AlphaBay Mengambil alih Dark Web—Lagi

Selama bertahun-tahun, gelap pasar web dan lembaga penegak hukum yang memeranginya telah terkunci dalam siklus serangan, pembilasan, ulangi: Untuk setiap pasar gelap online yang dihancurkan, pasar gelap lain selalu ada untuk menggantikannya. Tetapi jarang pasar web gelap yang dominan dihancurkan oleh operasi penegakan hukum besar-besaran hanya untuk bangkit dari abu setengah dekade kemudian dan mendapatkan kembali posisi teratasnya — suatu prestasi yang mungkin segera dilakukan oleh AlphaBay, raja sekali dan masa depan dari ekonomi kripto selundupan.

Pada bulan Juli 2017, sengatan penegakan hukum global yang dikenal sebagai Operasi Bayonet menghancurkan bazaar narkotika dan kejahatan dunia maya AlphaBay yang luas, merebut server pusat situs di Lithuania dan menangkap penciptanya, Alexandre Cazes, di luar rumahnya di Bangkok. Namun pada bulan Agustus tahun lalu, administrator dan spesialis keamanan nomor dua AlphaBay, yang secara publik hanya dikenal sebagai DeSnake, tiba-tiba muncul kembali, mengumumkan kebangkitan AlphaBay dalam bentuk yang baru dan lebih baik. Sekarang, 10 bulan kemudian, sebagian berkat hiruk-pikuk pencopotan dan menghilangnya secara misterius pasar web gelap yang bersaing, AlphaBay reinkarnasi DeSnake sekarang sedang dalam perjalanan kembali ke puncak sebelumnya di dunia bawah digital. Dengan beberapa tindakan, tampaknya telah mendapatkan kembali tempat itu.

“Ya, AlphaBay adalah pasar darknet #1 saat ini,” kata DeSnake, menulis kepada WIRED dalam percakapan berbasis teks minggu lalu. “Saya memang memberi tahu Anda bahwa kami akan menjadi # 1 sebelumnya,” tambahnya, mengacu pada wawancara kami dengan admin baru AlphaBay pada saat peluncurannya kembali musim panas lalu. “Seperti yang telah saya katakan, saya melakukan apa yang saya katakan.”

Kebanggaan DeSnake setidaknya sebagian benar: Pada minggu lalu, AlphaBay memiliki lebih dari 30.000 daftar produk unik — sebagian besar obat-obatan, dari ekstasi hingga opioid hingga metamfetamin — tetapi juga ribuan daftar untuk malware dan data curian, seperti nomor Jaminan Sosial dan kartu kredit rincian. Itu naik dari hanya 500 listing pada bulan September tahun lalu. Pasar lama lainnya yang disebut ASAP menampilkan lebih dari 50.000 listing. Tetapi ASAP diketahui mengizinkan vendor untuk memposting daftar duplikat dan, menurut perusahaan keamanan Flashpoint, yang melacak dengan cermat pasar yang bersaing, AlphaBay memiliki lebih dari 1.300 vendor aktif dalam kira-kira enam bulan pertama tahun ini, dibandingkan dengan sekitar 1.000 untuk ASAP. Menurut data Flashpoint, listing AlphaBay juga tampak tumbuh lebih cepat secara signifikan.

BACA JUGA :  Cara Membeli Proyektor (2022): Jarak Lempar, Ukuran Layar, Pemasangan, Kabel Panjang

Pasar lain yang disebut-sebut di forum web gelap seperti Archetyp dan Incognito, sementara itu, hanya memiliki beberapa ribu atau hanya beberapa ratus daftar. Semua itu menunjukkan bahwa AlphaBay mungkin sudah menjadi pasar paling populer bagi vendor web gelap untuk mendaftarkan barang dagangan mereka untuk dijual.

Puluhan ribu daftar produk AlphaBay masih merupakan sebagian kecil dari lebih dari 350.000 yang ditawarkan sebelum penghapusannya pada 2017, ketika itu adalah pasar web gelap terbesar yang pernah ada. Menurut perkiraan FBI, ukurannya 10 kali lipat dari yang legendaris Pasar obat Silk Road. DeSnake mengakui bahwa pendapatan AlphaBay baru belum mendekati tingkat puncaknya di tahun 2017, ketika perusahaan analisis blockchain Chainalysis memperkirakan bahwa AlphaBay menghasilkan penjualan sebanyak $2 juta per hari. (DeSnake menolak untuk membagikan angka penjualan saat ini tetapi mengatakan mereka “dalam angka besar.”)

About admin

Image Name

Check Also

Pengumuman Terbesar Summer Game Fest? Sebuah Remake ‘Last of Us’

Terakhir dari Kami Bagian 1 datang. Lagi. Naughty Dog copresident Neil Druckmann mengumumkan berita tersebut …

Share this Page

PopUp Share can help you to share the page when the user wants to leave the page