Wisata  

Wisata Batu Katak, Objek Wisata Alam dengan Sejuta Pesona di Langkat

Wisata Batu Katak, Objek Wisata Alam Dengan Sejuta Pesona Di Langkat

Harga Tiket: Rp 3.000, Jam Operasional: 06.30–21.00 WIB, Alamat: Lau Damak, Kec. Bohorok, Kab. Langkat, Sumatera Utara; Map: Cek Lokasi

Keindahan Wisata Batu Katak memang menakjubkan sehingga selalu ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai kota. Objek wisata ini berada di kecamatan Bohorok yang masih dalam kabupaten Langkat dan masuk di wilayah Taman Nasional Gunung Leuser. Oleh sebab itulah suasana asri dan menyegarkan selalu didapat ketika mengunjunginya.

Banyak hal yang bisa didapatkan ketika berada di objek wisata cantik ini, salah satunya adalah deretan bukit yang sama-samar terlihat karena banyak pepohonan rindang yang menutupi. Selain itu, terdapat gua yang biasanya menjadi tujuan utama wisatawan ketika berkunjung. Berbagai flora dan fauna mudah ditemukan karena memang pada dasarnya berupa hutan lindung.

Pengunjung yang datang biasanya disambut dengan kelompok siamang lucu yang bergelantungan diatas pohon. Ada juga beberapa hewan buas yang diharapkan menjauh ketika bertemu. Objek wisata ini cocok dijadikan sebagai sarana edukasi anak atau hanya sekedar piknik santai bersama keluarga.

Daya Tarik yang Dimiliki Wisata Batu Katak

Daya Tarik Wisata Batu Katak
Image Credit: Google Maps Jiří Janas

Nama Wisata Batu Katak memang unik, padahal tidak ada batu yang menyerupai katak di lokasinya. Namun ternyata ada kisah dibalik nama tersebut yang menjadi salah satu daya tariknya. Lebih lengkapnya, silahkan simak berbagai daya tarik berikut!

1. Asal Usul Nama Batu Katak

Sebelum adanya nama tersebut, desa ini hanyalah ladang pertanian dan perkebunan yang didiami beberapa keluarga saja. Pada suatu saat, dua orang nenek dari dusun tersebut pergi ke sungai untuk mencari ikan dan udang. Memang saat itu penduduk di sana mengandalkan sungai yang tidak jauh dari desa untuk mendapatkan lauk makan.

Salah satu dari kedua nenek tersebut tidak mendapatkan ikan atau udang, justru mendapatkan batu yang menyerupai katak. Dikarenakan bentuknya unik dan juga membuatnya penasaran, akhirnya batu tersebut dibawa pulang dan diletakkan diatas wadah khusus menyerupai altar. Malam harinya, sang nenek bermimpi didatangi sosok berjubah putih yang menyuruhnya menamai dusun tersebut dengan Batu Katak.

2. Berbagai Gua Cantik

Daya tarik Wisata Batu Katak berikutnya yakni adanya gua cantik dan eksotis. Bukan hanya satu gua, melainkan terdiri dari 6 gua sekaligus. Beberapa nama gua dengan keindahan alami yang masih terjaga hingga saat ini adalah Goa Jodoh, Goa Air, Goa Pintu Angin, dan Goa Mbelin. Setiap gua memiliki keunikan dan kontur khas masing-masing.

Daya Tarik Dimiliki Wisata Batu Katak
Image Credit: Google Maps Jiří Janas

3. Bermacam Flora dan Fauna

Sebagaimana hutan, tentunya banyak dihuni satwa liar dan berbagai tanaman yang menghiasi. Flora dan fauna di Wisata Batu Katak tergolong lengkap, bahkan ada yang merupakan jenis tanaman langka. Jenis tanaman langka yang dimaksud adalah Bunga Raflesia dan Bunga Bangkai, dimana populasinya saat ini tidak terlalu banyak.

