dedi mulyadi : indonesia punya bank paling aneh "bank emok"

dedi mulyadi : indonesia punya bank paling aneh “bank emok”

Keberadaan “bank emok” di masyarakat memang menjadi perhatian serius bagi Anggota DPR RI Dedi Mulyadi. Dalam pandangannya, praktik perbankan ini adalah salah satu yang paling aneh di dunia. Menurutnya, bank semacam ini tidak ada di negara maju seperti Amerika atau Malaysia, maupun di negara-negara lainnya.

dedi mulyadi : indonesia punya bank paling aneh "bank emok"

“Bank emok” ini sebenarnya adalah bank keliling perorangan yang menawarkan kemudahan dalam proses peminjaman uang kepada warga. Daya tarik utamanya adalah kesederhanaan dan kelancaran prosesnya, tetapi dengan risiko yang perlu ditanggung, yakni bunga yang diterapkan jauh melebihi standar perbankan biasa, bahkan lebih dari 10 persen.

Kondisi ini tentu menimbulkan keprihatinan bagi Dedi Mulyadi karena bunga yang tinggi tersebut dapat memberatkan masyarakat dan dapat dianggap sebagai praktik rentenir, yang sering kali memanfaatkan situasi kesulitan finansial orang lain untuk keuntungan pribadi.

Meskipun fenomena ini terjadi, Dedi Mulyadi menyayangkan bahwa pihak terkait seakan-akan membiarkan keberadaan “bank emok” ini tanpa tindakan yang tegas untuk mengatasi masalahnya. Oleh karena itu, ia berpendapat bahwa pemerintah harus lebih proaktif dalam mengatasi masalah ini dan melindungi masyarakat dari praktik perbankan yang merugikan seperti ini.

“Bank emok, meski sering membuat warga terjerat utang, keberadaannya dibiarkan oleh pihak terkait. ‘Bank emok’ bebas beroperasi dengan menerapkan bunga yang cukup tinggi, di atas 10 persen. Seolah-olah semua orang tutup mata, dan seolah hukum tidak ada,” kata dia.

Mengenai pernyataan pihak tertentu yang menyebutkan kalau aksi Dedi membantu memberi solusi kepada masyarakat hanya sebuah pencitraan, itu tidak terlalu ditanggapi.

Ia hanya menyampaikan sejak dulu sudah sering turun ke lapangan untuk mengetahui persoalan langsung yang dihadapi masyarakat, termasuk membantunya jika diperlukan.

“Memang ada yang bilang Kang Dedi dusta, pemberi harapan palsu, atau sangkaan negatif lain, tapi saya jadi pejabat atau tidak tetap seperti ini. Saya menghabiskan waktu setiap hari untuk masyarakat, bahkan saya mengorbankan kesenangan pribadi hanya untuk satu, saya ingin melihat rakyat Jabar tersenyum dalam setiap waktu,” kata Dedi. 

About admin

Check Also

Pimpinan Ponpres Al Zaytun, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Panji Gumilang, mencabut gugatan senilai Rp5 triliun yang sebelumnya dilayangkan ke Menteri Koordinator Bidang Politik

Ridwan Kamil Jaga Jawa Barat hingga Jalan Asia Afrika Bakal Ditutup

Pimpinan Ponpres Al Zaytun, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Panji Gumilang, mencabut gugatan senilai Rp5 triliun …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *