Wisata  

Wisata Omah Kayu, Menikmati Panorama Alam Kota Batu dari Atas Rumah Pohon

Omah Kayu Batu

Prohrd.org – Wisata Omah Kayu, Omah Kayu terletak di kawasan pariwisata bernama Gunung Banyak di Batu. Destinasi wisata ini biasanya disebut rumah paralayang bagi penduduk setempat. Tempatnya dekat dengan pusat kota Lang sehingga dapat dengan mudah diakses oleh semua wisatawan. anda dapat menggunakan kendaraan pribadi atau umum untuk mencapai tujuan.

Sesuai dengan namanya destinasi ini memiliki banyak rumah kayu yang menempel di dahan pohon besar. Bahan utama untuk membangun rumah kayu adalah kayu Eucaliptus yang dikenal keras dan tahan lama sehingga anda merasa aman saat duduk di sana. Meskipun berada diatas pohon, rumah ini memiliki balkon yang cukup luas serta pagar di bagian depannya.

Dinding Omah Kayu terbuat dari kayu pinus sehingga anda dapat merasakan hangat saat menginap di tempat tersebut.Rumah ini sudah memiliki fasilitas lengkap seperti tempat tidur, bantal, hingga beberapa peralatan makan yang memudahkan Anda selama menikmati liburan disana. Sedangkan untuk kamar mandinya sendiri, Anda harus turun dari pohon karena berada di luar.

Baca Juga: Pulau Semau, Surga Bahari Tersembunyi Nan Eksotis di Kupang

Wisata Omah Kayu, Menikmati Panorama Alam Kota Batu dari Atas Rumah Pohon

Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 09.00–17.00 WIB, Alamat: Jl. Gunung Banyak, Gunungsari, Kec. Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi
Daya Tarik Oma Wisata Omah Kayuh Kayu
Image Credit: Instagram Guide Malang

1. Desain Rumah yang Unik

Omah Kayu memiliki sebuah balkon yang biasa digunakan para wisatawan untuk berfoto dengan background alam terbaik. Selain berfoto, Anda dapat duduk sambil menikmati keindahan alam di sekitar area wisata. Anda dapat melihat keseluruhan wilayah Kota Batu atau beberapa aktivitas dari wisatawan yang melakukan olahraga Paralayang.

Anda tidak diperbolehkan naik pada beberapa rumah yang sudah ditempati untuk menginap wisatawan lain. Jadi, Anda sebaiknya menginap di rumah tersebut agar dapat menikmati alam dari balkonnya.

Perlu diketahui bahwa setiap rumah pohon. hanya memuat maksimal 6 orang saja di dalamnya. Rumah yang dibangun pun memiliki desain menarik dengan bentuk segitiga. Selain itu, pintu masuk ke rumah kayu berada di bagian tengah yang menjadi keunikan tersendiri untuk memikat para wisatawan.

Baca Juga  Danau Buatan Pekanbaru, Tempat Wisata Dengan Panorama Alam Indah

Baca Juga: isata Puncak Widosari, Menikmati Panorama Alam Kulon Progo dari Ketinggian

Karena banyaknya wisatawan yang ingin nerfoto atau melihat keunikannya, Anda harus mengantri hingga berjam-jam di destinasi wisata tersebut. Sehingga rumah kayu ini memiliki banyak fungsi sesuai taglinenya yaitu Not Just Tree House.

2. Terdapat Banyak Wahana Menarik

Ketika berkunjung ke destinasi wisata ini, Anda tidak hanya datang untuk berfoto ataupun menginap saja. Banyak wahana lainnya yang dapat Anda coba seperti Giant Hammock. Wahana tersebut memiliki desain seperti laba-laba yang terdiri dari beberapa jaring dan menggantung pada pohon besar.

Anda dapat tidur santai diatas Hammock tersebut sambil merasakan kesegaran udara di sekitarnya. Wahana ini tentunya sangat cocok bagi Anda yang mencari ketenangan saat berwisata. Terdapat pula wahana lainnya seperti Paralayang bagi Anda yang senang dengan aktivitas pemicu adrenalin.

