Wisata  

Wisata Pantai Tanjung Setia, Pantai Indah untuk Menikmati Sunset & Sunrise di Lampung

Pantai Tanjung Setia

Prohrd.org – Destinasi wisata Pantai Tanjung Setia sangat populer di mata masyarakat, apalagi bagi peselancar. Tempat ini dikenal sebagai spot selancar terbaik dan berstandar internasional. Wisatawan dari berbagai penjuru dunia pun sudah tak terhitung yang pernah berlibur kesini. Hal ini dikarenakan tempatnya yang masih alami dan jarang ditemui di lokasi lain.

Pemandangan alam akan banyak dijumpai disini yang akan membuat pengunjung betah berlama-lama. Akan tampak ombak dengan panjangnya sekitar 200 meter yang mampu menyejukkan mata. Saat air laut sedang pasang, maka terlihat batuan karang di sekitar pesisir yang berwarna corak hitam. Maka dari itu, Anda yang berjalan di areanya pada siang hari diharapkan menggunakan alas kaki.

Pada tahun 2018 lokasinya juga pernah digunakan sebagai tempat kejuaraan selancar internasional yang diikuti oleh 17 negara. Konon Pantai Tanjung Setia hanya didatangi oleh sebagian kecil masyarakat saja karena minimnya fasilitas. Namun seiring berjalannya waktu, pengelola menghias sedemikian rupa dengan menambahkan berbagai bangunan untuk menarik pengunjung.

Baca Juga: Bukit Lambosir, Objek Wisata Alam dengan Panorama Memukau di Kuningan

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Tanjung Setia

Harga Tiket: Rp 8.000, Jam Operasional: 24 jam, Alamat: Jl. Lintas Barat Sumatera, Way Jambu, Kec. Pesisir Selatan, Kab. Pesisir Selatan, Lampung; Map: Cek Lokasi
Daya Tarik Pantai Tanjung Setia
Image Credit: Google Maps Hanif Asyhar

Meskipun saat hari biasa Pantai Tanjung Setia tidak seramai pantai lain, namun wisata ini memiliki banyak keunikan. Tamu yang berdatangan akan dibuat kagum setelah melihat daya tarik yang ada di dalamnya.

1. Tempat Menikmati Sunrise dan Sunset

Panorama alam yang ada di sekitarnya menjadikan destinasi ini sebagai spot melihat sunrise dan sunset. Saat menjelang pagi wisatawan bisa melihat matahari yang terbit dari ufuk timur perlahan menyinari bibir pantai. Udara di jam-jam tersebut masih terasa segar untuk dihirup dan bagus bagi kesehatan. Anda dapat menikmatinya dengan duduk di gazebo atau langsung di pasir pantai.

Baca Juga  Link Video 61 detik diserbu Netizen Sebab Diduga Mirip Nagita Slavina , Viral di TikTok dan Twitter , Ini Tanggapan Raffi Ahmad

Baca Juga: Wisata Puncak Widosari, Menikmati Panorama Alam Kulon Progo dari Ketinggian

Sedangkan saat sore menuju malam, akan ada pemandangan sunset yang di tunggu oleh para traveller. Langit yang berubah jingga banyak diabadikan melalui potret kamera. Nuansa alami inilah yang membuat para pelancong akan merindukan wisata tersebut jika sudah pulang ke rumah.

2. Memiliki Banyak Spot Foto

Berlibur ke Pantai Tanjung Setia akan menimbulkan kesenangan tersendiri karena di areanya banyak sekali spot foto menarik. Mulai pohon palem, air laut jernih, dan gazebo bisa dijadikan background yang estetik. Tidak sedikit traveller yang mengambil foto pemandangan alam ini secara keseluruhan. Mengabadikan momen ini memang tidak boleh terlewatkan saat mengunjunginya.

3. Dilengkapi Beragam Panorama Alam

Wisata ini memiliki banyak keindahan alam yang menawan. Mulai dari air lautnya yang jernih berwarna biru akan Anda lihat pertama kali saat memasuki lokasi. Suara deruan ombaknya terdengar syahdu untuk merilekskan pikiran. Pohon palem tampak mengelilinginya dan bisa digunakan untuk beristirahat.

Baca Juga: Situ Wulukut, Objek Wisata Alam dengan Panorama Danau & Hutan di Kuningan

Pasir putih yang halus pun melengkapi panorama alam destinasi yang warnanya senada dengan air laut. Pada pintu depan, wisatawan akan melihat gapura bertuliskan nama pantai yang menyerupai bentuk perahu.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Tanjung Setia
Image Credit: Google Maps Egi Ramdhani

Tempat berlibur Pantai Tanjung Setia berada di daerah Jl. Lintas Barat Sumatera, Way Jambu, Kecamatan Pesisir Selatan, Kabupaten Pesisir Barat, Lampung. Akses jalannya mudah dilalui menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum karena aspalnya sudah mulus. Jika berangkat dari arah bandar udara Muhammad Taufiq Kiemas maka memerlukan 30 menit perjalanan.

Pengunjung dapat pula naik bis dari terminal rajabasa untuk menuju ke kota Bandar Lampung sekitar 5 jam. Biasanya akan ada tarif bis Rp 50.000 per orang. Setelah sampai di pusat kota, akan ada angkutan atau ojek yang akan mengantarkan wisatawan ke area pantai. Namun jika tidak ingin ribet, Anda juga bisa menaiki travel dengan budget Rp 100.000 per orang.

Selama perjalanan wisatawan akan melewati Jl. Trans Lintas Barat kemudian lanjut ke Kabupaten Tanggamus. Rute ini termasuk jalur cepat, karena jika melewati kota Liwa maka akan lebih lama lagi sekitar 7 jam untuk sampai. Meskipun lokasi terbilang lumayan jauh, namun setiap hari akan nampak banyak orang yang berdatangan ingin berlibur ke kawasan pantai dengan mengajak kerabat.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Tiket Pantai Tanjung Setia
Image Credit: Google Maps Mufazzal Arkan Defa

Sebelum memasuki area Pantai Tanjung Setia pengunjung diharapkan membeli tiket masuk terlebih dahulu. Tarif tiket yang ditawarkan sangat murah, hanya Rp 8.000 per orang baik dewasa maupun anak-anak. Harga ini berlaku untuk hari biasa maupun Sabtu dan Minggu. Namun terkadang pada saat hari libur besar harganya bisa berubah, untuk lebih pastinya diharapkan konfirmasi dahulu.

Baca Juga  Puncak Suroloyo, Pesona Alam Eksotis yang Sarat Legenda di Kulon Progo

Tak hanya itu, khusus bagi wisatawan yang membawa kendaraan pribadi bisa menaruhnya di area parkir. Akan ada tarif karcis Rp 5.000 untuk sepeda dan Rp 10.000 bagi roda empat. Semua biaya tersebut sangat ramah di kantong dan cocok sebagai destinasi keluarga.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Tanjung Setia

Aktivitas Pantai Tanjung Setia
Image Credit: Google Maps Hanif Asyhar

1. Selancar

Pantai ini dikenal dengan kegiatan ombaknya yang ideal untuk berselancar. Hal ini dikarenakan ombak pantainya bisa mencapai ketinggian 6 hingga 7 meter. Terdapat 3 spot terbaik untuk selancar yaitu way jambu, jimmy, dan karang nimbor. Cuaca yang relatif stabil untuk melakukannya biasanya antara bulan Mei hingga September.

2. Menangkap ikan

Aktivitas lain yang banyak dilakukan ketika ke Pantai Tanjung Setia yaitu memancing. Pengunjung akan menjumpai banyak pohon palem yang sering digunakan untuk tempat mengambil ikan. Jenis ikan yang terkenal disana salah satunya blue marin. Disarankan untuk membawa peralatan pancing sendiri dari rumah karena di kawasan wisata belum ada penyewaan.

3. Camping

Berkemah atau camping menjadi kegiatan yang menyenangkan saat berlibur ke pantai. Wisatawan dapat membawa sendiri tenda, matras, dan lampu penerangan. Pada hari Sabtu akan terlihat kalangan muda hingga tua yang memasang tenda di pesisir. Saat malam pun juga ada beberapa yang menyalakan api unggun menambah suasana kehangatan area pantai.

Aktivitas Seru Pantai Tanjung Setia
Image Credit: Google Maps Anggi Yuhista

4. Bermain Voli Pantai

Bola voli menjadi salah satu benda yang sangat seru dimainkan ketika ke tanjung setia. Pasirnya yang putih halus dapat dijadikan sebagai tempat permainan ini. Para pemain akan berlomba-lomba memukul bola dengan tangan untuk memasuki daerah lawan. Aktivitas ini cocok dilakukan saat siang maupun sore hari untuk melepas penat.

5. Berjemur

Saat cuaca sedang cerah dengan matahari yang tidak terlalu menyengat banyak dimanfaatkan untuk berjemur. Hal ini sangat bagus bagi kesehatan kulit karena akan mendapatkan vitamin D. Pengunjung dapat melakukannya di sekitar area pasir ataupun di kursi pantai. Anda akan merasakan kehangatan matahari diselingi dengan suasana yang sejuk.

6. Snorkeling

Keindahan bawah laut yang menawan membuat pengunjung ingin melihatnya lebih dekat. Sebelum snorkeling, sebaiknya Anda menyiapkan peralatannya terlebih dahulu seperti pelampung, baju renang, dan penutup wajah. Biota laut akan terlihat warna warni indah menghiasi area bawah pantai. Wisatawan dapat melakukannya siang hari karena keindahannya akan terlihat jelas.

Baca Juga  15 Tempat Wisata di Curup Rejang Lebong Terbaru & Populer Dikunjungi Wisatawan

Penginapan Murah Dekat Pantai

Penginapan Pantai Tanjung Setia
Image Credit: Google Maps Sumatra Surf Resort

1. Sumatra Surf Resort

Resort ini memiliki view yang cantik karena menghadap langsung ke arah laut. Desain atapnya berbentuk mirip dengan rumah adat Sumatra dilengkapi dengan tangga sebelum ke pintu kamar. Terdapat teras dan kursi yang ditata rapi agar wisatawan dapat menikmati keindahan pantai sambil duduk santai. Fasilitas kolam renang pun tersedia di sisi luar dengan dikelilingi pohon kelapa.

2. Hotel Tantra Krui

Salah satu hotel terdekat Pantai Tanjung Setia yaitu tantra dengan pelayanannya yang bagus. Di dalamnya dilengkapi dengan fasilitas AC, tv kabel, taman, restaurant, kamar mandi pribadi. Akomodasi ini menyediakan layanan resepsionis 24 jam dan terdapat sarapan prasmanan setiap pagi. Harganya bervariasi mulai dari Rp 105.000 saja dengan pilihan kamar yang disediakan.

3. Lovina Krui Surf

Penginapan lovina bisa dibilang cukup unik karena bangunannya seperti membentuk segitiga. Petugasnya sangat ramah saat menyambut dan melayani tamu yang datang. Fasilitas seperti wifi gratis, parkir gratis, dan layanan cuci pakaian sudah tersedia disini. Pengunjung yang dari bandara bisa menyewa jasa antar jemput yang disediakan pihak lovina.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Pantai Tanjung Setia
Image Credit: Twitter detikTravel

Tergolong sebagai tempat pariwisata yang banyak didatangi, Pantai Tanjung Setia memiliki fasilitas lengkap di dalamnya. Terlihat banyak tempat untuk bersantai berupa kursi plastik dan gazebo dari kayu. Wisatawan dapat menggunakannya secara gratis dengan ditemani suara ombak dan semilir angin. Di tiap sudut area terdapat pula kamar mandi umum untuk yang ingin membasuh diri.

Tak hanya itu, demi menjaga kebersihan sekitar petugas menyediakan tempat sampah di sepanjang pantai. Terpampang tulisan jangan buang sampah sembarangan agar tamu yang datang tidak mengotori lokasi. Ada juga warung yang menjual makanan dan minuman dengan harga mulai Rp 10.000. Maka dari itu, Anda yang berlibur tidak perlu takut kelaparan.

Bagi pengunjung yang ingin beribadah bisa menumpang ke warung pedagang. Hal ini dikarenakan mushola atau tempat ibadah lain belum dibangun oleh pengelola setempat. Tidak jauh dari pintu masuk, para pelancong yang datang membawa kendaraan pribadi bisa menaruhnya di lahan parkir yang lumayan luas.

Itulah ulasan mengenai destinasi Pantai Tanjung Setia mulai dari daya tarik sampai fasilitas penunjangnya. Saat datang kesini jangan lupa ajak keluarga atau kerabat terdekat agar liburan semakin seru. Siapkan energi, budget yang cukup, dan beberapa barang yang akan digunakan saat aktivitas di pantai.