Selain siamang yang merupakan salah satu jenis primata, jenis fauna yang ditemui di lokasi wisata ini diantaranya adalah babi hutan, orang utan, monyet ekor panjang, dan beruk. Jenis burung mudah ditemui ketika menjelajahi hutan tropis ini, diantaranya rangkong, srigunting batu, dan bahkan burung elang.

4. Pemandian Alam yang Menawan

Bukan hanya dari segi flora dan fauna yang menjadi daya tarik, Wisata Batu Katak juga memiliki sungai dengan pesona yang tidak kalah dengan sungai wisata lainnya. Airnya yang segar dan dingin membuat banyak wisatawan ingin menceburkan diri ke dalamnya. Di samping kiri dan kanan ditumbuhi pohon rindang sehingga menjadikan suasana semakin asri.

Sungai tersebut kerap dijadikan pemandian alam yang memberikan nilai lebih dari keindahannya. Bukan hanya dari pepohonan, namun juga batuan yang ada di sekitar sungai. Akan tetapi diharapkan berhati-hati ketika berada si sungai pemandian alam ini. Pasalnya, sebagian batu cukup tajam dan licin. Belum lagu arusnya yang lumayan kuat dengan batuan menyebar di tengahnya.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Wisata Batu Katak
Image Credit: Google Maps ori masrijal

Sebagian orang menganggap bahwa Wisata Batu Katak berada di Binjai, padahal sebenarnya tidak. Objek wisata eksotis ini berada di Jl. Utama, Lau Damak, Kecamatan Bohorok, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Namun memang Binjai sering dijadikan jalur alternatif karena memiliki jarak lumayan dekat.

Jarak dari kota Medan sekitar 80 kilometer dan bisa ditempuh dengan waktu sekitar 2 hingga 3 jam. Anda bisa mengambil jalan yang menuju Pinang Baris dari usat kota Medan. Kemudian arahkan kendaraan ke Binjai dan berakhir di Bahorok. Sesampainya di perempatan pasar Bahorok, jarak tempuh untuk tiba di lokasi sekitar 30 kilometer.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Wisata Batu Katak
Image Credit: Google Maps Akhyar M

Objek wisata di Sumatera Utara ini sangat murah, hanya membebankan biaya masuk 3.000 rupiah per orang. Namun harga tiket masuk di Wisata Batu Katak tersebut belum termasuk biaya parkir dengan tarif 5.000 untuk motor dan 10.000 untuk mobil. Untuk bisa memanfaatkan berbagai fasilitas dan permainan yang disediakan, wisatawan harus membayar tambahan sesuai dengan harga yang berlaku.

Sebut saja untuk melihat keindahan dan keunikan Bunga Bangkai, anda harus membayar lagi dengan harga 35.000 rupiah. Untuk masuk ke dalam gua di banderol dengan harga mulai 30.000 rupiah yang lengkap dengan pemandu. Sedangkan untuk rafting tentunya lebih mahal, yakni mulai 60.000 per orang.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Wisata Batu Katak

Aktivitas Di Wisata Batu Katak
Image Credit: Google Maps Dipurama

Dilihat dari berbagai fasilitas dan pesona yang diberikan, seharusnya kita sudah mengetahui bahwa banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan di Wisata Batu Katak. Akan tetapi alangkah baiknya jika kita sebut satu per satu kegiatan yang umum dilakukan wisatawan ketika berkunjung.

1. Jelajah Gua

Bagi yang belum pernah melihat keunikan dan eksotisme gua, inilah kesempatan yang ditunggu-tunggu. Jangan pernah melewatkan keindahannya dengan stalaktit dan stalagmit yang menghiasi setiap dinding dan atap gua. Beberapa gua bahkan miliki aliran air seperti halnya sungai kecil.

Tidak perlu takut menjelajahi semua sudut karena ada pemandu yang siap mengantarkan dan menunjukkan jalan keluar jika anda tersesat. Meski demikian, tetap saja anda harus berhati-hati dan tetap pada rombongan touring. Setiap gua memiliki tarif yang berbeda, namun anda bisa memilih paket yang disediakan supaya lebih hemat.

