Gedget  

Review realme Buds Air 3 – Makin Asik Dengerin Musik dengan Fitur ANC

Realme Buds Air 3 1

Review Realme Buds Air 3 Header

Gadgetren – Meneruskan kesuksesan dari generasi sebelumnya, realme pun telah meluncurkan perangkat audio TWS terbaru bernama realme Buds Air 3.

Sebagai generasi yang lebih baru, tentunya realme Buds Air 3 membawa beberapa peningkatan dan fitur yang semakin kekinian. Salah satunya di sisi peredam bising yang bakal membantu kita rehat sejenak dari dunia nyata.

Jika kamu berniat untuk memiliki realme Buds Air 3 sebagai perangkat audio dalam keseharian, maka kamu perlu simak ulasan berikut terlebih dahulu.

Review realme Buds Air 3
  • Audio – 8/10
  • Fitur – 9/10
  • Baterai – 9/10
  • Desain – 8/10

8.5/10

Kesimpulan

realme Buds Air 3 membawa ANC yang semakin baik serta daya tahan baterai yang bakal bisa menemani keseharian dengan mudah.

Pros

  • Desain in-ear yang nyaman dan mewah
  • Baterai tahan lama
  • Fitur ANC semakin baik
  • Tahan air dengan IPX5
  • Bisa terhubung ke dua perangkat
  • Banyak kustomisasi

Cons

  • Belum ada wireless charging
  • Low kadang kurang terdengar

realme Buds Air 3 hadir dengan balutan desain casing yang sangat jauh berbeda dibandingkan pendahulunya. Kini realme memberikan bentuk yang lonjong dan pipih sehingga membuat dimensinya menjadi lebih lebar namun juga lebih ramping.

Menariknya, bagian atas casing bakal menjadi pembeda utama dari realme Buds Air 3 pasalnya terdapat logo realme berwarna perak pada permukaan yang rata. Sementara untuk material casing secara keseluruhan bisa dikatakan memiliki kualitas yang mirip dengan pendahulunya, kokoh dan berkualitas.

Warna putih pada permukaan glossy masih menjadi pilihan realme untuk membaluti perangkat audio yang satu ini. Lampu indikator LED untuk daya di bagian depan serta port USB-C untuk pengisian daya di bagian bawah pun masih turut menghiasinya.

Baca Juga  Samsung Galaxy M53 5G Vs Galaxy M52 5G – Apa yang Jadi Pembedanya?

Realme Buds Air 3 (3)

Bentuk casing yang lebih pipih membuatnya lebih mudah untuk disimpan dalam saku celana. Desain baru di bagian atas pun menjadi ciri khas tersendiri sehingga realme Buds Air 3 sekilas langsung dapat dibedakan dengan perangkat audio TWS lainnya.

Casing tersebut menjadi tempat tersimpannya dua earbuds yang sekilas terlihat sangat mirip dengan earbuds pada realme Buds Air 2. Hanya saja, kini tangkainya memiliki warna perak alih-alih warna yang sama dengan rumah driver sehingga memberikan kesan lebih premium dan mewah.

realme Buds Air 3 sendiri memiliki 10nm dynamic driver untuk memberikan audio dengan bass yang sangat bertenaga. Alhasil rumah driver dengan bentuknya yang tidak biasa memiliki ukuran yang bisa dikatakan cukup besar, namun untungnya masih muat dengan nyaman saat dikenakan.

Realme Buds Air 3 (2)

Desain in-ear yang dibawanya akan memberikan isolasi udara untuk memberikan pengalaman audio yang lebih baik. Bahkan realme Buds Air 3 mempunyai fitur 42dB Active Noise Cancellation (ANC) yang mampu meredam suara bising dari luar.

Mengandalkan dua mikrofon yang terletak di bagian earbuds dan tangkai, realme Buds Air 3 perlu diakui memang memberikan mampu meredam suara bising dari sekitar ketika saya uji. Bahkan suara mesin pompa yang sangat berisik tidak terdengar sama sekali saat mendengarkan musik atau menjadi jauh lebih senyap ketika tidak ada musik diputar.

Tentunya realme Buds Air 3 menyediakan tiga mode yang bisa dipilih meliputi Noise Cancellation, Normal, dan Transparency sehingga bisa digunakan sesuai dengan kondisi dan kebutuhan. Selain itu, realme Buds Air 3 juga dapat mendeteksi saat dikenakan atau tidak sehingga lagu akan dihentikan atau dilanjutkan secara otomatis.

