MacOS-Ventura-Stage-Manager-Gear.jpg

MacOS 13 Ventura: Fitur, Detail, Tanggal Rilis

Ucapkan selamat tinggal kepada Monterey dan halo untuk Ventura—macOS Ventura, yaitu. apel secara resmi meluncurkan versi terbaru dari sistem operasi desktopnya pada Konferensi Pengembang Sedunia tahunan pagi ini.

MacOS Ventura, juga dikenal sebagai macOS 13, akan mengemas berbagai fitur baru ke desktop dan laptop saat tersedia musim gugur ini. (Versi macOS baru biasanya tiba pada bulan September.) Selain pembaruan untuk Pesan, Safari, aplikasi Mail, dan Berkelanjutan, ada alat multitugas yang sama sekali baru yang disebut Stage Manager. Versi final MacOS Ventura saat ini hanya tersedia sebagai beta pengembang, tetapi kami telah mengumpulkan semua fitur teratas yang dapat Anda nantikan.

Apakah Mac Anda Kompatibel?

Setiap versi macOS tersedia sebagai pembaruan gratis pada perangkat keras Apple yang didukung. Jika Anda bertanya-tanya apakah Mac Anda saat ini kompatibel dengan Ventura, berikut adalah daftar semua model yang dapat menjalankan OS baru:

  • MacBook: 2017 dan setelahnya
  • Macbook Air: 2018 dan setelahnya
  • MacBook Pro: 2017 dan setelahnya
  • Mac Mini: 2018 dan setelahnya
  • iMac: 2017 dan setelahnya
  • iMac Pro: 2017 dan setelahnya
  • Mac Pro: 2019 dan yang lebih baru

Manajer Panggung

Foto: Apple

Dalam upaya membantu kami tetap pada tugas, fitur Stage Manager baru Apple secara otomatis mengatur semua jendela dan aplikasi yang terbuka di sisi kiri layar Anda. Ini membuat mereka dapat dilihat sekilas dan dalam tampilan penuh daripada disembunyikan di balik jendela lain atau di bawah dok. Stage Manager menyimpan jendela apa pun yang sedang Anda gunakan di tengah layar. Anda juga dapat mengelompokkan jendela dan aplikasi bersama-sama untuk proyek tertentu, dan mengatur ulang ukuran dan posisi jendela dalam ruang kerja fokus Anda. Beralih di antara jendela kapan pun Anda perlu, dan Manajer Panggung akan mempertahankan pengelompokan Anda dan pengaturan jendela di dalam grup.

BACA JUGA :  Aplikasi Periode dan Kesuburan Dapat Dipersenjatai di Dunia Pasca-Roe

Fitur Pesan Berguna

SharePlay sedang dimasukkan ke dalam Pesan di versi macOS berikutnya.

Foto: Apple

Kita semua pernah mengirim SMS yang disesalkan sebelumnya, dan Apple jelas mengetahuinya. Dengan macOS Ventura, Anda kini dapat mengedit atau menghapus pesan hingga 15 menit setelah mengirimnya. Anda juga dapat memulihkan teks yang dihapus hingga 30 hari. Mereka yang memiliki tanda terima telah dibaca juga dapat menandai pesan sebagai belum dibaca—yang diharapkan akan mengurangi tekanan untuk segera merespons. Karena Pesan berjalan di banyak perangkat Apple, fitur ini tentu saja juga tersedia di iOS 16 dan iPadOS 16.

Fitur Aplikasi Email

Foto: Apple

Aplikasi Mail asli di macOS mendapatkan beberapa peningkatan kegunaan yang membuatnya setara dengan Gmail dan klien email modern lainnya. Pengguna Ventura akan mendapatkan kemampuan untuk membatalkan pengiriman email segera setelah memecatnya, dan menjadwalkan email untuk dikirim di lain waktu. Anda akan menerima dorongan untuk menindaklanjuti email yang dikirim beberapa hari lalu yang belum menerima tanggapan. Dan, jika email Anda berbicara tentang lampiran atau seseorang yang telah di-cc, tetapi Anda lupa melampirkan apa pun atau cc siapa pun, Anda akan mendapatkan peringatan. Terakhir, mencari kotak masuk Anda akan menjadi lebih nyaman. Klik pada kotak pencarian di dalam Mail dan itu akan menampilkan daftar kontak, dokumen, foto, dan email terbaru Anda bahkan sebelum Anda mulai mengetik.

Grup Tab Bersama

Foto: Apple

Datang ke Safari adalah fitur untuk keluarga atau rekan kerja yang melakukan banyak perencanaan bersama. Tab Groups akan memungkinkan Anda dan teman Anda berbagi situs web favorit dan bookmark browser satu sama lain. Anda dapat membuat daftar bookmark kolektif dan menggunakannya sebagai halaman arahan bersama juga. Orang lain di Grup Tab yang Anda bagikan bahkan dapat melihat situs web apa yang sedang Anda jelajahi. (Apa yang mungkin salah?) Ini benar-benar dimaksudkan untuk perencanaan kelompok dan sesi penelitian. Apple juga menambahkan kemampuan untuk memulai panggilan FaceTime atau obrolan Pesan grup dengan cepat.

Kunci pas

Gunakan ponsel Anda untuk memverifikasi identitas Anda di desktop.

Foto: Apple

Apple sedang dalam misi untuk mematikan kata sandi tradisional, dan bekerja sama dengan FIDO Alliance untuk membuat sistem masuk tanpa kata sandi yang aman yang disebut Passkeys yang akan diluncurkan tahun ini. Kunci sandi hanya disimpan di perangkat Anda dan tidak pernah di server web, sehingga mereka hampir kebal terhadap serangan phishing. Lily Hay Newman menulis sebuah cerita awal tahun ini yang memberi pandangan mendalam tentang mekanisme Passkeys, tapi inilah intinya: Alih-alih mengetikkan kata sandi saat Anda membuka halaman login, Anda akan diminta di layar Mac Anda untuk mengambil iPhone atau iPad Anda dan menggunakan Touch ID atau Face ID untuk memverifikasi identitas Anda. Kedua perangkat berbicara satu sama lain, dan dengan itu, Anda masuk. Kunci Sandi Anda akan disinkronkan di semua perangkat berkemampuan iCloud, termasuk iPhone, iPad, dan Apple TV, selain Mac (dengan ujung ke ujung enkripsi). Pada perangkat non-Apple, Anda harus masuk menggunakan iPhone. Namun, Google dan Microsoft adalah bagian dari kelompok yang sama yang bekerja dengan organisasi identitas digital FIDO, sehingga fungsi serupa akan segera hadir di Windows dan Android.

Kamera Berkelanjutan

Dudukan plastik kecil untuk iPhone adalah aksesori yang rencananya akan dijual Apple.

Foto: Olivia Bee/Apple

Jika Anda pernah berharap dapat menggunakan kamera iPhone yang sangat baik alih-alih yang relatif jelek di Mac Anda selama panggilan video, keinginan Anda akan menjadi kenyataan. Apple telah memperkenalkan fitur baru yang disebut Continuity Camera. Ini akan bekerja secara nirkabel. Jika Anda memiliki MacBook yang lebih baru (dengan prosesor M1 atau M2), itu akan secara otomatis mengenali kamera iPhone Anda setiap kali berada di dekatnya. Dari sana, Anda dapat memanfaatkan fitur yang sama seperti yang Anda temukan di kamera Mac terbaru, termasuk Center Stage dan Portrait Mode. Perusahaan bahkan berencana untuk menjual dudukan plastik melingkar yang terpasang ke iPhone Anda sehingga kamera handset dapat dengan mudah diposisikan di bagian atas layar MacBook.

Apple memberikan beberapa fitur tambahan yang memanfaatkan optik canggih iPhone. Dengan fitur Studio Light, kamera akan mencerahkan wajah Anda sambil meredupkan latar belakang. Sebuah fitur yang disebut Desk View menunjukkan wajah Anda dan video overhead meja Anda secara bersamaan. Ini dilakukan dengan memanfaatkan bidang pandang lebar dari lensa ultrawide pada iPhone dan secara komputasi memisahkan gambar untuk membuat dua tampilan terpisah. Setidaknya dalam demo yang ditampilkan di WWDC, hasilnya terlihat seperti Anda menggunakan dua kamera—satu mengarah ke Anda, satu mengarah ke bawah.

Penyerahan FaceTime

Foto: Apple

Daripada menutup dan memulai kembali panggilan FaceTime kapan pun Anda ingin beralih ke perangkat lain, fitur Handoff baru di Ventura memungkinkan Anda untuk mentransfer panggilan ke komputer lain. Jadi, jika Anda sedang melakukan panggilan FaceTime di iPhone, Mac Anda akan mengenali bahwa Anda berada di dekatnya dan menampilkan prompt yang menanyakan apakah Anda ingin memindahkan panggilan ke Mac Anda. Anda dapat melakukannya dengan sekali klik. Ia bekerja dengan cara lain juga; Anda dapat memulai panggilan FaceTime di Mac Anda dan memindahkannya ke iPad atau iPhone Anda.

About admin

Image Name

Check Also

Pengumuman Terbesar Summer Game Fest? Sebuah Remake ‘Last of Us’

Terakhir dari Kami Bagian 1 datang. Lagi. Naughty Dog copresident Neil Druckmann mengumumkan berita tersebut …

Share this Page

PopUp Share can help you to share the page when the user wants to leave the page