal ini menjadikannya sebagai destinasi favorit.

Kamodjan Fillage menyediakan berbagai fasilitas diantara adalah wahana becak, terowongan segitiga yang terbuat dari kayu dan bambu, flying fox dan fasilitas lainnya. Spot-spot foto mempesona juga tersaji dengan apik di sini. Pengunjung dapat menghasilkan foto-foto yang begitu instagenik dengan memanfaatkan latar belakang keindahan alamnya.

Wisata Garut ini dibangun diatas lahan sekitar 14 hektar, saat ini sudah mulai dikenal oleh para wisatawan pemburu keindahan alam. Pikiran akan terasa tenang setelah menikmati lokasi wisata yang sangat mempesona ini. Floor Dock Sky adalah salah satu lokasi foto terfavorit, dikarenakan view Hutan Kamojang dapat dinikmati secara langsung.

Daya Tarik yang Dimiliki Kamodjan Fillage

Daya Tarik Kamodjan Fillage
Image Credit: Google Maps fitri dewi

1. Keindahan Alam

Siapa saja yang pernah berkunjung ke tempat ini, pasti akan berdecak kagum ketika menyaksikan keindahan alamnya yang sangat mempesona. Kesejukan udara, bukit-bukit yang dipercantik dengan pepohonan semakin menambah kecantikan kawasan wisata ini. Selain itu, keasrian Hutan Kamojang dapat dinikmati oleh pengunjung.

2. Lokasi Strategis

Pengunjung dapat tiba di lokasi ini membutuhkan waktu kurang lebih 50 menit. Lokasi strategis dan dapat dijangkau dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Berjarak hanya sekitar 22kilometer menjadikan Kamodjan Fillage ramai didatangi wisatawan lokal dan mancanegara.

Rute yang berkelok-kelok dan berada di dataran tinggi, juga telah memanjakan mata pengunjung dengan pemandangan keindahan alam yang sangat menawan, sehingga perjalanan terasa menyenangkan.

Daya Tarik Dimiliki Kamodjan Fillage
Image Credit: Google Maps RD One Barakah

3. Spot Foto yang Menarik

Pesona keindahan alam yang tersaji begitu menggoda siapa saja untuk bisa mengabadikan moment liburan di tempat ini. Koleksi foto-foto instagenik akan kita dapatkan. Beberapa spot terfavorit untuk dokumentasi adalah terowongan segitiga dari kayu dan bambu, anjungan yang memiliki lantai kaca dan pintu Doraemon.

Pengunjung tentunya dapat memanfaatkan spot-spot keren lainnya seperti Bamboo House dengan ilusi optiknya yang sangat mengagumkan, Becak on the sky, dan Floor Dock Sky. Pemandangan hutan kamojang dapat dilihat dari lokasi Floor Dock Sky, tentunya hal ini adalah nilai lebih dan akan menambah keunikan wisata ini.

4. Fasilitas yang Tersedia

Berbagai fasilitas berusaha disediakan oleh pengelola, sehingga pengunjung akan merasa betah untuk berlama-lama di Kamodjan Fillage. Mushola, area parkir yang luas dan kemudahan transportasi adalah daya terik tersendiri kawasan wisata alam ini. Lokasi untuk berkemah pun saat ini disediakan oleh pengelola bagi yang menyukai kegiatan berkemah.

Mushola disediakan agar penganut agama Islam tidak melupakan kewajibannya untuk beribadah walaupun sedang berlibur. Kendaraan roda dua dan empat juga sudah bisa.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Kamodjan Fillage
Image Credit: Google Maps Dian Novia Ranjaini

Berjarak sekitar 22 kilometer dari Garut, ditempuh dengan menghabiskan waktu kurang lebih 50 menit. Lokasi Kamodjan Fillage tepat berada di Jawa Barat, Kecamatan Semarang, Desa Sukakarya. Akses ke lokasi ini juga terbilang memadai dengan jalan yang kondisinya bagus.

Jalan yang mendaki dan tidak lurus adalah hal yang ditemukan saat akan menuju ke Kamodjan Fillage. View alam yang sangat mempesona di sepanjang jalan, memberikan kenyamanan tersendiri bagi siapa saja yang melihatnya.

Wisata alam ini juga memiliki kelebihan bahwa rute yang dilalui bisa untuk jenis kendaraan roda dua dan kendaraan roda empat.

Jika ingin menggunakan kendaraan umum, maka rute dimulai dengan menggunakan kereta tujuan Bandung ataupun bus, setelah itu menggunakan angkutan kota untuk menuju Majalaya, kemudian Ibun, selanjutnya daerah Kamojang. Lokasi wisata ini terletak tidak jauh dari Kamojang Ecopark.

Pengunjung tidak perlu merasa khawatir jika tidak pernah mengunjungi Kamodjan Fillage. Aplikasi smartphone bisa dimanfaatkan jika membutuhkan petunjuk untuk bisa tiba di lokasi wisata ini.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Kamodjan Fillage
Image Credit: Google Maps Ipunk Gondronk

Pengelola telah menetapkan biaya untuk tiket masuk sekitar Rp 15.000, yang dihitung per kepala. Harga yang lumayan terjangkau dan tidak membuat kantong jebol pastinya. Pengunjung akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 5.000 setiap kali berfoto di salah satu spot terfavorit, yaitu Floor Dock Sky.

Pengunjung hanya bisa menikmati keindahan Kamodjan Fillage hingga pukul 17.00. Waktu dimulainya operasional di tempat ini adalah pukul 08.00 pagi. Hampir 9 jam pengunjung dimanjakan dengan keindahan alam dan fasilitas yang terdapat di objek wisata ini.

Walaupun memiliki fasilitas yang lengkap, pengelola tidak menerapkan harga yang mahal bagi siapa saja yang ingin menikmati keindahan wisata alam ini. Bahkan terbilang murah dibandingkan objek wisata lain yang berada di sekitarnya.

Biaya murah yang terjangkau menjadikan Kamodjan Fillage selalu ramai dan tidak pernah sepi pengunjung terutama di hari libur. Jika sudah hari libur, spot-spot foto juga akan ramai dan dibutuhkan waktu yang lama untuk berfoto karena harus bergantian dengan pengunjung lainnya

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Kamodjan Fillage

Aktivitas Di Kamodjan Fillage
Image Credit: Google Maps Awita Frianti

1. Bersantai Sambil Menikmati Keindahan Alam

Kegiatan ini adalah kegiatan yang sangat menyenangkan. Pengunjung dapat duduk santai dengan memanfaatkan tempat duduk yang disediakan di sekitar Kamodjan Fillage. Suasana yang sejuk dan wisata alam yang indah ini membuat pengunjung betah duduk.

Berada di dataran yang tinggi membuat pengunjung dengan leluasa melihat berbagai keindahan alam yang tersaji di depan mata. Bentangan alam yang indah adalah salah satu daya tarik yang dimiliki olehdestinasi ini.

2. Hunting Foto

Menambah koleksi foto-foto pribadi adalah salah satu kegiatan yang pastinya dilakukan oleh pengunjung. Berbagai spot menarik menggoda pengunjung untuk mengabadikan momen liburan yang telah dijalani. Berfoto di ayunan raksasa Kamodjan Fillage adalah salah satu kegiatan yang dapat dilakukan oleh pengunjung.

Bamboo House, salah satu spot terbaik menawarkan desain yang membuat mata tertipu dan sangat unik. Aktivitas berfoto ini tidak boleh terlalu lama dilakukan di spot foto favorit dikarenakan banyak pengunjung juga yang ingin mengabadikan momen indah saat berlibur. Sehingga diterapkan bahwa pengunjung tidak boleh berlama-lama jika ingin mengambil foto.

Fasilitas lain yang dimanfaatkan oleh pengunjung sebagai spot terfavorit adalah terowongan segitiga yang terbuat dari bambu dan kayu dan anjungan berlantai kaca. Setiap detik adalah waktu yang sangat berharga agar bisa mengabadikan moment liburan bersama orang-orang yang disayangi.

Beberapa spot foto yang bisa didapatkan secara gratis oleh pengunjung, namun pengelola juga menarifkan biaya Rp 5.000 setiap kali dokumentasi dan hasil foto yang bisa segera dinikmati.

3. Jalan-jalan

Berbagai fasilitas telah disediakan oleh pengelola, bagi pengunjung yang tidak suka di foto, maka dapat menghabiskan waktu dengan berjalan-jalan di sekitar Kamodjan Fillage. Udara yang sejuk karena berada di ketinggian serta bentangan alam yang indah akan memanjakan mata bagi siapa saja yang melihatnya.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Kamodjan Fillage
Image Credit: Google Maps RD One Barakah

Kamodjan Fillage adalah lokasi wisata yang berada di Garut. Walaupun terbilang baru, namun pengelola sudah berusaha melengkapi dengan berbagai fasilitas yang dibutuhkan oleh pengunjung. Fasilitas tersebut antara lain:

1. Lahan Parkir Luas

Pengunjung tidak perlu khawatir akan kesulitan agar bisa kendaraannya parkir dengan aman. Pengelola sudah menyiapkan lokasi cantik ini untuk bisa menampung kendaraan roda empat dan roda dua. Kendaraan pribadi maupun kendaraan umum bisa ditampung di lahan parkir yang cukup luas ini.

2. Tempat Ibadah dan Mushola

Bagi pengunjung yang menganut agama Islam, pengelola telah menyiapkan mushola bagi umat Islam. Pengunjung hanya perlu membawa mukena sendiri. Pengunjung tidak perlu khawatir akan ketinggalan melaksanakan kewajibannya. Berlibur dengan tetap melaksanakan kewajiban ibadah adalah hal yang sangat diimpikan oleh para traveller.

3. Kantin

Berbagai jenis makanan baik ringan maupun berat tersedia di kantin atau warung makan yang berada di lokasi ini. Pengunjung dapat segara mengisi kebutuhan perut di kantin yang terdapat di Kamodjan Fillage. Berbagai makanan khas daerah Bandung seperti cilok, aci dan bakso juga dapat dinikmati oleh pengunjung.

Pengujung juga diperbolehkan untuk membawa makanan dan minuman sendiri dari rumah sebagai persediaan makan. Hal yang harus diketahui pengujung adalah harga untuk makan di objek wisata ini tidak murah dan dapat menguras kantong.

4. Fasilitas Lain

Berbagai fasilitas akan disiapkan oleh pengelola untuk menambah daya tarik wisatawan lokal maupun mancanegara. Kamodjan Fillage akan dipercantik dengan kehadiran Green House, Garden Kitchen, Wedding Outdoor, Colosseum Domba, dan Pusat permainan tradisional. Garut Kafe adalah fasilitas yang berhasil dibangun pada tahun 2019 akhir.

Wisata alam yang terletak di kota Garut ini terbilang baru, namun keunikan dan keindahannya sudah dikenal oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Pengelola telah menyiapkan berbagai fasilitas yang dapat memanjakan pengunjung dengan berbagai spot-spot foto yang menarik. Tidak heran jika Kamodjan Fillage selalu ramai dikunjungi.

Source link

Baca Juga  5 Masjid Tertua yang ada di Riau