Realme Buds Air 3 (6)

Untuk kualitas audionya sendiri, realme Buds Air 3 memang memberikan profil suara dengan bass yang sangat nendang sehingga sangat cocok untuk mendengarkan musik seperti EDM. Setiap dentuman bass bakal benar-benar berasa layaknya langsung berada di dalam kepala.

Baca Juga  Cara Mengganti Nomor Telepon di TikTok Biar Akun Tetap Aman

Secara keseluruhan, realme Buds Air 3 mampu menghasilkan mid dan high yang cukup baik. Namun untuk low terkadang kurang bisa terdengar dengan sempurna. Sementara untuk vokal masih dapat didengar secara jelas, namun sering kali dikalahkan oleh bass yang mana membuat vokal akhirnya terasa kurang jernih.

Saat mendengarkan musik kesukaan saya, ada beberapa segmen di mana instrumen bernada rendah cukup sulit untuk didengarkan. Walaupun begitu, realme Buds Air 3 memang menghasilkan audio yang juga akan cukup imersif jika digunakan untuk bermain game maupun menonton film.

Realme Buds Air 3 (4)

realme Buds Air 3 tentunya dilengkapi ragam fitur yang mana salah satunya memungkinkannya untuk terhubung ke dua perangkat secara bersamaan sehingga saya dapat beralih dari laptop ke handphone atau sebaliknya secara lebih praktis tanpa harus memutuskan koneksi terlebih dahulu.

realme Buds Air 3 pun bisa digunakan saat bermain game karena memiliki latensi rendah hanya 88ms saja ketika mengaktifkan mode Game. Dengan begitu suara efek dari game akan terdengar secara real time tanpa adanya jeda mengganggu.

Tak ketinggalan, kedua earbuds sudah memiliki sertifikasi IPX5 yang berarti tahan terhadap percikan air sehingga tidak perlu khawatir terus digunakan untuk mendengarkan musik walaupun tengah berkeringat.

Realme Buds Air 3 (5)

Membawa baterai 43mAh untuk setiap earbuds dan 460mAh untuk casing, realme Buds Air 3 mempunyai daya tahan yang cukup lama. Dalam halaman resminya, realme Buds Air 3 disebut mampu digunakan total hingga 30 jam dalam mode Normal atau 22 jam dalam mode ANC aktif.

Dalam penggunaan secara nyata, saya bisa mendengarkan musik dengan realme Buds Air 3 hingga kurang lebih 6 jam dalam mode Normal atau sekitar 5 jam jika mode Noise Cancellation aktif. Baterai earbuds sebelah kanan sering kali mati lebih dulu ketimbang earbuds kiri yang mana biasanya tersisa 10%.

Baca Juga  Cara Mengatasi Memori Internal Penuh di Handphone OPPO

Sementara itu, setiap kali melakukan pengisian daya menghabiskan sekitar 20% dari baterai yang ada di casing. Dengan begitu secara teori, setiap earbuds seharusnya dapat diisi ulang menggunakan casing sekitar 4-5 kali.

Realme Buds Air 3 Link App

Agar bisa mendapatkan pengalaman sepenuhnya dalam menggunakan realme Buds Air 3, saya perlu memasang aplikasi realme Link di handphone yang mana berisikan berbagai pengaturan maupun fitur-fitur yang bisa dimanfaatkan.

Saya bisa mengubah mode, melakukan tuning, hingga mengubah perintah gesture dari realme Buds Air 3 melalui aplikasi realme Link. Secara bawan saya bisa melakukan beberapa hal seperti mengetuk dua kali untuk play/pause, mengetuk tiga kali untuk berpindah lagu, maupun tekan dan tahan untuk berganti mode.

Menariknya, realme Link tidak hanya memudahkan proses pairing dan pengaturan earbuds saja melainkan juga memiliki fitur untuk melakukan tes penyesuaian agar efek ANC yang diberikan maksimal. Tak ketinggalan aplikasi realme Link juga akan menampilkan kondisi baterai serta pilihan preset efek meliputi Bass Boost+, Balanced, dan Bright.

Setelah menggunakannya dalam keseharian, realme Buds Air 3 yang dihargai Rp699.000 saat peluncurannya bisa menjadi pertimbangan bagi kamu yang tengah mencari perangkat TWS dengan baterai lamam bass bertenaga, dan sudah dibekali fitur ANC. Pengalaman penggunaan yang ditawarkannya pun terasa cukup nyaman.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari Gadgetren langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/gadgetren

Source link