Daya Tarik Dimiliki Omah Kayu
Image Credit: Google Maps Natasya Agustine

Anda akan menggunakan sebuah parasut untuk terjun dari puncak gunung yang cukup tinggi. Kegiatan ini tentunya tidak boleh terlewatkan ketika Anda mengunjungi destinasi tersebut. Banyak wisatawan dari luar daerah yang berkunjung ke destinasi ini hanya untuk menikmati Hammock ataupun aktivitas Paralayang.

Baca Juga: Bukit Menoreh, Destinasi Wisata Alam yang Sarat Nilai Sejarah di Kulon Progo 2022

Sebaiknya Anda berwisata ke rumah kayu ini bersama rombongan keluarga yang menjadi liburan terasa lebih lengkap. Anda dapat bersama-sama menikmati berbagai wahana serta menginap di malam harinya. Suasana malam pun akan terasa lebih indah karena dapat melihat Kota Batu dengan banyaknya cahaya lampu rumah.

3. Dekat Dengan Objek Wisata Lainnya

Daya tarik dari Omah Kayu selanjutnya yakni lokasinya yang dekat dengan destinasi lain di Kota Batu. Jadi, Anda akan berwisata bersama keluarga pada sebuah kawasan khusus dalam beberapa hari tertentu. Jenis objek wisata yang paling dekat dari rumah kayu ini diantaranya yaitu Taman Langit dan Paralayang Batu.

Selain itu, terdapat pula Taman Kelinci dimana Anda akan menyaksikan aktivitas dari binatang tersebut. Anda dapat berfoto atau memberi makan kelinci yang berada disana. Selanjutnya, cobalah untuk jalan-jalan ke daerah Gunung Banyak yang terdiri dari beberapa Kafe dan menyajikan makanan ataupun cemilan mengenyangkan dan lezat.

Baca Juga  Tiara Water Park, Wisata Air Favorit dengan Beragam Wahana Menarik di Gorontalo

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Omah Kayu
Image Credit: Google Maps Syamsul Arifin

Omah Kayu ini berada di Jalan Gunung Banyak, Kelurahan Gunungsari. Lokasi tersebut merupakan daerah di Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Provinsi Jawa Timur. Untuk mencapai lokasi rumah kayu, Anda akan mengendarai mobil atau motor sekitar satu jam lamanya dengan jarak 30 kilometer. Selama perjalanan, Anda akan melewati berbagai objek wisata di Kota Batu.

Anda dapat memilih dua cara perjalanan yakni dari pusat Kota Batu ataupun daerah Songgoriti. Selama perjalanan, sebaiknya Anda menggunakan Maps agar lebih mudah dan cepat. Jika mengambil jalan dari Kota Batu, Anda dapat memulainya dari pasar utama. Kemudikan mobil menuju Jalan Sultan Agung, Jalan Abdul Gani, dan Jalan Suropati.

Setelah itu, arahkan mobil ke arah Jalan Hasanudin. Saat menemukan perempatan lagi, belokkan kembali ke Jalan Trunojoyo. Lanjutkan perjalanan menuju Jalan Songgoriti dan Rajek Wesi. Dari lokasi tersebut, kendaraan akan sampai di Jalan Omah Kayu sekitar 10 menit. Namun, Anda harus berhati-hati karena kondisi jalan yang sedikit curam dan berbahaya menuju kawasan rumah hits ini.

Sedangkan, ketika Anda memilih menggunakan kendaraan umum ataupun bus travel, kendaraan akan kesulitan untuk mencapai lokasi wisata. Sopir kendaraan harus sudah ahli karena jalanannya yang ekstrem. Maka dari itu, Anda disarankan menggunakan kendaraan pribadi saja untuk berlibur ke destinasi ini.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Omah Kayu
Image Credit: Google Maps Ita Irawaty

Sebenarnya, tiket masuk ke dalam wisata Omah Kayu Malang ini sangat murah yakni 5.000 rupiah saja bagi setiap orangnya. Namun, Anda akan dikenakan biaya tambahan jika ingin menginap di rumah kayu tersebut. Terdapat dua pilihan paket yakni Kamar Biasa dan Kamar Keluarga untuk bermalam nantinya.