2. Berendam di Pemandian Alam

Kegiatan di Wisata Batu Katak yang banyak disukai wisatawan dan tidak pernah dilewatkan adalah pemandian alam. Bukan hanya wisatawan lokal saja yang melakukan aktivitas ini, namun juga wisatawan mancanegara. Segarnya air memang menggoda siapa saja untuk berendam dan membasahi diri.

Apalagi banyak keindahan yang bisa anda saksikan, salah satunya adalah hijaunya pohon rindang yang mengelilingi sungai. Keunikan aliran air juga cukup menarik perhatian karena ada batuan di tengahnya sehingga menimbulkan riak gelombang kecil yang terpencar di berbagai sisi.

3. Penuh Tantangan dengan Rafting

Jika berendam kurang memuaskan, silahkan mencoba olahraga air yang memacu adrenalin di Wisata Batu Katak. Hanya orang-orang tertentu saja yang berani rafting di aliran sungai berarus kuat dan batuan di sepanjang sungai. Bagi jiwa petualang, olahraga ini penuh tantangan dan harus dijawab dengan mencoba menaklukkan sungai.

Jangan terlalu khawatir akan keselamatan, semua sudah sesuai dengan prosedur standar keamanan. Peserta rafting dilengkapi dengan helm sebagai pelindung kelapa jika terjadi benturan. Mereka juga diwajibkan memakai pelampung yang didapat dari pengelola. Selain itu, biasanya ada satu pemandu untuk satu perahu karet yang ditumpangi.

Aktivitas Menarik Wisata Batu Katak
Image Credit: Google Maps Dian Dermawan

4. Melihat Berbagai Flora dan Fauna

Siapkan kamera terbaik dan memori yang masih kosong. Pasalnya, aktivitas lain yang menarik dilakukan ketika mengunjungi Wisata Batu Katak adalah melihat keunikan dari flora dan fauna. Dari pohon rindang yang berdiri gagah, anda bisa menyaksikan pohon kayu Jeni Damar, Meranti, dan pohon Kayu Raja.

Jangan pernah lewatkan melihat tanaman langka yang ada di lokasi, karena belum tentu anda bisa melihatnya di tempat lain. Dari jenis tanaman hias juga ada, diantaranya mawar dan anggrek. Untuk jenis fauna telah disebutkan sebelumnya, yakni siamang, orang utan, beruk, dab berbagai spesies burung.

5. Mengenal Warga Dusun Batu Katak

Sebagian warga yang mendiami sekitar kawasan Wisata Batu Katak adalah Suku Karo. Mereka terkenal ramah dan suka bergaul dengan orang lain, meskipun masih asing. Tidak ada salahnya lebih dekat mengenal budaya yang ada di sana, seperti pakaian adat, tarian, dan alat musik. Jika anda beruntung, kemungkinan mendapatkan makanan khas Suku Karo yang nikmat menggoda selera.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Wisata Batu Katak
Image Credit: Facebook Sandi Syahputra

Fasilitas Wisata Batu Katak tergolong lengkap, diantaranya adalah tempat parkir dan toilet. Untuk Mushola hingga saat ini masih menggunakan tempat yang ada di pemukiman warga. Fasilitas lain yang mudah ditemukan dengan jumlah lumayan banyak adalah warung makan. Soal harga masih sandar, tidak terlalu murah dan tidak terlalu mahal.

Selain warung, ada juga rumah makan yang cukup besar dengan menu lebih lengkap. Bagi pengunjung yang berniat menginap, tersedia tempat penginapan yang bisa dipesan sesuai dengan jumlah kamar. Objek wisata cantik ini juga dilengkapi tempat penyewaan khusus, salah satunya adalah ban untuk berenang di sungai.

Pesona Wisata Batu Katak memang tidak ada duanya, bahkan mungkin satu-satunya di Sumatera Utara. Selain keindahan alam, anda bakal mendapatkan pengetahuan lebih mengenai flora dan fauna. Selain itu, banyak juga aktivitas seru yang tidak rugi dan bahkan sayang dilewatkan.

Source link

Baca Juga  Hillpark Sibolangit, Nikmati Beragam Wahana Seru & Menarik di Deli Serdang