Jika Anda ingin menginap di Kamar Biasa, harus membayar 350 ribu rupiah permalamnya. Sedangkan ketika Anda datang hari Sabtu atau Minggu, harga penginapan mengalami kenaikan menjadi 450 ribu rupiah. Untuk Kamar Keluarga tentunya memiliki biaya lebih besar yaitu 650 ribu rupiah saat hari biasa dan bertambah 100 ribu ketika weekend.

Harga tersebut belum termasuk dengan menikmati wahana ataupun biaya makan. Setidaknya Anda akan menghabiskan biaya sekitar satu juta rupiah yang sudah termasuk uang transportasi jika berasal dari Kota Batu. Anda dapat bermain dalam kawasan wisata ini mulai pukul 09.00 pagi hingga 17.00 sore. Namun, destinasi berlaku 24 jam bagi wisatawan yang menginap.

Baca Juga  5 Masjid Tertua yang ada di Riau

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Omah Kayu

Aktivitas Di Omah Kayu
Image Credit: Instagram Wisata Malang & Batu

1. Berfoto-Foto

Di area wisata Omah Kayu Batu ini Anda dapat melakukan selfie ataupun pemotretan lainnya yang menyenangkan. Tidak hanya berfoto dengan keindahan alam saja, Anda pun dapat melakukan pemotretan saat terbit ataupun tenggelam matahari. Bahkan, pemandangan yang diambil pada momen sunrise dan sunset ini menjadikan foto lebih indah.

2. Melihat Pemandangan Kota

Anda dapat melihat pemandangan Kota Batu dari pagi hingga malam hari ketika menginap di rumah kayu. Sejuknya udara saat pagi serta keindahan alam pada sore dan malam hari tentunya membuat para wisatawan puas dan senang ketika berlibur disini. Anda pun dapat menyaksikan keindahan Kota Batu sambil berbincang bersama teman ataupun keluarga.

Aktivitas Menarik Di Omah Kayu
Image Credit: Instagram Syafa Athaya Firstnora

3. Melakukan Kegiatan Paralayang

Kegiatan menarik berikutnya yang tidak boleh Anda lewatkan saat berlibur di area wisata rumah kayu ini yaitu Paralayang. Anda wajib mencobanya bersama sahabat yang akan menjadikan liburan lebih seru. Terjun dari ketinggian menggunakan parasut tentu akan menjadi pengalaman yang berbeda saat berkunjung ke destinasi ini.

4. Mengetahui Bibit dari Tumbuhan yang Ada

Di Omah Kayu ini, Anda akan belajar beberapa bibit tanaman yang diberikan khusus secara gratis dari pengelola kawasan wisata. Bahkan, Anda dapat membawa bibit tersebut untuk di tanam di rumah. Anda pun dapat mempelajari beberapa ilmu tentang bercocok tanam yang baik dari pemberian bibit ini.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Di Kawasan Omah Kayu
Image Credit: Google Maps Luckyto Jhonathan

Omah Kayu telah memiliki fasilitas memadai seperti toilet umum yang akan digunakan para wisatawan ketika berlibur. Terdapat pula area parkir serta penginapan sehingga Anda dapat menikmati liburan dengan nyaman.

Anda tidak akan kesulitan mencari makanan ketika bermalam di rumah kayu karena terdapat kantin yang menjual berbagai macam minuman dan makanan. Hal ini memudahkan para wisatawan karena tidak perlu repot membawa tas berat yang berisi bekal makanan dari rumah. Harga setiap makanan dan minuman pun tergolong murah sehingga tidak menghabiskan banyak biaya.

Selain itu, tersedia sebuah Gazebo untuk bersantai para keluarga yang berlibur disana. Gazebo ini biasa digunakan oleh para wisatawan untuk beristirahat ataupun makan bersama keluarga. Tidak sedikit pula wisatawan yang berfoto di Gazebo tersebut.

Itulah beberapa informasi dari wisata Omah Kayu yang wajib Anda coba ketika berkunjung ke Kota Batu dan sekitarnya. Anda dapat menikmati alam yang indah dan tenang ketika berlibur disana. Pastikan bahwa Anda akan menggunakan kendaraan pribadi ketika berlibur untuk mempermudah perjalanan wisata.